Sukses


11 Manfaat Kunir Asem bagi Kesehatan, Bisa Meredakan Stres

Bola.com, Jakarta - Kunir asem atau kunyit asam merupakan nama yang familier di Indonesia, negeri yang kaya akan rempah-rempah berkhasiat. Minuman kunir asam merupakan perpaduan antara kunyit dan asam jawa yang diolah sebagai jamu tradisional.

Jamu merupakan obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Jamu juga bisa dikonsumsi untuk mencegah serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.

Anda akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi kunir asem secara rutin. Kunir asam memiliki kandungan kurkumin dan vitamin.

Jamu kunir asem, banyak ditemui di ruko-ruko jamu pinggir jalan serta dijual di lapak biasa pasar tradisional. Bahkan sudah banyak jamu kunir asem dalam botol kemasan yang dijual di minimarket atau supermarket.

Berikut ini hasil rangkuman manfaat kunir asem untuk kesehatan, dikutip dari SehatQ dan Liputan6, Jumat (4/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kunir Asem

1. Mengatur gula darah

Pengidap diabetes punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sejak dulu, jamu kunyit asam kerap direkomendasikan bagi pengidap diabetes.

2. Mencegah risiko kanker

Kurkumin dalam kunyit juga punya khasiat untuk mencegah risiko kanker.

Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, kurkumin dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kunir asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya.

Selain itu, kurkumin dalam jamu kunyit asam bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kunir Asem

4. Menekan risiko komplikasi jantung

Masih berkat fungsinya sebagai antioksidan dan antiradang, kurkumin sangat bermanfaat bagi pengidap penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung bisa menekan risiko komplikasi hingga 17%.

5. Meningkatkan fungsi otak

Menurunnya fungsi otak dapat memicu risiko masalah kesehatan otak, seperti depresi atau Alzheimer.

Menariknya, curcumin dalam jamu kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga otak tidak rentan terkena penyakit.

6. Meredakan nyeri haid

Jamu kunyit asam sudah sejak lama dikenal manfaat utamanya sebagai minuman pelancar haid alami. Manfaat lain dari kunir asem, khususnya untuk wanita adalah meredakan nyeri haid.

Lagi-lagi, kandungan kurkumin dalam jamu kunyit asam dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin.

Tak hanya itu, Asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kunir Asem

7. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman yang sehat.

Jamu kunyit asam bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respons peradangan pada sel tubuh.

Dengan terjaganya kadar gula darah serta kolesterol, dapat menghindarkan kenaikan berat badan secara drastis. Risiko mengalami obesitas juga dapat ditekan.

8. Mecegah penuaan dini

Penuaan bisa menyerang semua orang, hal ini dipengaruhi radikal bebas dan konsumsi makanan yang salah. Anda bisa mengonsumsi kunir asem untuk mencegah masalah ini terjadi.

Hal ini dipengaruhi kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunir asem sangat tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV, begitu pula dengan efek pemakaian kosmetik dan jerawat.

9. Mencegah dan mengatasi jerawat

Kunir asem memiliki manfaat mengatasi jerawat. Kulit wajah yang bersih dan terawat adalah impian kebanyakan wanita. Namun, masih banyak wanita yang kewalahan mendapatkannya. Apalagi jika jerawat masih saja menghantui wajah.

Mengonsumsi kunir asem dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunir asem bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki kunir asem.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Kunir Asem

10. Mencerahkan Kulit

Sejalan dengan manfaat kunir asem untuk jerawat, Anda bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan mengonsumsinya secara rutin. Jika jerawat sudah bisa teratasi, pasti bekasnya masih menempel. Bekas jerawat ini umumnya akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

Padaha,l kulit wajah yang cerah adalah impian setiap orang. Kunir asem bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya.

11. Meredakan stres

Mengalami depresi dan stres memang berisiko menghampiri pria dan wanita. Akan tetapi, masalah ini akan berdampak buruk bagi wanita. Stres dan depresi bisa memengaruhi siklus menstruasi atau haidnya.

Jika dirasa sedang mengalaminya, coba redakan dengan mengonsumsi kunir asem. Kunir asem ampuh meredakan stres. Hal ini dipengaruhi kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

 

Sumber: SehatQ, Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 4/9/2020)

 

Yuk, cari tahu artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer