Sukses


9 Manfaat Sukun bagi Kesehatan, Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Bola.com, Jakarta - Sukun merupakan satu di antara sumber makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Buah ini mudah ditemui di halaman rumah dengan pohon berukuran besar.

Buah yang memiliki nama lain Bread Fruit ini aman dikonsumsi semua kalangan, baik anak-anak hingga orang tua. Sukun memiliki tekstur yang lembut seperti ubi dan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Sukun kaya karbohidrat dan sumber antioksidan, kalsium, karotenoid, tembaga, serat makanan, energi, zat besi, magnesium, niasin, omega 3, omega 6, fosfor, kalium, protein, tiamin, vitamin A, dan vitamin C.

Buah ini akan lebih baik dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus, bukan digoreng. Jika digoreng, beberapa nutrisinya akan hilang dan menjadikannya mengandung lemak dan kalori dari minyak goreng.

Sukun juga dapat diproses menjadi tepung bebas gluten, jauh lebih unggul dalam rasa, nutrisi, dan struktur dibandingkan dengan tepung terigu biasa.

Berikut bola.com merangkum manfaat sukun bagi kesehatan dikutip dari Alodokter dan brilio, Sabtu (5/9/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

1. Menurunkan gula darah

Berdasarkan suatu penelitian pada hewan percobaan, diketahui bahwa buah sukun atau ekstrak daun sukun dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegahnya tetap stabil. Penemuan ini menunjukkan bahwa buah sukun mungkin memiliki potensi sebagai pengobatan bagi penderita diabetes.

Meski demikian, manfaat buah sukun sebagai pengobatan diabetes pada manusia belum terkonfirmasi. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan klaim tersebut.

2. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan hasil penelitian di laboratorium, diketahui bahwa ekstrak daun buah sukun dapat menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, penelitian tersebut juga masih terbatas pada hewan, sehingga manfaat buah sukun dalam pengobatan tekanan darah tinggi pada manusia masih belum dapat dibuktikan.

3. Mengurangi peradangan

Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah sukun dapat mengurangi aktivitas sel-sel tubuh yang berperan dalam proses peradangan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak daun buah sukun terlihat efektif mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat peradangan. Sekali lagi, ini pun masih pada hewan percobaan.

4. Melindungi kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian di laboratorium, diketahui bahwa sari buah sukun terlihat memiliki efek yang dapat mencegah penyakit jantung. Diduga efek ini berkat kandungan antioksidan pada buah sukun yang dapat mencegah pembentukan sumbatan atau aterosklerosis pada pembuluh darah jantung, mengurangi kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

 

 

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam buah sukun diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini mendukung klaim bahwa buah sukun bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Akan tetapi, masih dibutuhkan studi klinis lebih lanjut untuk memastikannya.

Tidak ada salahnya menambahkan buah sukun dalam menu makanan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

6. Mengobati Asam Urat

Satu di antara yang cukup menarik adalah sukun mampu menurunkan asam urat. Caranya kamu bisa memanfaatkan daun buah sukun. Rasanya memang cenderung pahit, namun sangat ampuh untuk mengurangi asam urat. Untuk mengatasi rasa pahitnya, kamu bisa menambahkan sedikit madu.

7. Membantu melawan radikal bebas

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa, sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Kedua kandungan tersebut ternyata dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas.

8. Sumber omega-3 dan omega-6

Kandungan Omega-3 dan Omega-6 sangat bermanfaat untuk mengatasi kesehatan kulit dan rambut. Di mana jika kamu mengonsumsi buah sukun secara rutin maka akan sangat baik untuk kinerja liver serta otak.

9. Menjaga kesehatan rambut

Jika selama ini kamu merasa rambut sedikit dan sangat tidak sehat karena rontok dan gersang. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah sukun. Di mana buah sukun akan bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah kesehatan rambut, sehingga membuat rambut lebih tebal. Sukun juga mampu mengurangi ketombe.

 

Sumber: Alodokter dan brilio (Reporter: Lola Lolita, Published: 10/4/2019).

Yuk, cari artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer