Sukses


25 Kata-kata Bijak Islam tentang Kehidupan, Menyejukkan Hati dan Menenangkan Batin

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Islam tentang kehidupan dapat memberikanmu sebuah inspirasi agar semangat dalam menjalani hidup yang terkadang dipenuhi dengan cobaan.

Memiliki kehidupan yang baik dan menyenangkan tentunya adalah sebuah impian bagi setiap umat manusia. Namun hidup tak akan pernah lepas dari sebuah permasalahan.

Sehingga bagaimanapun caranya kita harus selalu mencari solusi untuk setiap masalah yang setiap saat dapat datang menghampiri kita.

Terdapat banyak hal yang dapat kita jadikan sebagai kekuatan atau dorongan semangat agar kita tidak mudah menyerah. Satu di antaranya adalah kata-kata bijak Islam.

Kata-kata bijak tersebut biasanya memiliki makna dan arti yang mendalam, karena datang dari Al-Qur'an, Hadis, dan juga perkataan tokoh-tokoh Islam terkenal.

Sebagai umat Islam yang selalu berharap ridho dan rahmat dari Allah SWT, kita harus berpegang teguh pada pedoman Islam dalam setiap langkah kita di dunia ini.

Selain dapat dijadikan dorongan semangat, kata-kata bijak Islam juga bisa kamu jadikan sebagai bahan renungan untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik.

Berikut 25 kata-kata bijak Islam tentang kehidupan, yang dapat menguatkan semangat juangmu, seperti dirangkum dari Mutiara Islam, Minggu (6/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kehidupan

1. "When we are born the adhan is given, when we die, salah is prayed. That is how short life is, the time between adhan and Salah."

(Ketika kita lahir, dikumandangkan adzan. Ketika mati, kita dishalatkan. Begitulah betapa sesungguhnya hidup ini sangatlah singkat, hanya berjarak antara adzan dan salat)

2. "Life is tough. Handle it with prayer."

(Hidup itu sulit. Maka atasilah dengan salat)

3. "So what if this life isn’t perfect? It’s not Jannah."

(Memangnya kenapa jika kehidupan di dunia ini tidak sempurna? Kehidupan ini bukanlah surga)

4. "And this worldly life is not but diversion and amusement. And indeed, the home of the Hereafter – that is the [eternal] life, if only they knew." -Q.S al-Ankabut 64

(Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui) -Q.S al-Ankabut 64

5."My life may not be going the way i planned it but it is going exactly the way Allah planned it."

(Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah aku rencanakan, tapi aku yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan)

6. "The world is 3 days: As for yesterday, it has vanished along with all that was in it. As for tomorrow, you may never see it. As for today, it is yours, so work on it." – Hasan al-Bashri

(Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini) – Hasan al Bashri

7. "Life is a test, if Allah answers your prayers, then he is increasing your faith. If he delays, he is increasing your patience. If he does not answer, he has something better for you."

(Hidup adalah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu)

8. "Life without Allah, is like an unsharpened pencil. It has no point."

(Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik)

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kehidupan

9. "Every bad situation will have something positive. Even a dead clock shows correct time twice a day. Stay positive in life. Allah knows what is the best for you."

(Setiap situasi buruk yang menimpa pasti ada sisi positifnya. Bahkan jam dinding yang rusak sekalipun akan menunjukkan waktu yang tepat selama dua kali sehari. Maka tetaplah berpikir positif dalam hidup. Allah maha tahu apa yang terbaik buatmu)

10. "Every minute of our life in dunya is precious. We must utilize it to win the unseen treasures of Akhirah."

(Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti)

11. "When life knocks you down you are in perfect position to pray."

(Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa)

12. "Life cannot become boring when we establish contact with Allah, the One who gives happiness."

(Hidup ini tidak akan terasa membosankan jika kita mau menjalin kontak dengan Allah, sang pemberi kebahagiaan.

Sebuah perjalanan)

13. "And the life of this world is nothing but play and amusement." -Q.S al-An’am: 32

(Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan hanyalah main-main dan senda gurau belaka) -Q.S al-An’am: 32

14. "So let not this present life deceive you." -Q.S Fatir: 5

(Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu) -Q.S Fatir: 5

15. "Life is too short. We may not be alive until the next salaah time. So pray now and pray every salaah as if it is your last salaah."

(Hidup ini sangatlah singkat. Kita tidak bisa menjamin masih hidup sampai waktu shalat berikutnya. Maka, mulai sekarang berdoalah, dan berdoalah setiap kali shalat seolah-olah itu adalah shalat terakhirmu)

16. "But you prefer the worldly life, while the Hereafter is better and more enduring." -Q.S Al-A’laa:16-17

(Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dan lebih kekal) -Q.S Al-A’laa:16-17

17. "Life is a journey toward knowing Allah." -Dr. Mustafa Mahmud

(Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah) – Dr. Mustafa Mahmud

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kehidupan

18. "The life of this world and the Hereafter, in the heart of a person, are like the two scales of a balance, when the one becomes heavier the other becomes lighter." – `Amr ibn Abdullah

(Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan) – `Amr ibn Abdullah

19. "Aim to live in this world without allowing the world to live inside you, because when a boat sits on water it sails perfectly, but when water enters inside the boat, it sinks." – Ali bin Abi Thalib 

(Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam) – Ali bin Abi Thalib RA

20. "Live in this world as a traveller or a stranger." -HR. Bukhari

(Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara) -HR. Bukhari

21. "You will die the way you lived your life." 

(Kamu akan mati sebagaimana kamu menjalani hidup)

22. "He gives life and causes death, and to Him you will be returned." – Q.S Yunus: 56

(Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan) – Q.S Yunus: 56

23. "Every loss is nothing else but a reminder that nothing in this life is permanent." – Dr. Bilal Philips

(Setiap kehilangan yang kita alami tidak lain adalah sebuah pengingat bahwa tidak ada satu pun dari kehidupan ini yang kekal) – Dr. Bilal Philips

24. "Life consists of two days, one for you one against you. So when it’s for you don’t be proud or reckless, and when it’s against you be patient, for both days are test for you." – Ali bin Abi Thalib

(Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah, dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu) – Ali bin Abi Thalib

25. "Allah can change the most hopeless situation into the best moment in your life."

(Allah mampu mengubah situasi paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu)

 

Sumber: Mutiara Islam

Butuh sebuah dorongan positif, inspirasi, dan motivasi dalam menjalabi hidup? Yuk baca juga kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer