Sukses


30 Kata-kata Bijak Islam tentang Kesabaran, Mendorongmu Selalu Bersyukur

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Islam tentang kesabaran dapat dijadikan sebagai pelajaran dalam menjalani hidup bagi setiap umat muslim yang ingin selalu berada di jalan Allah SWT.

Dengan berpedoman pada kata-kata bijak Islam yang biasanya diambil dari Al-Qur'an, hadis, maupun perkataan tokoh terkenal, dapat membantumu mengarungi kerasnya hidup.

Sebagai manusia, setiap orang tentu memiliki masalah. Terkadang, seseorang menanggapi masalah yang mereka miliki dengan tidak bijak karena tidak menerapkan prinsip kesabaran.

Dengan bersabar, selain dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, dapat membuatmu lebih bersyukur dengan segala hal yang diberikan oleh Allah SWT.

Allah SWT telah menjanjikan tempat terbaiknya di akhirat kelak, bagi setiap umat muslim yang selalu bersabar dalam menghadapi segala masalah.

Kata-kata bijak Islam tentang kesabaran dapat mengajarkanmu untuk menerima dengan segala hal yang kamu miliki saat ini, tanpa mengeluh.

Kata-kata bijak tersebut juga akan mendorongmu untuk selalu bersabar dan kuat dalam menghadapi segala situasi yang dirasa sulit untuk diselesaikan.

Berikut 30 kata-kata bijak Islam tentang kesabaran, yang dapat mendorongmu untuk selalu bersikap sabar, seperti dikutip dari laman Mutiara Islam, Senin (7/9/2020). 

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kesabaran

1. "Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." (Q.S Huud: 115)

2. "Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153)

3. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar

4. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." - Ali bin Abu thalib

5. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."

6. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

7. "Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu." (Q.S Luqman:17)

8. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)

9. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban, akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."

10. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kesabaran

11. "Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi, Dia mengatakan 'Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar'."

12. "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)." (Q.S al-A’raf: 126)

13. "Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik." (Q.S Al-Ma`arij: 5)

14. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)

15. "Dan kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar?" (Q.S al-Furqan : 20)

16. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." – Ibnu Qayyim

17. "Dua hal yang dapat menggambarkan kamu, yakni kesabaranmu saat kamu tidak memiliki apa-apa dan sikap kamu saat memiliki segalanya."

18. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian, namun penuh dengan harapan."

19. "Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran."

20. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Islam tentang Kesabaran

21. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

22. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

23. "Musibah bagaikan air keruh, makin kau aduk, makin keruh. Bersabarlah karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih."

24. "Setiap orang yang bersabar adalah orang-orang yang lulus dari ujian kehidupan. Ujian pasti datang dan kesabaran kita menentukan kualitas nilai kita saat ujian itu datang."

25. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

26. "Kebahagiaan itu hanyalah pantas didapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagiaan itu datang dengan sabar dan lapang dada."

27. "Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apa pun, akan lebih mudah diselesaikan dengan kesabaran."

28. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan." - Ali bin Abi Thalib

29. "Kesabaran adalah akhlak mulia, yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan." - Imam Syafi'i

30. "Untuk mendapatkan apa yang kau inginkan, kau harus rela bersabar pada apa yang kau benci." - Imam Ghazali

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh motivasi dan dorongan positif dalam menjalani hidup secara Islami? Yuk, baca juga kata-kata Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer