Sukses


7 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Memperkuat Tulang dan Mengusir Migrain

Bola.com, Jakarta - Kacang mete dikenal sebagai satu di antara camilan spesial. Hal itu karena harga kacang mete yang telah diolah menjadi camilan, terbilang mahal. Itulah mengapa, kacang mete kebanyakan hanya muncul dalam acara-acara istimewa.

Kacang mete hadir dari buah jambu monyet. Setelah melalui proses, kita mendapati kacang mete mentah yang lantas diolah menjadi camilan. Mayoritas kacang mete diolah dengan cara digoreng.

Rasanya yang renyah, gurih, dan asin, sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia, menjadi camilan satu ini favorit.

Di balik rasanya yang lezat, kacang mete mengandung berbagai kandungan yang menyehatkan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan.

Seperti dilansir dari Honestdocs, Senin (7/9/2020), kacang mete memiliki banyak kandungan mineral, seperti mangan, potasium, tembaga, besi, magnesium, seng, dan selenium.

Kacang mete juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, folat, niasin, dan asam pantotenat.

Dengan berbagai kandungan tersebut, kacang mete memiliki manfaat menyehatkan bagi kesehatan tubuh.

Tertarik mengetahui apa saja manfaat kacang mete bagi kesehatan? Berikut ini penjelasan perihal manfaat menyehatkan kacang mete, seperti disadur dari Liputan6, Senin (7/9/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Menyehatkan Kacang Mete

1. Memperkuat tulang

Satu ons kacang mete dapat memberikan sekitar 30 persen dari nilai harian untuk tembaga dan 20 persen untuk magnesium. Tembaga mendukung perkembangan tulang dan jaringan dalam tubuh, sementara magnesium membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

2. Melindungi kesehatan mata

Kacang mete kaya lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Jika dikonsumsi setiap hari, antioksidan ini menjaga penglihatan Anda dengan baik dan menjauhkan infeksi yang bisa Anda dapatkan dari lingkungan sekitar.

Zeaxanthin juga melindungi retina Anda dari sinar UV yang berbahaya.

3. Mengatasi migrain

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk peningkatan tekanan darah, sering sakit kepala, dan rasa sakit di berbagai bagian tubuh.

Makan kacang mete secara teratur akan memastikan Anda memiliki keseimbangan magnesium yang tepat dan membebaskan Anda dari migrain.

3 dari 3 halaman

Manfaat Menyehatkan Kacang Mete

4. Menyehatkan gigi

Satu di antara senyawa luar biasa dalam sebutir kacang mete adalah asam anakardat. Asam ini mampu membunuh bakteri gram-positif (bakteri yang mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan gram sehingga akan berwarna biru atau ungu di bawah mikroskop) yang menyebabkan kerusakan gigi dan jerawat.

5. Tidak gampang sakit

Kacang mete merupakan sumber seng yang bagus. Unsur kimia ini penting untuk pengembangan sel sistem kekebalan tubuh, produksi enzim antioksidan, dan aktivitas sistem kekebalan tubuh secara umum.

6. Kulit jadi bercahaya

Kacang mete merupakan sumber tembaga dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit manusia. Antioksidan dikenal untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, sedangkan tembaga, bersama dengan enzim lain, menghasilkan kolagen yang bertanggung jawab untuk meningkatkan elastisitas kulit.

7. Menambah energi

Kacang mete mengandung beragam mineral dan vitamin, termasuk vitamin E, K, B6, tembaga, fosfor, seng, magnesium, zat besi, dan selenium.

Semuanya memainkan peran penting untuk membantu tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. Metabolisme Anda kian sehat dan Anda makin energik sepanjang hari.

 

Sumber asli: BrightSide

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Afra Augesti, Editor: Rizki Akbar Hasan. Published: 2/10/2019)

Video Populer

Foto Populer