Sukses


5 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan, Rasakan Sensasinya

Bola.com, Jakarta - Mandi menggunakan air bersuhu normal apalagi di saat cuaca panas atau tubuh gerah, memang menyegarkan. Namun, mandi dengan air hangat juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan kapan saja. Hanya, biasanya mandi menggunakan air hangat dilakukan saat sore atau malam hari.

Selama ini di masyarakat juga telah memercayai khasiat mandi air hangat, yakni saat tubuh letih setelah beraktivitas seharian. Mandi air hangat diyakini bisa melemaskan otot-otot dan memberikan efek menenangkan.

Mandi menggunakan air bersuhu hangat memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Suhu air hangat yang direkomendasikan mencapai 40-43 derajat celcius.

Ada baiknya, Anda menggunakan waktu sebaik mungkin saat mandi air hangat. Jangan tergesa-gesa, melainkan bersantai untuk menikmati sensasinya.

Agar makin rileks, jika ada berendam dalam air hangat, Anda bisa membubuhkan beberapa tetes minyak favorit, seperti lavender oil.

Berikut ini penjelasan perihal manfaat mandi air hangat bagi kesehatan, disadur dari Fimela, Senin (7/9/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

1. Melepaskan Racun

Mandi dengan menggunakan air hangat akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh. Ini akan menyebabkan Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh.

2. Melembabkan Kulit

Mandi air hangat akan membuka pori-pori, membersihkan semua kotoran, serta minyak yang menempel pada tubuh Anda. Kehangatan alami dari air ini akan melembabkan kulit dan juga membuatnya lembut serta kenyal.

3. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Mandi dengan air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak kayu putih atau peppermint, untuk sensasi relaksasi yang lebih kuat.

Selain itu air hangat yang dicampur dengan minyak ini akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan serta mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

4. Pereda stres

Saat Anda mandi air hangat, jangan terburu-buru atau tergesa-gesa. Luangkan waktu dan nikmati setiap detik untuk bersantai dalam air hangat. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan efek tenang pada tubuh.

Lakukan ritual mandi air hangat ini setiap Anda selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Hal ini akan menghilangkan stres dan membantu Anda untuk tidur dengan lebih nyenyak.

5. Mengatasi susah tidur

Jika Anda mengalami masalah susah tidur, mandi menggunakan air akan sangat membantu mengatasi masalah Anda.

Rendam diri Anda dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks.

Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang mana akan menurun secara perlahan-lahan saat Anda mulai meninggalkan bak mandi.

Perubahan suhu ini akan memicu Anda untuk mengantuk dan cepat tertidur.

 

Disadur dari: Fimela.com (Published: 4/8/2014)

Video Populer

Foto Populer