30 Kata-kata Mutiara Islam tentang Takwa, Mendekatkanmu pada Allah SWT

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 08 Sep 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 12:40 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. Credit: freepik.com

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islam tentang takwa dapat kamu jadikan sebagai amunisi dan dorongan agar makin dekat kepada Allah SWT Sang Pencipta Alam Semesta.

Dengan membaca kata-kata mutiara Islam tersebut dan menerapkannya dalam hidup, kamu akan menjadi seorang muslim yang lebih mulia dan beriman.

Takwa secara umum memiliki arti memelihara hubungan dengan Allah SWT agar tidak terjerumus dalam hal yang dilarang-Nya dan melakukan segala perintah-Nya.

Menjadi orang yang bertakwa menjadi agar selalu diridai oleh Allah pada setiap langkah yang diambil dalam kehidupan yang sedang kamu jalani.

Tidak dapat dimungkiri, sebagai manusia kita tidak akan pernah luput dari pencobaan. Namun, sebagai orang yang bertakwa kepada Allah, kita harus selalu menghadapinya dengan bijak.

Hal tersebut karena Allah akan selalu berada di sisi umat-Nya yang selalu berserah dan bertakwa kepada-Nya setiap masalah datang menghampiri.

Takwa juga merupakan satu di antara bekal untuk menjadi muslim yang bahagia di dunia. Hal tersebut seperti firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 197, yang artinya: 

"Dan berbekallah kalian, karena sebaik-baiknya bekal itu adalah takwa"

Dengan itu semua, agar jalanmu selalu diberi rahmat oleh Allah, kamu harus selalu bertakwa kepada-Nya, dalam kedaan apa pun, susah maupun senang.

Berikut 30 kata-kata mutiara Islam tentang takwa, yang dapat mendekatkanmu kepada Allah SWT, seperti dikutip dari laman Mutiara Islam, Selasa (8/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Takwa

Ilustrasi muslimah
Ilustrasi muslimah. Credit: freepik.com

1. "Makin dekat kamu dengan cahaya, makin besar pula bayangan yang tercipta. Begitulah, Allah adalah cahayanya, sementara takwa adalah bayangannya."

2. "Hanya takwa yang mampu menghentikan seseorang berbuat dosa dalam keadaan seorang diri." - Abu Abdissalam

3. "Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar." (Q.S At-Taubah: 119)

4. "Esensi dari takwa adalah membuat perisai yang melindungi diri dari murka dan siksa Allah. Perisai tersebut yaitu dengan mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhkan diri dari larangan-Nya." - Ibn Rajab

5. "Dengan takwa, seorang hamba akan mendapat pertolongan Allah." 

6. "Orang yang memiliki pengetahuan paling banyak seharusnya juga adalah orang yang paling takut kepada Allah." - Abdullah ibn Mubarak

7. " Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu berada."

8. "Jika kamu hidup di masa berbuat dosa, itu terlihat lebih mudah. Pahamilah bahwa itulah masa di mana pahala untuk menjadi orang bertakwa juga lebih besar." - Sajid Ahmed Umar

9. "Orang-orang bertakwa ialah orang-orang beriman yang memelihara diri mereka dari berbuat syirik kepada Allah." - Ibnu Abbas

10. "Derajat iman paling tinggi adalah kamu menyadari bahwa dirimu selalu berada di hadapan Allah." - Utsman bin Affan

3 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Takwa

Ilustrasi Islam
Ilustrasi Islam. (Photo by John Peter on Pixabay)

11. "Aku menyadari bahwa Takwa adalah jalan keluar dari segala bentuk kesedihan dan kesusahan. Segera setelah jalan ketaqwaan kutempuh, aku menemukan jalan keluarnya." - Ibnu Qayyim

12. "Maka bertakwalah kamu kepada Allah sesuai kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari sifat kikir, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Q.S At Taghabun: 16)

13. "Seseorang tanpa takwa tidak akan menjaga pandangannya, meski mereka telah menikah. Sementara orang yang bertaqwa akan selalu menjaga pandangannya, bahkan jika mereka belum menikah." - Omar Suleiman

14. "Kecantikan seorang wanita itu bukan terletak pada wajahnya, warna kulitnya, atau barang-barang yang melekat di tubuhnya. Akan tetapi, kecantikan sejati seorang wanita itu ada di hatinya, di dalam iman, takwa, dan kecintaannya pada agama."

15. "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu." (Q.S Al-Hujurat:13)

16. "Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (Q.S At Talaq: 2-3)

17. "Jikalau sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." (Q.S Al A'raf: 96)

18. "Orang yang bertakwa itu adalah orang yang disiplin menjaga akidahnya, tidak mau menuhankan apa pun selain Allah dalam posisi apa pun."

19. "Takwa adalah takut kepada Allah, melaksanakan segala sesuatu yang datang dari-Nya, rida dengan karunia-Nya walaupun sedikit, dan menyiapkan diri untuk menyambut kematian." - Ali bin Abi Thalib

20. "Demi Allah, hidupnya pemuda itu dengan ilmu dan takwa. Jika keduanya tidak ada, maka keberadaannya tidak dianggap ada." - Imam Syafi'i

4 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islam tentang Takwa

Ilustrasi Islam, Al-Qu'ran
Ilustrasi Islam, Al-Qu'ran. (Sumber: Pixabay)

21. "Orang yang hebat pada pandangan manusia belum tentu hebat di sisi-Nya. Orang yang benar-benar hebat adalah mereka yang tinggi ketakwaannya kepada Allah karena hanya takwa yang membedakan manusia."

22. "Sebagaimana takwa kepada Allah adalah perkara yang mendatangkan rezeki, maka meninggalkan takwa akan menyebabkan kefakiran. Tidak ada yang dapat mendatangkan rezeki kecuali dengan meninggalkan maksiat." - Ibnu Qayyim

23. "Secerdas-cerdasnya kecerdasan adalah takwa. Sebodoh-bodohnya kebodohan adalah durhaka. Sejujur-jujurnya kejujuran adalah amanah. Sebohong-bohongnya kebohongan adalah khianat." - Abu Bakar As-Shiddiq

24. "Surga itu mahal. Tapi, orang miskin bisa mendapatkan. Sebab, nilainya bukan pada harta, tapi takwa."

25. "Maka barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberi taufik dan mengangkat (derajat)nya." (Ibnu Utsaimin: Kitabul Ilmi, 120)

26. "Cinta berlandaskan takwa, itulah pilihan yang tepat dalam mengikat jalinan cinta. Sebab sebagaimana petunjuk dari baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, pilihlah karena faktor agama, semoga bahagia."

27. "Jangan berhenti berdoa. Jadilah atlet Allah yang tangguh. Tingkatkan iman dan takwa agar jiwamu tak mudah rapuh."

28. "Kalau pengetahuan Anda mau ditambah oleh Allah, mudah dalam belajar, kuat dalam ingatan, tingkatkan takwamu kepada Allah, maka Allah akan ajarkan Anda pengetahuan (ilmu)." - Adi Hidayat

29. "Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa dan bersabar, maka sungguh Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat kebaikan." (Q.S Yusuf: 90)

30. "Tujuan utama dari salat adalah untuk membuatmu menjadi orang yang lebih baik dengan menanamkan kualitas takwa (kesadaran Ilahi) dalam diri. Begitu kamu menyadari akan pengawasan Allah, maka kamu akan berusaha menjalani kehidupan yang diridai oleh-Nya, yaitu kehidupan yang benar. Inilah tujuan utama mempelajari berbagai doa yang diajarkan Nabi SAW dalam semua aktivitas kita sehari-hari." - Dr Bilal Philips

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh motivasi dan dorongan untuk hidup sesuai ajaran Islam? Yuk, baca kata-kata mutiara Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC