Sukses


30 Kata-kata Bijak tentang Belajar dalam Hidup, Kunci Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang belajar dalam hidup dapat memberikanmu pandangan baru akan pentingnya mengambil pelajaran dalam segala aspek kehidupan.

Menjalani hidup memang tak semudah membalikan telapak tangan. Ada saja hal yang membuatmu merasa terpuruk, kecewa, sedih, dan marah.

Rasa kecewa akan sesuatu yang telah terjadi alias penyesalan menjadi satu di antara penyebab seringnya seseorang menjadi kehilangan semangat dan putus asa.

Agar tak terjatuh dalam kesalahan atau lubang yang sama, kamu bisa belajar dari pengalamanmu sendiri atau dari pengalaman orang lain.

Kata-kata bijak tentang belajar dalam hidup dapat mendorongmu agar terus berusaha untuk memahami kehidupan ini dengan belajar dari segala hal yang telah terjadi. 

Setiap aspek dalam kehidupan dapat dijadikan sebagai pelajaran agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak dalam menghadapi segala situasi.

Belajar merupakan suatu proses yang harus dilalui oleh semua orang sepanjang hidup untuk mencapai hal yang lebih baik dalam hidup. Maka, jangan pernah berhenti untuk belajar.

Berikut 30 kata-kata bijak tentang belajar dalam hidup, yang dapat disebagai motivasi, seperti dirangkum dari Jagokata, Senin (14/9/2020). 

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Belajar dalam Hidup

1. "Belajar tentang pikiran dan ilmu pengetahuan. Tanpa belajar untuk memperkaya hati, sama dengan tak belajar apa-apa."

2. "Membenci dan mencemburui masa lalu adalah hal yang melelahkan. Kita tak akan pernah bisa mengubahnya, kita hanya bisa belajar darinya."

3. "Seorang bijak adalah mereka yang belajar hal-hal mendasar tidak selalu harus menjadi prioritas utama mereka."

4. "Hidup merupakan sebuah rangkaian pengalaman. Setiap pengalaman membuat kita lebih besar, walau terkadang sulit untuk menyadarinya karena dunia dibentuk untuk mengembangkan karakter dan kita harus belajar bahwa kegagalan dan kesedihan yang kita rasakan akan membantu kita untuk maju."

5. "Orang harus berhenti menyalahkan masalah-masalahnya pada lingkungannya dan belajar kembali untuk melatih kehendaknya."

6. "Jika anak hidup dalam toleransi, ia belajar menjadi sabar."

7. "Ketika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang ketangguhan."

8. "Sekarang kita telah belajar terbang di udara seperti burung, berenang di bawah air seperti ikan, namun kita kekurangan satu hal - untuk belajar hidup di bumi sebagai manusia."

9. "Ketika kamu harus membayar biaya yang seharusnya tidak kamu tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang kemurahhatian."

10. "Saya tidak pernah mengajari murid-murid saya, saya hanya mencoba untuk menyediakan suasana di mana mereka bisa belajar."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Belajar dalam Hidup

11. "Dari mana kita akan belajar kalau sedikit saja sakit hati inginnya cepat-cepat melupakan?"

12. "Ilmu alam ingin manusia untuk belajar, agama ingin dia untuk bertindak."

13. "Jangan terlalu mengejar nilai, ijazah, nanti kita lupa hakikat belajar yang sebenarnya."

14. "Jangan takut salah, jangan takut gagal, kita semua belajar dari kesalahan. Baik itu kesalahan diri sendiri maupun kesalahan orang lain."

15. "Orang harus belajar untuk membenci dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai."

16. "Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak."

17. "Orang tua yang baik adalah bisa memberi contoh pada anaknya. Orang tua yang bijak adalah bisa belajar dari anaknya."

18. "Sepanjang kita yakin telah melakukan sesuatu dengan baik, selalu belajar untuk lebih baik, terbuka dengan masukan, rasa nyaman dan tenteram itu akan datang. Kemuliaan hidup tidak pernah tertukar."

19. "Tuhan membiarkan semuanya terjadi dengan satu alasan. Semua itu adalah sebuah proses belajar dan kamu harus melewati setiap tingkatannya."

20. "Melalui firasat, kita belajar menerima diri dan berdamai dengan hidup ini."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Belajar dalam Hidup

21. "Untuk mempertajam pikiran, kita seharusnya lebih sering belajar daripada merenung."

22. "Pastikan saja, kita selalu bergerak menjadi lebih baik, belajar dari sakit hati dan hinaan orang lain."

23. "Belajar dan merenung dalam kamar saja tidak cukup, pikiran-pikiran perlu dipersegar dengan kenyataan-kenyataan yang hidup dalam masyarakat, celah-celah kehidupan masyarakat selalu memperkaya rohani."

24. "Untuk mengikhlaskan seseorang itu, kita juga harus belajar memaafkannya."

25. "Belajar adalah proses penemuan secara terus-menerus, tanpa akhir."

26. "Belajar hal-hal yang tidak biasa adalah cara yang terbaik untuk mengerti hal-hal yang biasa."

27. "Jangan hanya belajar dari pengalaman, pelajarilah sesuatu yang baik dari pengalaman."

28. "Karena sepanjang hidupku aku telah belajar menderita dalam diam."

29. "Anda percaya kebohongan sehingga pada akhirnya Anda belajar untuk tidak percaya kepada siapapun kecuali diri sendiri."

30. "Jika tindakan-tindakan Anda mengilhami orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, bekerja lebih, dan menjadi lebih baik, Anda adalah seorang pemimpin."

 

Sumber: Jagokata

 

Butuh motivasi dan inspirasi dalam mengarungi kerasnya kehidupan? Yuk, baca juga kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer