Sukses


11 Manfaat Minum Kopi, Menyehatkan Tak Cuma Kekinian

Bola.com, Jakarta - Minum kopi, terutama pada pagi hari, telah menjelma menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Tak lengkap rasanya jika tidak menyeruput kopi hitam panas sebelum beraktivitas pada hari itu.

Minum kopi juga telah menjadi budaya dalam beberapa masyarakat. Seiring perkembangan, minum kopi menjadi tren kekinian. Banyak kedai dan kafe kopi menjamur, yang menyajikan minuman kopi sebagai menu utama.

Kopi tak sekadar mengusir kantuk hingga mendatangkan semangat dan energi positif.

Lebih dari itu, meminum kopi secara rutin, dengan cara benar dan porsi tepat, diyakini memilki manfaat menyehatkan.

Kopi merupakan satu di antara minuman yang kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk melawan berbagai penyakit dalam tubuh. Kopi juga merupakan minuman yang memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan otak.

Satu di antara zat yang terkandung dalam kopi, yakni kafein, disebut memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. 

Penasaran manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi kopi?

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi, yang didapatkan dengan cara benar dan porsi yang sesuai, disadur dari Liputan6, Senin (14/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Minum Kopi

1. Memperkuat tulang

Memperkuat tulang bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu secara teratur yang kaya kandungan kalsium. Tetapi, ternyata tidak hanya susu saja yang mengandung kalsium, kopi juga mengandung kalsium.

Dengan mngonsumsi kopi yang juga mengandung kalsium, tulang akan kuat dan tidak mudah keropos.

2. Dapat mencegah diabetes

Penyakit diabetes umumnya terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Minum kopi termyata juga bisa bermanfaat untuk mencegah diabetes.

Hal ini tentunya harus dilakukan dengan takaran yang pas serta diimbangi dengan olahraga yang teratur. Anda juga harus menjaga pola makan menjadi teratur, untuk mencegah diabetes.

3. Terhindar dari penyakit stroke

Bila Anda mengonsumsi kopi secara rutin setiap hari, hal itu bisa membuat kemungkinan Anda terserang penyakit stroke 20 persen lebih rendah dari pada orang yang tidak mengonsumsinya. Manfaat minum kopi satu ini tentunya sangat besa karena stroke termasuk penyakit yang berbahaya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minum Kopi

4. Meredakan sakit kepala

Minum kopi bisa meredakan sakit kepala, gangguan kesehatan yang sangat sering dialami ini.

Anda mungkin bisa minum kopi sebagai alternatif jika sedang tidak ingin mengonsumsi obat.

5. Melindungi hati

Dengan takaran yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat minum kpi secara maksimal. Satu di antaranya bisa melindungi hati.

Anda bisa menghindari terkena penyakit sirosis hati dengan minum kopi dengan takaran yang tepat. Jadi, asalkan takarannya tepat, kopi tidak akan membahayakan tubuh.

6. Menurunkan berat badan

Manfaat minum kopi selanjutnya, yaitu menurunkan berat badan. Bagi Andayang ingin menurunkan berat badan atau sedang diet, dapat mencoba minum kopi secara rutin, tentunya dengan takaran yang pas.

Biji kopi disebutkan memiliki senyawa bernama klorgenat dan kafein yang bisa menurunkan berat badan. Jadi, dengan manfaat minum kopi ini, kamu bisa menambahkan kopi ke dalam program dietmu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minum Kopi

7. Mengurangi tingkat stres

Kopi merupakan satu di antara minuman yang bisa meredakan stres. Aroma kopi disebut bisa memengaruhi aktivitas gen-gen tertentu di otak.

Dengan membuat secangkir kopi hangat, Anda bisa merasakan perasaan rileks dan lebih bersemangat dalam melanjutkan aktivitas.

8. Meningkatkan produktivitas

Banyak orang sudah menjadikan kopi sebagai teman dalam mengerjakan tugas atau bekerja di malam hari. Hal ini karena minum kopi diyakini dapat meningkatkan produktivitas.

Dengan kandungan kafein yang tinggi, kopi dapat mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada dalam tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih produktif.

9. Memperpanjang umur

Tidak ada salahnya mengonsumsi kopi setiap hari. Meski rasanya sedikit pahit, satu di antara manfaat yang Anda peroleh dengan minum kopi adalah bisa memperpanjang umur.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan, mengonsumsi kopi secara teratur, dua hingga empat cangkir setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi tiap harinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minum Kopi

10. Meningkatkan daya ingat

Manfaat minum kopi berikutnya adalah bisa meningkatkan daya ingat Tidak bisa dimungkiri, seiring bertambahnya usia, daya ingatnya juga akan makin berkurang.

Mengonsumsi kopi merupakan satu di antara cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat.

11. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, akan berdampak positif bagi tubuh. Termasuk kopi, jika dikonsumsi secara teratur dan takarannya pas, kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Jika metabolisme dalam tubuh lancar, lemak-lemak jahat yang ada dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Published: 18/4/2019)

Video Populer

Foto Populer