Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam tentang Mencari Ilmu, Memotivasi Terus Belajar

Bola.com, Jakarta - Dalam mencari ilmu terkadang kamu membutuhkan dorongan semangat agar terhindar dari rasa malas. Satu di antara hal yang mungkin dapat memberimu dorongan adalah kata-kata mutiara Islam tentang mencari ilmu.

Agama Islam menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, bahkan Rasulullah SAW mengatakan menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.

BACA JUGA: Kata-kata Bijak Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

Begitu juga Allah SWT telah menjajikan bagi setiap muslim yang berilmu akan diangkat derajatnya, sesuai Al-Qur'an surat Al-Mujadilah ayat 11 yang artinya:

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.S Al-Mujadilah: 11

Mencari ilmu adalah hal yang mulia di sisi Allah SWT dan merupakan satu di antara ibadah yang di terima-Nya.

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, "Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Ibnu Majah & Abu Dawud).

Dengan menjadi seorang yang berilmu, kamu tidak hanya menjadi seorang muslim yang mulia, namun juga dapat memberikan manfaat bagi orang di sekitar.

Kamu bisa mendapatkan penyemangat dalam bentuk apa pun untuk mencari ilmu, seperti inspirasi, motivasi, dan juga kata-kata mutiara Islam.

Berikut kata-kata mutiara Islam tentang mencari ilmu, yang akan mendorongmu untuk terus belajar, seperti dikutip dari Mutiara Islam, Selasa (14/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Mencari Ilmu

1. "Raihlah ilmu dan untuk meraih ilmu, belajarlah untuk tenang dan sabar." - Umar bin Khattab

2. "Ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Ilmu tidak lain adalah sebuah cahaya yang Allah tempatkan di dalam hati." - Imam Malik

3. "Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama (orang-orang yang berilmu)." (Q.S Fathir: 28)

4. "Ilmu tanpa amal adalah kegilaan, dan amal tanpa ilmu adalah kesia-siaan." - Imam Ghazali

5. "Menuntut ilmu (agama) adalah kewajiban bagi setiap muslim." - Hadis

6. "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya, dan kemudian menyebarkannya." - Sufyan bin Uyainah

7. "Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu." - Imam Malik

8. "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga."

9. "Ya Rabbi, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat."

10. "Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat bagi seluruh umat-Mu."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Mencari Ilmu

11. "Ilmu adalah kehidupan bagi pikiran." - Abu Bakar

12. "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah." - Hasan al-Bashri

13. "Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa."

14. "Sebagian orang tetap miskin ilmu karena kemampuan buruk mereka untuk tetap diam." - Ibnu Qayyim

15. "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal." - Imam Syafi’i

16. "Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian."

17. "Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan." - Imam Ghazali

18. "Menuntut ilmu semata-mata demi ilmu bukan sesuatu yang dipandang baik dalam Islam." - Dr. Bilal Philips

19. "Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh." - Boona Mohammed

20. "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap." - Ali bin Abi Thalib

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Mencari Ilmu

21. "Menuntut ilmu di masa muda bagai mengukir di atas batu." - Hasan al-Bashri

22. "Barangsiapa belajar sesuatu semata-mata karena Allah, mencari ilmu yang ada bersama-Nya, maka dia akan menang. Dan barang siapa yang belajar sesuatu karena selain Allah, maka dia tidak akan mencapai tujuannya, juga pengetahuan yang diperolehnya tidak akan membawanya lebih dekat kepada Allah." - Hasan al-Basri

23. "Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Makin kamu mengenal Allah, makin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya."

24. "Barangsiapa menginginkan dunia, hendaklah ia berilmu. Barang siapa menginginkan akhirat, hendaklah ia berilmu."

25. "Islam itu berbasis ilmu pengetahuan. Makin kamu mengenal Islam, makin cinta pula kamu kepadanya. makin sedikit pengetahuan kamu tentang Islam, makin berkurang pula kecintaanmu kepadanya."

26. "Karunia Allah yang paling lengkap adalah menjalani kehidupan berdasarkan ilmu." - Ali bin Abi Thalib

27. "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian." (Q.S Al-Mujadilah: 11)

28. "Tuntutlah ilmu. Di saat kamu miskin, ia akan menjadi hartamu. Di saat kamu kaya, ia akan menjadi perhiasanmu." - Luqman al-Hakim

29. "Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." - Al-Ghazali

30. "Dengan cinta hidup menjadi indah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah. Dengan agama hidup menjadi terarah."

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh dorongan dan inspirasi dalam menghadapi kerasnya hidup sesuai ajaran Islam? Yuk, baca kata-kata mutiara Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer