Sukses


31 Kata-Kata Mutiara tentang Silaturahmi, Bikin Persaudaraan Makin Erat

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara tentang silaturahmi bisa menjadi renungan untuk terus menjalin tali persaudaraan kepada sesama manusia. Bagi umat muslim, silaturahmi sering diidentikkan dengan momen Hari Raya Idulfitri.

Hal tersebut dikarenakan pada momen tersebut kebanyakan orang akan berkumpul dengan keluarga dan kerabat besar untuk menyambung tali silaturahmi.

Namun, menjalin tali silaturahmi sejatinya bisa dilakukan kapan saja. Terlebih lagi, menjalin silaturahmi merupakan hal penting yang kerap ditekankan dalam agama apa pun.

Dengan silaturahmi, rasa persaudaraan dan saling memiliki akan terbangun. Bersilaturahmi juga bisa menjadi satu di antara cara untuk menjaga hubungan antarsesama tetap baik dan harmonis.

Itulah mengapa, penting untuk terus menjalin tali silatrahmi antarsesama manusia dari berbagai golongan.

Untuk mengetahui makna pentingnya silaturahmi, kamu bisa membaca kata-kata mutiara. Ada banyak kata-kata mutiara tentang silaturahmi yang bisa kamu baca dan renungkan.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara tentang silaturahmi, seperti dikutip dari laman PosKata dan Kosngosan, Rabu (16/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Mutiara tentang Silaturahmi

1. "Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi." - HR Bukhari

2. "Silaturahmi adalah jembatan yang menghubungkan dua sisi yang berbeda dengan jiwa kasih dan sayang."

3. "Di dunia ini tidak ada yang lebih banyak membuka kunci pintu dibanding berkenalan dengan banyak orang, silaturahmi." - Tere Liye

4. "Silaturahmi itu meluaskan pikiran, memperkaya sudut pandang, dan merupakan satu di antara dari sekian banyak pintu rezeki."

5. "Tidak ada dosa yang Allah percepat siksaan kepada pelakunya di dunia serta yang tersimpan untuknya di akhirat, selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi." - HR Tirmidzi

6. "Kebersamaan itu penting, bukan hanya untuk menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."

7. "Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi." - HR Muslim

8. "Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan salat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturahmi."

9. "Silaturahmi, mendekatkan kebaikan, menjauhkan dari segala beban."

10. "Bisnis terbaik adalah bisnis yang saling membangun silaturahim, memperluas relasi, dan membangun network."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Mutiara tentang Silaturahmi

11. "Satu di antara golongan orang yang tidak akan mencium bau surga ialah orang suka memutuskan tali persaudaraan atau tali silaturahmi."

12. "Bangunlah kariermu dengan menjaga silaturahim sesama saudara, jangan pernah mengorbankan orang lain untuk kepentingan duniamu. Karena memutuskan silaturahmi, hanya akan mempersempit rezekimu, memberikan kelemahan dalam setiap urusan duniamu."

13. "Perluaslah relasimu, perluas kuburanmu, perpanjang umurmu, dan perlancar rezekimu hanya dengan melakukan silaturahim, menghubungi saudara lama, memaafkan kesalahan teman, dan saling mengunjungi satu sama lain."

14. "Jarak boleh terpisah, tapi kebersamaan tetap terjaga. Itulah pengertian dari silaturahmi."

15. "Dengan silaturahim, sekat yang dulu ada dengan sendirinya memudar."

16. "Silaturahim adalah cara terbaik untuk menjembatani dua insan yang sedang berselisih. Mendekatkan jarak yang jauh, memberikan kabar, dan saling mendoakan satu sama lain."

17. "Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan." - Soekarno

18. "Silaturahim tidak hanya untuk menjaga persaudaraan, akan tetapi juga menambah rezeki dan memperpanjang umur. Jadim apabila kamu ingin berkah dalam hidupmu, menjaga persaudaraan adalah yang harus dilakukan."

19. "Sahabat ibarat mata dan tangan kita. Saat mata menangis tangan mengusap, saat tangan terluka mata menangis."

20. "Indahnya kebersamaan akan diraih apabila sesama muslim saling menjaga silaturahim, memberikan kepedulian kepada sesama. Karena bagi seorang islam, kekuatan terbesar adalah solidnya persaudaraan muslim."

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Mutiara tentang Silaturahmi

21. "Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi." - HR Tirmidzi

22. "Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi, niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak, serta keluarganya akan mencintainya."- HR Bukhari

23. "Silaturahmi adalah hal yang wajib dilakukan, mengunjungi saudara, memberikan doa, dan saling melindungi."

24. "Jadikanlah silaturahmi dengan teman-temanmu sebagai warna-warni yang penuh keindahan, penuh kasih sayang, rukun, dan damai selalu."

25. "Tali silaturahmi adalah persaudaraan hebat yang terjalin atas dasar iman dan takwa."

26. "Ayo berbuat baik kepada orang lain. Saling menjaga pertemanan dan tidak memusuhi. Berikan hal terbaik untuk membantu saudara kita."

27. "Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama telah memudar, maka silaturahmi akan terpecah."

28. "Seorang muslim yang baik tentunya mendoakan saudaranya, memberikan rasa aman kepada tetangganya, dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Silaturahmi adalah inti dari kekuatan umat muslim dalam menjaga persatuan."

29. "Liang lahat adalah tempat yang paling sempit, maka luaskanlah dengan menyambung silaturahmi."

30. "Letakkanlah lidah di belakang akal, bukan lidah di depan akal. Karena apa? Karena lidah banyak menyebabkan silaturahim putus, dan karena lidah, penyebab kita menjadi egois."

31. "Jagalah hubungan kita dengan sesama, tinggalkan sifat hasad, dendam, takabur, dan sebagainya. Sambung kembali silaturahmi yang telah putus."

 

Sumber: PosKata, Kosngosan

 

Yuk, baca kumpulan artikel kata-kata mutiara lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer