Sukses


10 Manfaat Tersembunyi Baby Oil untuk Orang Dewasa

Bola.com, Jakarta - Baby oil, satu di antara produk perawatan bayi, ternyata tak hanya bisa digunakan pada buah hati. Anda, orang dewasa, juga bisa mendapatkan beragam manfaat dari baby oil.

Dilansir dari Merdekababy oil adalah minyak berbasis mineral buatan manusia yang dibuat dari hasil penyulingan minyak dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk pelembab atau skincare.

Pada dasarnya, minyak berbasis mineral memiliki manfaat serupa dengan minyak kelapa yang bermanfaat untuk melembabkan bagian tubuh yang kering.

Itulah mengapa, baby oil juga bisa digunakan oleh orang dewasa, khususnya untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut.

Lantaran digunakan oleh buah hati Anda, produk baby oil memiliki formula yang ringan yang akan menyebabkan alergi pada kulit. Kebanyakan produk baby oil juga telah teruji secara dermatologis dan hipoalergenik.

Baby oil aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, pewarna, dan aroma.

Ingin tahu apa saja manfaat baby oil untuk orang dewasa? 

Berikut ini penjelasannya, manfaat baby oil bagi orang dewasa, disadur dari Liputan6, Jumat (18/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

1. Membersihkan makeup

Bola kapas yang dibasahi dengan baby oil mampu mengangkat eye shadow dan eyeliner tanpa mengiritasi kulit. Baby oil bersifat non-komedogenik yang bisa menjadi basis untuk mengangkat makeup.

Oleskan beberapa tetes baby oil pada kapas bersih dan gosokkan dengan hati-hati pada wajah. Baby oil akan membantu Anda menghapus sisa bedak, maskara, eyeshadow, dan lainnya yang menempel pada wajah.

Selain menghilangkan kotoran dan makeup, baby oil juga bisa digunakan untuk eksofoliasi wajah. Pijat wajah selama dua hingga lima menit dan bersihkan sepenuhnya dengan handuk bersih hangat.

2. Menyamarkan kantong mata

Selain sebagai pelembab yang sangat baik, baby oil dapat membantu mengurangi bengkak dan kantung mata. Baby oil kaya akan Vitamin E dan membantu mengurangi kantung mata. Campurkan beberapa tetes baby oil dengan air. Celupkan pada kapas dan tempelkan pada bagian mata selama 20 menit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

3. Melembapkan kulit

Manfaat baby oil untuk wajah yang sangat terkenal adalah melembapkan kulit. Baby oil mampu mengatasi kulit kering dan menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Kulit kering disebabkan oleh hilangnya air di lapisan atas kulit.

Mineral oil dan bahan lain dalam baby oil bekerja dengan membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit yang memerangkap air di kulit. Baby oil akan memberi nutrisi dan melembutkan kulit dalam waktu yang cukup singkat. Baby oil ini bisa digunakan di bagian tubuh lain seperti siku, lutut, dan kaki.

4. Mencerahkan kulit

Lantaran baby oil mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran, minyak ini mampu membuat wajah lebih cerah. Menggunakan baby oil sebagai pelembap bisa membuat wajah lebih glowing dan bersih.

5. Mencegah Penuaan Dini

Efek melembapkan dan pengangkatan kotoran di wajah juga dapat mencegah kulit dari proses penuaan. Wajah yang lembap dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput.

Memijat wajah dengan baby oil juga dapat menjaga elastisitas kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Rambut

6. Mengatasi ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Menggunakan baby oil sebagai pelembap mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

Anda bisa memijat kulit kepala dengan baby oil untuk mengangkat dan menghilangkan kulit kering dan bersisik.

7. Menghilangkan kutu

Baby oil dapat membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung dengan baby oil. Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dicuci.

Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Cara ini paling efektif jika dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk perawatan kutu.

8. Menguatkan rambut

Menggunakan baby oil sebagai pretreatment dapat menjaga kekuatan rambut. Ini membuat rambut terhindar dari rapuh, kering, dan kerontokan. Rambut yang rapuh akan membuatnya menyerap banyak air. Hal ini membuat setiap helai rambut membengkak dan menyebabkan rambut rusak.

Menggunakan baby oil pada rambut juga mampu melindungi rambut dari panas dan bahan kimia, seperti klorin di dalam air.

5 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Rambut

9. Melembapkan rambut

Baby oil membuat penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban dengan penguapan air dalam kutikula rambut. Baby oil mampu mengunci kelembapan dan mencegah rambut kering karena angin dan kerusakan akibat sinar matahari.

Baby oil juga bisa menjadi pelindung alami untuk penggunaan alat-alat penata rambut seperti hairdryer atau catokan. Menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut setelah mandi membantu rambut terlihat lebih halus, lebih bersinar, dan tidak kusut.

10. Mengatasi kulit kepala kering

Melembabkan kulit kepala membantu mencegah kulit kering. Kulit kepala yang kering dapat merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Baby oil akan tetap berada di kulit lebih lama dari pelembab lainnya.

Kulit kepala yang sehat membantu menjaga rambut lebih kuat, lebih halus, dan tampak lebih sehat.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Fadila Adelin. Published: 12/3/2020)

Video Populer

Foto Populer