Sukses


35 Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian, Menggugah Kesadaran

Bola.com, Jakarta - Di dunia ini kita hidup hanya sementara. Semua makhluk yang hidup, termasuk manusia akan mengalami kematian yang sudah pasti terjadi.

Dunia hanya sebagai tempat persinggahan maupun penginapan untuk menunggu hari akhirat. Tak seorang pun mengetahui datangnya kematian, termasuk Rasulullah SAW juga tidak mengetahuinya.

Kematian itu bak 'Alif Lam Mim' ayat pertama surat Al-Baqarah, yang berarti hanya Allah yang tahu, tidak memandang usia, jabatan, paras, dan waktu.

Kematian akan menjadi pemutus segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan di dunia. Kehidupan di akhirat adalah abadi. Sementara, tidak ada yang abadi di dunia ini.

Untuk mengingat akan kematian, kita perlu meresapi kata-kata mutiara Islami singkat tentang kematian.

Kata-kata mutiara Islami singkat tentang kematian bisa menjadi pengingat sederhana yang membuat kita menyiapkan bekal saat menghadap Sang Pencipta karena kematian adalah rahasia Allah. Kapan pun dipanggil, kita harus siap.

Berikut kata-kata mutiara Islami singkat tentang kematian, yang menggugah kesadaran kita untuk selalu mengingat bahwa kehidupan di dunia tidak kekal, dikutip dari Mutiara Islam dan Masmufid, Rabu (30/9/2020).

2 dari 6 halaman

Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian

1. "Bagi dunia, kamu mungkin seorang miliarder, selebritas atau tokoh penting. Tapi, bagi malaikat maut, kamu tidak lain hanyalah sebuah nama yang sudah ada dalam daftar."

2. "Mungkin hari ini kita masih di sini, tapi besok belum tentu. Maka jalanilah hidup ini dengan benar."

3. "Ya Allah, jadikanlah kalimat terakhir yang terucap dariku adalah La Ilaha illallah Muhammadur Rasulullah."

4. "Kematian bisa datang kapan pun, maka agar bisa meninggal sebagai seorang muslim, kamu juga harus selalu menjalani hidup setiap saat sebagai seorang muslim. Tidak ada waktu untuk nanti."

5. "Kuburan penuh dengan orang-orang yang dahulu berpikir bahwa mereka akan mengamalkan Islam saat mereka tua. Usia tua tidak dijanjikan kepada siapapun."

6. "Sebagian besar orang menganggap kematian masih jauh, jauh sekali. Namun, ketahuilah, saat hari itu tiba, maka sudah terlambat untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini."

7. "Orang bilang berpikir tentang kematian adalah tanda depresi. Saya seorang muslim, dan bagi saya, mengingat mati itu adalah sebuah inspirasi."

3 dari 6 halaman

Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian

8. "Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup."

9. "Manusia memang aneh. Dia berlari ke arah dunia yang tidak dapat dia tangkap dan melarikan diri dari kematian yang takkan pernah bisa dia hindari."

10. "Hanya karena kamu masih muda dan sehat bukan berarti kematian tidak akan datang kepadamu karena kematian tidak memandang usia."

11. "Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian." (Q.S Ali Imran: 185)

12. "Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meski kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kukuh." - (Q.S An-Nisa': 78)

13. "Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali." (Q.S Al-Baqarah: 156)

14. "Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya." - Ibn al-Qayyim

4 dari 6 halaman

Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian

15. "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (Q.S Al-A’raf: 162)

16. "Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya." - Sayyid Qutb

17. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu." - Imam Syafi’i

18. "Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walau sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita." - Ali Mustafa Tanthowi

19. "Demi Allah, seandainya jenazah yang kalian tangisi bisa berbicara sekejap lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri kalian sendiri." - Imam Al-Ghazali

20. "Ingatlah kematian dalam salatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam salatnya, maka ia akan memperbagus salatnya." - HR. Ad-Dailami

21. "Setiap jiwa manusia akan kembali kepada Allah ketika sudah mati dan beruntunglah buat mereka yang dekat dengan Allah sepanjang hidupnya."

5 dari 6 halaman

Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian

22. "Cinta dan kematian ialah dua hal yang pasti akan dihadapi oleh setiap manusia, oleh karenanya jangan pernah takut untuk menghadapinya dan persiapkan amal terbaik."

23. "Hidup di dunia tidak ada jaminan sama sekali, namun kematianlah yang betul-betul menjamin segalanya kita menjadi jaminan. Tapi, mengapa banyak orang belum menyadari kematian."

24. "Di mana pun engkau berada, kematian pasti akan mendatangi, walau kamu berlindung di dalam lautan maupun gua, pasti tetap akan mengalami kematian."

25. "Setelah kematian tiba, hancurlah segala harta yang kita miliki di dunia ini. Hanyalah amal kebaikan yang dapat dibanggakan nanti."

26. "Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan barang maupun harta itu hanyalah titipan dan kepada-Nya lah tempat kembali."

27. "Hari ini dunia menjadi sebuah kenyataan, akhirat hanyalah cerita. Namun, setelah kematian, dunia hanya cerita dan akhiratlah yang menjadi kenyataan."

28. "Tidak ada yang lebih penting dalam kehidupan ini, kecuali mempersiapkan amal kebaikan, amal saleh dan ibadah pasti akan bersedih hati ketika mengingat kematian."

6 dari 6 halaman

Kata-kata Mutiara Islami Singkat tentang Kematian

29. "Bertobatlah sebelum terlambat, bukan nunggu sampai tua maupun menunda-nundanya."

30. "Perbanyaklah amal kebaikan sebelum kematian menjemput, bukan sediakan payung sebelum hujan."

31. "Jangan melulu pusing mikirin jodoh karena kita lebih pasti berjodoh dengan kematian."

32. "Jodoh itu misteri, namun kematian itu pasti. Jangan terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk pujaan hati, tapi malah lupa mempersiapkan diri untuk mati."

33. "Terlalu serius kau menanti, menunggu hadirnya pujaan hati, hingga terlupa persiapan mati, padahal ia datangnya lebih pasti."

34. "Kematian tidaklah menunggu kita bertobat, tapi kitalah yang menunggu kematian dengan bertobat."

35. "Mungkin hari ini, jam ini dan detik ini kita masih bertemu serta dalam keadaan sehat di sini. Namun, besok belum tentu kita masih hidup."

 

Sumber: Mutiara Islam, Masmufid

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata mutiara Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer