Sukses


25 Kata-kata Bijak Eddie Van Halen, Sang Legenda Rock Berdarah Indonesia

Bola.com, Jakarta - Edward Lodewijk van Halen atau yang populer dengan nama Eddie Van Halen merupakan gitaris legendaris dari group band rock asal Amerika Serikat, Van Halen.

Eddie lahir di  Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1955. Eddie dikenal sebagai satu di antara legenda gitaris yang memiliki banyak inovasi dalam permainan sehingga namanya dikenal luas.

Darah musisi Eddie diturunkan dari ayahnya, yang juga merupakan seorang musisi kawakan asal Amsterdam, yakni Jan van Halen, yang bermain saksofon dan klarinet.

Ada hal menarik dari cerita hidup pria yang dikenal luas sebagai seorang gitaris ini. Sebelum piawai bermain gitar, alat musik yang pertama dikenal oleh Eddie adalah piano.

Keluarga Van Halen beberapa kali berpindah dari satu negara ke negara lainnya, sang ayah menikahi istrinya yang merupakan keturunan Indonesia-Belanda di Indonesia.

Pada 1953 ayah dan ibunya pindah ke Amsterdam, Belanda. Selang dua tahun dari kepindahan tersebut lahirlah Eddie kecil pada 1955.

Pada 1962, ayah dan ibu Eddie Van Halen mencoba peruntungan dengan pindah ke California, Amerika Serikat. Semenjak kepindahan itulah Eddie mulai mengenal berbagai alat dan genre musik.

Setelah beberapa tahun mempelajari musik, pada 1974 Eddie dan saudaranya, Alex, membentuk group band Van Halen.

Pada era 70-an tersebut Van Halen sangat dikenal oleh masyarakat luas berkat permainan gitar Eddie yang terlihat berbeda dari gitaris lainnya.

Eddie Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah 10 tahun berjuang melawan kanker tenggorokan.

Untuk mengenang sang legenda, kamu dapat mendengarkan lagu-lagu karya Eddie dan bandnya Van Halen. Kamu juga dapat membaca kata-kata bijak yang pernah ia ucapkan semasa hidupnya.

Berikut kumpulan kata-kata bijak Eddie Van Halen, seperti dirangkum dari Azquotes, Brainyquote, dan Inspiringquotes, Rabu (7/10/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Eddie Van Halen

1. "Jika kamu ingin menjadi bintang rock atau hanya menjadi terkenal, kemudian lari telanjang, kamu akan membuat berita atau semacamnya. Tetapi, jika kamu ingin musik menjadi mata pencaharian, maka mainkan, mainkan, mainkan, dan mainkan! Dan pada akhirnya kamu akan sampai ke tempat yang kamu inginkan."

2. "Ini selalu tentang musik, tidak pernah tentang hal lain."

3. "Jika saya dapat membantu seorang anak menemukan kesukaan atau bahkan minat pada musik dalam hidup mereka, maka itu adalah hal yang luar biasa."

4. "Sebenarnya ada tiga bagian dari proses kreatif. Pertama ada inspirasi, lalu eksekusi, dan terakhir pelepasan."

5. "Gitar adalah perpanjangan tangan dari orang yang memainkannya. Anda harus terhubung secara emosional dan spiritual ke instrumen Anda. Saya sangat brutal pada instrumen saya, tapi tidak setiap saat."

6. "Saya bukan bintang rock. Tentu saja, sampai batas tertentu karena situasinya, tetapi ketika anak-anak bertanya kepada saya bagaimana rasanya menjadi bintang rock, saya katakan tinggalkan saya sendiri, saya bukan bintang rock. Saya tidak di dalamnya untuk ketenaran, saya di dalamnya karena saya suka bermain musik."

7. "Musik menjauhkan saya dari jalanan dan keluar dari masalah dan memberi saya sesuatu yang menjadi milik saya yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari saya."

8. "Piano adalah instrumen universal. Jika Anda mulai dari sana, pelajari teori Anda dan cara membaca, Anda dapat melanjutkan ke instrumen lain."

9. "Ada plakat di dinding kami yang bertuliskan 'kami telah menjual lebih dari 65 juta album', dan saya tidak merasa telah mencapai apa pun. Saya merasa seperti saya baru saja memulai."

10. "Anda tahu, kebanyakan orang, mereka ingin pergi ke Hollywood. Mereka ingin menjadi bintang. Mereka ingin menjadi bintang rock. Pikiran itu tidak pernah terlintas dalam benak kami, keluarga Van Halen."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Eddie Van Halen

11. "Saya memiliki pendengaran selektif."

12. "Aku hanya orang bodoh biasa seperti orang lain."

13. "Beberapa orang berpikir lagu tanpa kata bukanlah lagu yang sebenarnya. Katakan itu pada Beethoven dan dia akan menendangmu!"

14. "Suatu hari saya pergi ke kebun binatang dan melihat simpanse memainkan gitar akustik beat dengan cara yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Alih-alih menggunakan pick, simpanse malah membenturkan leher dan mengetuknya dengan jari. Saya tahu simpanse sedang melakukan sesuatu, jadi saya mempraktikkan teknik baru ini di kamar saya selama berjam-jam sampai saya menyempurnakannya."

15. "Saya diberkati dengan sepasang telinga yang bagus. Begitulah cara saya membodohi guru piano saya. Saya akan memperhatikan jari-jarinya dan mendengarkannya, dan pada dasarnya saya mempelajarinya sendiri."

16. "Kami musisi. Kami membuat musik untuk mencari nafkah. Sesederhana itu. Tidak ada hal lain yang penting."

17. "Jika Anda memiliki gitar dengan suara bagus yang merupakan instrumen berkualitas dan ampli yang bagus, dan Anda tahu cara membuat gitar berbicara, itulah kuncinya. Ini dimulai dengan gitar dan mengetahui seperti apa suara dan rasanya."

18. "Saya pikir Clapton brilian. Dia satu-satunya yang menggerakkan saya. Satu-satunya yang membuatku ingin bermain gitar. "

19. "Bass untuk orang yang tidak bisa bermain gitar."

20. "Produser yang baik mengeluarkan yang terbaik dari artis yang bekerja dengannya."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Eddie Van Halen

21. "Bayangkan jika Beethoven memiliki tape recorder. Maka Anda akan tahu persis apa yang dia maksud. Mungkin yang dia maksud adalah 'Da da da da' daripada 'Boom boom boom boom!' Siapa tahu?"

22. "Saya akan membuat musik sampai saya mati. Saya telah melakukan banyak hal dan lebih banyak lagi yang akan datang."

23. "Saya tidak pernah mengambil pelajaran gitar. Saya mengambil pelajaran piano klasik sejak usia enam tahun ketika kami tinggal di Belanda."

24. "Saya tidak begitu tahu apa yang menginspirasi saya untuk menulis musik yang saya buat, tetapi biasanya, musik akan mengatur nada liriknya."

25. "Kamu hanya punya 12 nada dan bagaimanapun kamu mencampurnya adalah urusanmu."

 

Sumber: Azquotes, Brainyquote, Inspiringquotes

 

Yuk, baca juga kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer