Sukses


10 Manfaat Pepaya bagi Kecantikan, Cegah Jerawat dan Penuaan Dini

Bola.com, Jakarta - Pepaya merupakan satu di antara jenis buah-buahan yang digemari dan mudah dijumpai di Indonesia. Selain bermanfaat bagi kesehatan, pepaya juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Pepaya kaya akan nutrisi, seperti vitamin (A,C, dan E), zat besi, protein, kalium, fosfor, dan karbohidrat. Buah ini dipercaya sangat baik untuk menyehatkan rambut.

Vitamin E pada pepaya juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Lantaran kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi, sudah banyak beredar produk kecantikan yang mengunakan pepaya sebagai bahan utamanya.

Namun, manfaat pepaya akan lebih bagus jika dikonsumsi atau digunakan secara alami daripada sudah tercampur bahan kimia lainnya.

Anda bisa mengonsumsi pepaya sebagai perawatan dari dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa menghaluskan pepaya sebagai masker untuk merawat kulit dan rambut dari luar. Anda bisa mencari buah pepaya yang sudah matang berwarna oranye lantaran memiliki tekstur lebih lembut.

Berikut Bola.com merangkum manfaat pepaya untuk kecantikan dilansir dari Halodoc dan SehatQ, Kamis (8/10/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan

1. Mencegah jerawat

Satu di antara manfaat pepaya adalah mencegah jerawat. Jerawat dapat timbul karena berbagai hal, seperti tumbukan sel kulit mati, kadar minyak berlebih pada wajah, sumbatan kotoran di pori kulit wajah, dan lain-lain.

Satu di antara faktor utama untuk menghindari timbulnya jerawat, yaitu rutin membersihkan bagian kulit wajah menggunakan bahan-bahan yang sifatnya dapat menyerap kotoran dan menutrisi kulit wajah.

Satu di antara cara mencegah jerawat adalah menggunakan campuran pepaya dan larutan teh hijau.

2. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit adalah satu di antara manfaat pepaya. Vitamin pada pepaya dapat membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal tersebut dapat memberikan efek relaks, sehat, cerah, dan segar.

Caranya, dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

3 dari 6 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan

3. Mempercepat proses penyembuhan jerawat

Manfaat pepaya lainnya, yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Apabila wajah Anda telah diwarnai jerawat, penggunaan masker pepaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat tersebut. Kandungan air pada buah pepaya dapat membantu mengecilkan jerawat.

Selain itu, kandungan nutrisi pepaya mempunyai manfaat, yaitu dapat membantu meredakan radang yang terjadi akibat timbulnya jerawat.

4. Mencegah tanda penuaan

Mencegah tanda penuaan merupakan manfaat pepaya lainnya. Kandungan vitamin A pada pepaya dapat meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta lentur.

Kandungan pada pepaya, yaitu AHA, dapat membantu membersihkan sel kulit mati serta menghilangkan kerutan di wajah dan garis halus di kulit.

Vitamin C dan E pada pepaya dapat meremajakan kulit dan membantu Anda untuk memiliki kulit yang tampak lebih muda.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan

5. Melembapkan kulit wajah

Manfaat pepaya yang kelima, yaitu melembapkan kulit wajah. Kulit wajah yang lembap cenderung terlihat jauh lebih sehat dan lebih cantik.

Beberapa wanita rela menghabiskan uang untuk membeli produk pelembap kulit yang sebenarnya bisa didapatkan dengan menggunakan masker pepaya.

Menggunakan masker pepaya secara rutin menyebabkan wajah tidak kekurangan nutrisi dan cairan. Wajah juga menjadi tidak mudah kering dan terlihat lembab lebih lama.

6. Menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah

Manfaat pepaya lainnya, yaitu dapat membantu untuk menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah. Noda dan flek hitam pada wajah acap kali menyebabkan rasa tidak percaya diri.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan masker wajah secara rutin setiap dua hari sekali.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan

7. Mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat pepaya yang ketujuh, yaitu dapat mengecilkan pori-pori. Pori-pori wajah yang besar dapat menjadi tempat kotoran, debu, dan polusi menumpuk sehingga akan membuat kulit menjadi mudah berjerawat dan kusam.

Caranya, yaitu dengan menggunakan masker pepaya.

8. Menjaga kesehatan kulit kepala

Menjaga kesehatan kulit kepala menjadi satu di antara manfaat pepaya. Pepaya memiliki banyak mineral dan vitamin yang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan bahan kimia yang menempel. Selain itu, dapat menutrisi kulit kepala sehingga tidak kering dan berketombe.

Caranya, yaitu dengan mengoleskan daging buah pepaya yang telah dihaluskan dan diusap ke kulit kepala. Setelah beberapa lama cucilah kepala sehingga tidak ada sisa buah pepaya di kepala. 

6 dari 6 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan

9. Mengobati melasma dan pigmentasi

Melasma adalah satu di antara jenis hiperpigmentasi kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon. Jika Anda mengalami masalah bekas jerawat hingga pigmentasi, pepaya bisa menjadi pilihannya.

Pepaya memiliki kandungan bahan alami yang bersifat mencerahkan guna membantu membersihkan noda bekas jerawat dan pigmentasi.

Selain itu, enzim, beta karoten, berbagai vitamin, dan phytochemical di dalam pepaya bisa membantu meratakan warna kulit wajah.

10. Mengatasi lingkaran hitam di area bawah mata atau mata panda

Kurang tidur seringkali menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata atau yang sering disebut dengan mata panda. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang tampak lebih tua dan menjadi kurang percaya diri.

Pepaya memiliki zat papain, yang dapat membantu mencerahkan wajah yang baik untuk menangani dark circle Anda.

Cara penggunaannya sederhana, Anda hanya perlu menggunakan 1/4 cangkir buah pepaya yang dihaluskan dan dijadikan masker. Setelah itu oleskan pada area bawah mata dan tunggu sampai kering. Jika sudah kering, bilas dengan air hangat.

 

Sumber: Halodoc, SehatQ

 

Yuk, cari artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer