Sukses


39 Kata-kata Bijak Bersikap Dewasa, Cocok Jadi Bahan Perenungan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang bersikap dewasa bisa kamu jadikan bahan perenungan. Jika manusia bisa berpikir dengan dewasa, berarti mampu memilah persoalan dengan bijak.

Meski terdengar mudah, bersikap dewasa ternyata sangat sulit. Tak ada standar ukuran pasti terkait kedewasaan. Yang pasti, usia tak melulu menandakan kedewasaan seseorang. Ada yang berujar dewasa itu karena usia, ada juga yang berujar soal sikap dan ketenangan.

Namun, kerap kali kita berpikir orang yang telah dewasa memiliki ciri-ciri, seperti mau mengalah, bersikap tenang, pengertian, bisa memahami orang lain, dan memiliki konsep pemikiran yang terarah.

Sebaliknya, orang-orang yang belum dewasa memiliki ciri-ciri egois, mudah marah, tidak pedulian, dan mau menang sendiri.

Satu di antara cara untuk mengetahui diri kita sudah dewasa atau belum adalah dengan memahami kata-kata bijak bersikap dewasa. Kata-kata tersebut berisikan hal-hal positif yang bisa dijadikan perenungan untuk masa depan lebih baik.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak tentang bersikap dewasa, dikutip dari Sepositif dan PosKata, Kamis (8/9/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Bersikap Dewasa

1. "Dewasa itu bukan berapa umurnya, tetapi seberapa bisa ia mengontrol, mengendalikan, dan bertanggung jawab atas dirinya dan orang lain."

2. "Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal."

3. "Ketahuilah, kebahagiaan bukanlah milik mereka yang masih berharap, meski terus terluka serta masih berusaha, meski terus kecewa."

4. "Jangan memaksakan diri untuk bertahan yang terus-terusan membuatmu kecewa karena bisa jadi kamu sangat berharga bagi orang lain."

5. "Hidup tak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa."

6. "Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia sudah mulai bersikap dewasa."

7. "Permintaan maaf tidak selalu membuktikan kita salah, tapi itu menunjukan kedewasaan kita."

8. "Waktu adalah jalan yang akan menuntun kita menjadi lebih dewasa."

9. "Terkadang Tuhan mengenalkan padamu orang yang membuatu menangis agar engkau mensyukuri orang yang membuatmu tertawa."

10. "Sikap dewasa atau kekanak-kanakan seseorang akan terlihat ketika dia sedang menghadapi suatu masalah, bukan dari tua atau mudanya usia."

3 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Bersikap Dewasa

11. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu kuat dalam menjalani kehidupan."

12. "Jangan pernah Anda menghina masa lalu seseorang karena Anda tidak tahu bagaimana masa depannya nanti."

13. "Sikap dewasa itu bukan hanya dari bisa berbicara dengan pikiran tenang, tapi juga harus bisa menyelesaikan masalah yang ada, bukan malah mengabaikannya."

14. "Jangan membenci mereka yang berbicara buruk kepadamu karena merekalah yang buatmu makin kuat tiap hari."

15. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah."

16. "Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau buruknya."

17. "Kadang kala seseorang menilai kedewasaan seseorang dari kata-kata yang keluar dari mulutnya, padahal dewasa sesungguhnya tersimpan di pikirannya."

18. "Dewasa itu mengajarkan kita sesuatu yang benar dan tidak akan mengulangi hal-hal yang salah sebelumnya."

19. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

20. "Dewasa adalah saat kita disakiti orang lain, namun berusaha memahami situasi mereka, bukan malah membalasnya."

 

4 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Bersikap Dewasa

 

21. "Tanda kedewasaan pribadi secara utuh jika kita berhasil menentukan pilihan berdasarkan iman dan cinta."

22. "Kualitas sebuah pembicaraan adalah tidak dinilai dari seberapa banyak kamu berbicara. Namun, seberapa banyak orang yang memahami apa yang kamu bicarakan."

23. "Jangan pernah membenci Tuhan karena tidak memenuhi apa yang kamu inginkan. Bersyukurlah kepada-Nya karena Dia mampu memberikan apa yang kamu butuhkan selama ini."

24. "Mendoakan orang yang mencintai dan mengasihimu, itu ketulusan. Mendoakan orang yang menyakiti dan membencimu, itu kedewasaan."

25. "Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami pemikiran orang dewasa. Dan masalah adalah jalan untuk mendewasakan diri."

26. "Biarkan luka yang mendewasakanku. Biarkan perih yang melatih kesabaranku."

27. "Sudah biasa menghadapi penyesalan dan sudah siap menghadapi penyesalan penyesalan berikutnya, yang Insyaallah mendewasakan."

28. "Kedewasaan seseorang tidak diukur dalam cara berbicara dan tindakannya. Tapi, kedewasaan seseorang dapat diukur sampai sejauh mana dia bisa setia dan tulus hanya pada satu orang saja. Itulah arti kedewasaan dalam percintaan."

29. "Aku yakin setiap masalah yang pernah terjadi memberikan kita kedewasaan yang lebih. Dari situ aku belajar bahwa kebersamaan itu penting."

30. "Kedewasaan dilihat dari bagaimana seseorang mengelola rasa marahnya, bahkan kepada orang yang membuatnya begitu kecewa."

 

5 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Bersikap Dewasa

 

 

31. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

32. "Berhasil mengalahkan egomu, menjadikanmu dewasa. Berhasil mengalahkan orang lain, menjadikanmu pemenang. Tapi, memberhasilkan orang lainlah yang menjadikanmu pemimpin." - Mario Teguh

33. "Makin aku tumbuh dewasa, makin aku kurang mempedulikan apa yang orang katakan. Aku hanya memperhatikan apa yang mereka lakukan." - Andrew Carneige

34. "Cobaan, tekanan, dan penderitaan adalah proses menuju mental tangguh dan dewasa, sebagai modal berjuang lagi, meraih hidup yang lebih berkualitas." - Andrie Wongso

35. "Aku memang menjadi dewasa dengan mendadak karena kondisi. Jadi, kuputuskan untuk mengolah masalahku sendiri dengan dialog-dialog yang kubentangkan dengan diri sendiri." - Merry Riana

36. "Beranjak tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa, bijaksana, dan berprestasi itu pilihan." - Bambang Pamungkas

37. "Ketika saya berusia 5 tahun, ibu saya selalu mengatakan kepada saya bahwa kebahagiaan adalah kunci kehidupan. Ketika saya pergi ke sekolah, mereka bertanya kepada saya ingin menjadi apa ketika telah dewasa, saya menuliskan 'bahagia'. Mereka bilang saya tidak mengerti tugas yang diberikan, dan saya mengatakan kepada mereka, mereka tidak mengerti kehidupan." - John Lennon

38. "Kejadian besar selalu bisa membuat orang cepat dewasa. Mereka tidak bisa menghindar, tidak bisa melawan. Mereka hanya bisa memeluk semua kesedihan, memeluknya erat-erat." - Tere Liye

39. "Cinta itu layaknya sebuah persahabatan yang bergairah. Awalnya, sangat indah, seringkali panas dan kejam, tapi tetap saja bercahaya dan gemerlap. Seiring cinta bertumbuh, hati kita makin dewasa dan cinta kita menjadi bara, yang menyala-nyala dan tak terpadamkan." - Bruce Lee

 

Sumber: Sepositif, PosKata

 

Yuk, baca artikel kata-kata lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer