Sukses


7 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui, Tidak Sekadar Pelepas Dahaga

Bola.com, Jakarta - Bukan rahasia bila kelapa merupakan tanaman yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan, tak terkecuali airnya. Air kelapa merupakan minuman yang cocok di siang hari yang panas.

Air kelapa memiliki rasa yang manis dan segar sangat cocok untuk menghilangkan dahaga. Jenis minuman ini yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Meminum air kelapa muda diyakini bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai kandungan nutrisi, membuatnya tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan.

Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini sangat cocok untuk melembapkan kulit dan rambut kering. Sebenarnya, hal ini tidak begitu mengherankan, sebab banyak kita jumpai produk kecantikan dari bahan kelapa.

Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami. Selain itu, air kelapa juga memiliki nutrisi lain seperti lemak, protein, vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, mangan, natrium, dan kalsium.

Mau tahu apa saja khasiatnya? Berikut kumpulan manfaat air kelapa untuk kecantikan yang sayang dilewatkan, dikutip dari Klikdokter dan Doktersehat, Minggu (11/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Manfaat pertama mengonsumsi air kelapa dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas.

Oleh karena itulah perawatan dengan menggunakan air kelapa akan memberikan Anda kulit yang tampak lebih muda. Selain itu, sitikon yang ada di dalam air kelapa juga mencegah munculnya keriput, noda di wajah dan garis-garis halus.

2. Menghidrasi kulit

Air kelapa memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan ini diyakini bisa menghidrasi kulit.

Kulit tidak akan mudah mengering dan lebih sehat karena kelembapannya terjaga. Rutin mengonsumsi air kelapa satu di antara cara menjaga kelembapan kulit Anda.

3. Melembapkan kulit wajah

Manfaat selanjutnya air kelapa adalah sebagai perawatan wajah adalah untuk melembabkan kulit wajah. Khasiat ini cukup mudah Anda lakukan.

Anda tinggal membasuh wajah dengan air kelapa segar sambil digosok lembut. Dengan demikian kulit akan lebih lentur dan kencang dari sebelumnya.

Selain itu, Anda bisa meminumnya secara rutin agar kulit menjadi lebih lembap dan terlihat lebih awet muda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

4. Obat jerawat

Apakah Anda memiliki masalah pada kesehatan kulit wajah, seperti jerawat? Anda tak perlu khawatir.

Air kelapa dipercaya dapat menjadi obat alami atasi masalah jerawat. Caranya sangat mudah.

Siapkan air kelapa sebanyak 1 gelas, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah diparut dan simpan dalam lemari es semalaman.

Kemudian, saring campuran air kelapa dan bubuk kunyit dengan kain dan oleskan airnya pada permukaan kulit secara merata sambil digosok pelan. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

5. Mengatasi kulit berminyak

Selain mengatasi jerawat, air kelapa juga bisa mengatasi kulit berminyak. Memiliki kulit berminyak wajah Anda terlihat kusam dan bisa mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasinya, lakukanlah perawatan dengan cara membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin dan teratur 3 kali dalam satu minggu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

6. Hilangkan flek hitam

Anda bisa memanfaatkan air kelapa muda sebagai masker untuk menhilangkan flek hitam. Caranya, siapkan mentimun secukupnya, haluskan menggunakan blender sambil menambahkan 1 gelas air kelapa muda.

Setelah itu, aplikasikan masker air kelapa pada kulit wajah secara merata, dan biarkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

7. Suburkan rambut

Selain memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit, air kelapa juga bisa menjadikan rambut lebih subur. Air kelapa segar bisa berfungsi sebagai tonik penyubur rambut yang ampuh.

Nutrisi yang ada di dalam air kelapa juga membantu mengatasi rasa gatal dan ketombe. Gunakan air kelapa sebagai pengganti conditioner setelah mencuci rambut dengan sampo.

 

Sumber: Klikdokter, Doktersehat

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer