Sukses


10 Manfaat Rahasia Kayu Manis bagi Kecantikan dan Cara Mendapatkannya

Bola.com, Jakarta - Kayu manis merupakan satu di antara rempah-rempah yang terkenal dari Nusantara. Kayu manis telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu.

Kayu manis memiliki aroma harum yang khas. Tanaman ini kerap digunakan untuk meningkatkan aroma berbagai masakan dan membuat cita rasa lebih manis dan gurih.

Selain untuk pelengkap bumbu makanan, kayu manis juga bisa dijadikan obat-obatan tradisional berbagai penyakit. Kayu manis tinggi kandungan serat, mangan, kalsium, dan zat besi.

Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi diare, pilek dan flu, sakit perut, hipertensi, bronkitis, kehilangan nafsu makan, dan penyakit lain. Bahkan kayu manis juga berguna untuk mengatasi masalah kulit.

Tanaman yang dikenal dengan Dalchini ini juga mengandung sifat antimikroba yang bermanfaat bagi kulit dan kecantikan.

Jika Anda tak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk urusan perawatan kulit, menggunakan kayu manis bisa menjadi solusi. Selain murah, penggunaan kayu manis juga praktis dan mudah.

Berikut Bola.com merangkum manfaat kayu manis bagi kecantikan, disadur dari Brilio dan Liputan6, Rabu (14/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis bagi Kecantikan

1. Melembapkan kulit

Kayu manis dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga menghasilkan kulit yang lembap.

Gunakan campuran 3 tetes minyak atsiri kayu manis dan beberapa sendok makan petroleum jelly atau minyak zaitun. Oleskan pada kulit yang membutuhkan perawatan. Hindari daerah mata karena bisa menimbulkan sensasi terbakar.

2. Menyehatkan kulit

Berkat sifat antijamur dan antibakteri, kayu manis dapat membantu meningkatkan kulit wajah. Caranya sangat mudah, campur bahan-bahan terdiri dari pisang, bubuk kayu manis, yoghurt, dan jus lemon.

Lalu, tumbuk sampai rata dan lembut. Oleskan di wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

3. Membuat kulit bercahaya

Manfaat lain dari kayu manis adalah membuat kulit bercahaya. Yang harus Anda lakukan adalah cuci muka dan keringkan terlebih dulu. Hancurkan satu buah pisang matang, campurkan dengan 2 sdm yoghurt, 1/2 sdt bubuk kayu manis, dan 1/2 sdt jus lemon.

Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci bersih wajah dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis bagi Kecantikan

4. Merawat kulit kering

Kayu manis membantu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan kelembutan kulit. Untuk melawan kulit kering, Anda bisa menjadikannya sebagai scrub.

Caranya, dengan menggabungkan garam, minyak zaitun, minyak almond, madu, dan kayu manis bubuk. Oleskan campuran ini langsung ke kulit. Teknik ini akan membuat kulit menjadi terasa lebih tenang.

5. Lip balm alami

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, kayu manis juga bermanfaat untuk kecantikan bibir. Pelembab bibir atau lip balm dari kayu manis ini dapat dibuat sendiri di rumah.

Caranya, campurkan sedikit bubuk kayu manis dengan beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan pada bibir sebagai lip balm seperti biasanya. Lip balm kayu manis dapat mencegah menjaga bibir pecah-pecah dan kering.

6. Meningkatkan kualitas pertumbuhan rambut

Jika Anda ingin setiap hari punya rambut yang indah, kayu manis bisa jadi pilihan yang tepat. Kayu manis dapat membantu membersihkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Caranya, campurkan 1 sdt bubuk kayu manis, 1 sdt madu, 1 sdm minyak zaitun, dan satu butir telur. Aduk rata, lalu oleskan sembari pijat rambut secara perlahan. Diamkan selama lebih dari 20 menit. Setelah itu cuci bersih rambut seperti biasanya. Gunakan cara ini untuk mendapatkan efek yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis bagi Kecantikan

7. Mengobati eksim

Eksim adalah suatu kondisi di mana kulit meradang dan teriritasi. Kondisi kulit seperti itu dapat meninggalkan bercak berwarna terang. Kayu manis bisa membantu mengatasi masalah yang satu ini.

Caranya, campurkan satu sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada bagian yang sakit. Hasilnya bisa terlihat dalam seminggu.

Namun, sebelum mencoba menggunakannya, terlebih dulu coba pada area kecil kulit lalu langsung cuci. Jika berwarna merah, maka cara ini tidak cocok untuk tipe kulit Anda.

8. Menyembuhkan jerawat

Sifat antijamur, antioksidan, dan antibakteri dari kayu manis membuatnya berguna melawan jerawat dan cacat kulit. Cara kerja dengan membantu melancarkan aliran darah ke kulit.

Anda cukup mencampurkan madu dengan bubuk kayu manis dengan perbandingan 3:1. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kulit dan biarkan semalaman. Gunakan secukupnya saja, jangan lebih dari sekali seminggu.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis bagi Kecantikan

9. Mengurangi garis-garis halus

Kayu manis sangat bermanfaat untuk garis-garis halus. Pada dasarnya, rempah-rempah ini membantu merangsang pembuluh darah dan membawa darah ke permukaan kulit.

Caranya, campurkan 3-4 tetes minyak atsiri kayu manis dan 2 sdm minyak zaitun atau petroleum jelly. Oleskan pada area di mana terdapat garis-garis halus, hindari kontak langsung dengan mata. Diamkan selama 10 hingga 12 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

10. Meningkatkan pigmen kulit

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas pigmen atau warna kulit, segera siapkan kayu manis. Sifat antibakteri dan antijamur yang ada dalam rempah-rempah ini mampu membuat kulit jadi cantik.

Caranya, buatlah campuran pasta dari bubuk kayu manis, yoghurt, pisang matang, dan jus lemon. Oleskan pasta ini di wajah. Diamkan sampai wajah terasa kering. Kemudian, cuci wajah dengan air hangat.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Nur Luthfiana Hardian. Published: 13/12/2019), Liputan6.com (Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 10/1/2020).

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer