Sukses


8 Manfaat Sempurna Masker Kunyit untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Bukan hanya untuk mengobati penyakit saja, kunyit juga cocok untuk merawat kecantikan. Kunyit merupakan satu di antara bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai masker.

Ada beragam manfaat masker kunyit bagi kesehatan kulit yang sayang jika dilewatkan. Masker kunyit adalah satu di antara cara perawatan wajah yang telah dilakukan sejak zaman dahulu.

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Permasalahan wajah yang kerap muncul bisa diatasi dengan kunyit seperti jerawat, noda hitam, hingga komedo. Tak heran kunyit memiliki beragam manfaat, khususnya bermanfaat untuk kecantikan.

Jenis masker alami yang satu ini pun banyak diminati karena murah dan mudah didapat. Mau tahu apa saja manfaat kunyit untuk kecantikan?

Berikut ini berbagai manfaat masker kunyit untuk kecantikan, dirangkum dari Klikdokter dan DokterSehat, Rabu (14/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sempurna Masker Kunyit untuk Kecantikan

1. Membuat wajah cerah alami

Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Kedua kandungan ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah apabila digunakan dengan cara yang tepat.

Caranya, oleskan masker kunyit secara merata. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air mengalir setelahnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa menambahkan sedikit Greek yoghurt dan madu ke dalam masker kunyit.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Masker wajah berbahan kunyit diyakini dapat mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya. Kandungan antiinflamasi yang ada dalam kunyit dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah sehingga mampu membuat kulit lebih tenang dan mengurangi jaringan parut.

Bahkan, penggunaan kunyit yang diimbangi dengan gaya hidup sehat diyakini juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

3. Mengurangi kerutan di wajah

Jika Anda memiliki masalah seperti munculnya kerutan di wajah, mengaplikasikan masker kunyit bisa menjadi solusi. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada kunyit diyakini mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Tak hanya itu, penggunaan masker kunyit juga diyakini efektif untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sempurna Masker Kunyit untuk Kecantikan

4. Mengatasi hiperpigmentasi kulit

Sebuah penelitian menyatakan penggunaan masker kunyit selama empat minggu mampu membantu mengatasi munculnya noda gelap di wajah akibat hiperpigmentasi.

Penggunaan masker kunyit ke kulit dapat mengurangi hiperpigmentasi hingga 14 persen.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat selanjutnya dari masker kunyit sangat berguna bagi Anda yang memiliki jerawat membandel. Cobalah menggunakan masker kunyit.

Kandungan antioksidan yang ada pada kunyit dipercaya bisa mengatasi masalah serius pada wajah. Selain itu, masker kunyit bisa membatasi produksi minyak pada wajah yang merupakan biang kerok tumbuhnya jerawat.

6. Mengatasi hirsutisme

Mungkin dari sebagian Anda kurang populer dengan kata hirsutisme. Hirsutisme merupakan kondisi di mana rambut wajah berlebihan, seperti munculnya rambut dan kumis tipis pada wanita.

Hirsutisme disebabkan dari ketidakseimbangan hormon. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah menggunakan masker kunyit.

Caranya, dengan mengaplikasikan masker kunyit yang sudah ditambahkan dengan yoghurt dan jus lemon secukupnya ke permukaan wajah. Diamkan selama 10 menit hingga masker terasa kering dan bilas wajah menggunakan air hangat.

Bahkan mengonsumsi kunyit dapat mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sempurna Masker Kunyit untuk Kecantikan

7. Menyamarkan kantong mata hitam

Memiliki kantong mata yang menghitam atau mata panda dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir.

Memanfaatkan khasiat masker kunyit bisa mengatasi masalah kantong mata hitam. Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit.

Pengaplikasian masker kunyit ke wajah mampu merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

8. Mengatasi kulit kering

Kunyit secara alami bisa melembapkan dan merevitalisasi kulit sambil mengurangi gejala kulit kering. Khasiat ini juga dapat mempercepat proses menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit sehat dan lembut, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

 

Sumber: Klikdokter, DokterSehat

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer