6 Manfaat Jeruk bagi Kecantikan, Membuat Kulit Semakin Cerah

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 18 Okt 2020, 19:20 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 19:20 WIB
buah jeruk
ilustrasi buah jeruk/Photo by Anna Tukhfatullina Food Photographer/Stylist from Pexels

Bola.com, Jakarta - Jeruk merupakan satu di antara jenis buah-buahan yang cukup mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia. Buah tersebut juga sangat digemari masyakarakat.

Jeruk kaya akan vitamin C yang berguna bagi kesehatan tubuh dan kulit. Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman.

Meminum jus jeruk sangat menyegarkan ketika siang hari. Sementara untuk malam hari, kamu bisa mencampurkan jeruk dengan jahe, asam jawa dan gula aren atau batu sebagai minuman hangat.

Selain daging buah, kulit jeruk juga memiliki manfaat bagi kulit. Kulit jeruk mengandung 136 mg vitamin C, lebih tinggi kadar dibandingkan daging buahnya yang hanya mengandung 71 mg. Kulit jeruk juga mengandung flavonoid dan berbagai fitokimia yang penting bagi tubuh.

Jadi, siapa menyangka, bagian yang biasa dibuang itu ternyata memiliki manfaat untuk tubuh, khususnya perawatan kecantikan. Bila Anda memiliki kebiasaan membuang kulit jeruk, kini perlu dipikir terlebih dahulu sebelum melakukannya lagi.

Berikut manfaat jeruk bagi kecantikan disadur dari Merdeka dan Liputan6, Minggu (18/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk bagi Kecantikan

Gambar Ilustrasi Buah Jeruk
Ilustrasi buah jeruk. Sumber: Unsplash

1. Melawan jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami semua orang. Jerawat di wajah kerap memunculkan rasa minder.

Anda bisa melawan jerawat dengan menggunakan jeruk. Buah ini kaya akan kandungan asam sitrat dan asam amino yang tinggi. Kandungan tersebut efektif untuk mengeringkan jerawat.

Buatlah masket wajah dengan cara menggiling kulit dan buah jeruk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah kamu. Setelah beberapa menit, bilas dengan air.

Selain ampuh melawan jerawat, jeruk juga membantu mengatasi kulit berminyak.

2. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat kotor karena terlalu banyak menangkap polusi. Anda bisa mengecilkan pori-pori di wajah dengan menggunakan jeruk.

Anda hanya perlu perlu mengoleskan jus jeruk atau masker jeruk ke wajah, biarkan selama beberapa menit sebelum membilas dengan air dingin. Setelah itu kamu akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Selain mengecilkan pori-pori, jeruk juga bisa mengangkat komedo yang membandel.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk bagi Kecantikan

Jeruk dan Brokoli
Ilustrasi jus jeruk. Credit: unsplash.com/Breakingpic

3. Mencerahkan kulit

Tak hanya daging buah yang berguna bagi tubuh, kulit jeruk juga bermanfaat bagi kulit. Kulit jeruk memiliki agen pemutih alami yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit dan juga mengurangi belang di kulit.

Peras dan gosok kulit jeruk segar pada kulit secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Bilas wajah dengan air dingin setelah memijat kulit Anda dengan air jeruk segar selama sekitar 15 menit.

4. Mencegah penuaan

Selain mencerahkan kulit, kandungan vitamin C dalam jeruk juga dapat dijadikan perawatan anti-aging pada kulitmu. Kandungan tersebut dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan bintik-bintik hitam di wajah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk bagi Kecantikan

Ilustrasi Jeruk
Ilustrasi jeruk (dok. Pixabay.com/pixel2013/Putu Elmira)

5. Toner

Kulit jeruk juga berguna sebagai toner alami. Anda hanya perlu memasukkan ulit jeruk ke dalam air mendidih dan biarkan selama semalam. Kemudian saring airnya dan simpan di lemari es untuk menggunakannya sebagai toner wajah.

Penggunaan rutin akan meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih bersinar.

6. Kondisioner alami bagi rambut

Jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner agar rambut semakin halus dan mengkilap. Anda hanya perlu mencampurkan jus jeruk dengan air dan madu.

Setelah itu, oleskan pada rambut, pijat perlahan, diamkan sejenak lalu bisa dengan air dingin.

 

Disadur dari Merdeka (Penulis: Destriyana. Published: 16/8/2014), Liputan6 (Penulis: Gilar Ramdhani. Published: 28/8/2020).

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓