Sukses


6 Manfaat Sempurna Wortel untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Wortel merupakan satu di antara jenis sayuran populer bagi keluarga di Indonesia. Hampir setiap ibu rumah tangga menyetok wortel di dapur untuk diolah menjadi masakan sehari-hari.

Wortel tak hanya sekadar sayuran favorit. Wortel memiliki dampak menyehatkan jika dikonsumsi secara bijak sesuai aturan.

Manfaat paling terkenal wortel bagi tubuh adalah menyehatkan mata. Hal itu karena sayuran satu ini tinggi kandungan vitamin A.

Wortel juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Wortel merupakan sumber serat alami, rendah kalori, dan memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Dengan berbagai kandungan penting di dalamnya, tak hanya berguna bagi kesehatan mata, wortel bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker, membantu pengobatan diabetes, serta menjaga kesehatan jantung dan otak.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsinya sebagai lalapan, mengolahnya menjadi jus atau campuran dalam salad dan sup.

Tak hanya itu, wortel juga memiliki manfaat mengagumkan untuk kecantikan. Anda bisa mendapatkan manfaatnya, satu di antara caranya dengan menjadikan wortel sebagai masker wajah atau mencampurnya dengan beberapa bahan alami lainnya.

Berikut beberapa manfaat wortel bagi kecantikan, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (20/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

1. Menyamarkan noda hitam

Pigmentasi berlebih di kulit dapat menyebabkan noda hitam. Anda dapat menyamarkannya dengan perawatan kulit. Gunakan serum natural yang dibuat dari campuran wortel, jus lemon, madu, dan olive oil.

Aplikasikan pada seluruh wajah hingga leher. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan noda hitam makin berkurang.

2. Menghilangkan kusam

Paparan sinar matahari menjadi satu di antara penyebab kulit kusam. Anda bisa mengatasinya dengan masker menggunakan bahan alami seperti wortel.

Campurkan jus wortel dengan putih telur dan yoghurt. Aplikasikan pada seluruh wajah, tunggu hingga 20 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat. Masker ini dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah merona.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

3. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Wortel dapat mengatasi kulit terbakar akibar paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin menggunakan masker wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat. Wortel juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

4. Kulit lebih bercahaya

Kulit bercahaya atau glowing akan membuat wajah Anda terlihat lebih muda dan segar. Vitamin C dan antioksidan pada wortel dapat membuat kulit terlihat sehat dan glowing.

Haluskan wortel, kemudian campurkan dengan madu. Aplikasikan pada wajah secara merata, biarkan hingga 15 menit. Setelah mengering, bilas wajah hingga bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

5. Untuk kulit berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih.

Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit. Wortel dapat membersihkannya secara mendalam dan mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

6. Mencerahkan bibir hitam

Wortel mengandung beta karoten yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sementara yoghurt mengandung lactic acid, yang membantu untuk mencerahkan kulit.

Campuran kedua bahan alami ini memberikan manfaat yang baik untuk menghilangkan bayangan hitam yang biasa berada di bagian atas bibir.

Blender wortel dan tambahkan yoghurt. Aplikasikan pada bagian atas bibir. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Meita Fajriana, Editor: Nabila Mecadinisa. Published:4/6/2018)

Video Populer

Foto Populer