Sukses


10 Manfaat Susu bagi Kecantikan dan Cara Penggunaannya

Bola.com, Jakarta - Susu merupakan satu di antara sumber nutrisi paling lengkap bagi kesehatan manusia. Dalam segelas susu mengandung kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, D, B6, B12 serta protein.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, susu juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan.

Mendengar khasiat susu bagi kecantikan, kita pasti akan mendengar sebuah kisah klasik dari tanah Mesir. Kleopatra, sang penguasa terakhir kerajaan Wangsa Ptolemaios, pernah diceritakan mandi dengan air susu agar memiliki kulit yang sehat.

Susu mengandung senyawa laktosa yang dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, menghilangkan bekas jerawat, menyehatkan rambut, hingga mencerahkan kulit.

Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering dan pori-pori membesar, sangat dianjurkan menggunakan susu sebagai bahan perawatan kulit.

Berikut Bola.com merangkum manfaat susu bagi kecantikan dan cara penggunaannya, dikutip dari Hallosehat dan Brilio, Selasa (20/10/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Susu bagi Kecantikan

1. Mencerahkan kulit

Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen. Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat.

Oleskan ke seluruh wajah Anda. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

2. Pembersih untuk kulit sensitif

Ketika kulit Anda iritasi, berhentilah memakai produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah Anda dengan susu dua kali sehari (jika kulit Anda tidak rawan berjerawat), lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Susu bagi Kecantikan

3. Anti-ageing

Susu dapat mengurangi keriput karena enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu. Anda bisa mencampur pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu.

Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit. Lalu, bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga mencerahkan wajah.

4. Mengecilkan pori-pori

Sour cream dan sour milk dapat membantu mengecilkan pori-pori. Jika Anda memiliki pori-pori yang besar dan terbuka, Anda dapat mengambil sour cream dan mengolesnya di muka dan leher. Seluruh produk susu dapat mengecilkan pori-pori yang besar.

4 dari 6 halaman

Manfaat Susu bagi Kecantikan

5. Pembersih dan exfoliator

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat.

Kulit Anda akan makin lembut dan bersinar. Caranya, yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah lima menit, bilas dengan air.

Anda juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

6. Kompres dingin untuk kulit terbakar matahari

Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi, pelembap, dan bahan lain untuk memperbaiki kulit. Hanya dengan menggunakan buttermilk langsung pada kulit akan membuat kulit terasa dingin dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

5 dari 6 halaman

Manfaat Susu bagi Kecantikan

7. Pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah

Susu merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjadikan kulit lembut dan bersinar.

Caranya adalah dengan mengoleskan susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Anda juga dapat mencampur dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering selama 10 menit.

8. Mengenyalkan wajah

Susu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat diperlukan untuk kecantikan wajah. Wajah akan tampak sehat dan kenyal jika Anda rutin menggunakan susu.

Caranya cukup mudah, ambil dua sendok makan bubuk susu murni, tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan madu plus kapsul vitamin E, aduk hingga merata kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

6 dari 6 halaman

Manfaat Susu bagi Kecantikan

9. Perawatan rambut kering dan kasar

Susu adalah anugerah untuk rambut kering dan kasar. Anda dapat menutrisi rambut dari dalam ke luar sekaligus membuat rambut Anda lembut dan halus hanya dengan mengoleskannya pada kulit kepala.

Atau, Anda juga bisa mencampurkan tiga sendok makan susu, setengah buah pisang, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun.

Masukkan semuanya ke blender, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas.

10. Perawatan rambut rontok

Untuk membuat masker perawatan rambut rontok, Anda membutuhkan kopi, yoghurt, telur, minyak almond, minyak zaitun, dan beberapa tetes susu mentah. Campurkan seluruh bahan-bahan, lalu gunakan di kulit kepala, diamkan hingga satu jam, setelah itu bilas dengan air hangat.

 

Sumber: Hallosehat, Brilio.net (Penulis: Lola Lolita. Published: 4/2/2019)

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer