Sukses


30 Kata-kata Mutiara tentang Pemimpin, Pemicu Semangat dan Menginspirasi

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara tentang pemimpin dapat membuatmu tahu makna sebenarnya dari apa itu pemimpin serta dapat memicu semangatmu untuk terus bergerak maju.

Melalui kata-kata mutiara tersebut kamu akan makin memahami apa yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin agar tidak salah dalam mengambil langkah.

Kekuatan sejati dalam sebuah kepemimpinan terletak pada mendengarkan dengan hati dan memiliki komitmen serta kerendahan hati dalam memimpin suatu umat atau organisasi.

Menjadi seorang pemimpin bijak tentu bukan hal yang mudah, tetapi bisa dilatih dan dikembangkan sehingga tumbuh menjadi seorang pemimpin yang disegani oleh banyak orang.

Semua orang dapat menjadi pemimpin. Namun, untuk pemimpin harus memiliki sifat-sifat, seperti dedikasi tinggi, rela berkorban, dan bisa mengayomi bawahan.

Pemimpin juga harus dapat memberikan contoh yang terbaik bagi anak buah yang dipimpinnya, bukan hanya sekadar memberi perintah.

Kamu dapat memahami makna dan tugas seorang pemimpin dengan membaca kata-kata mutiara tentang pemimpin.

Berikut 30 kata-kata mutiara tentang pemimpin, yang dapat kamu jadikan sebagai pelajaran, seperti dirangkum dari Titikdua dan Jagokata, Rabu (21/10/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Pemimpin

1. "Kamu tidak memimpin dengan menunjuk dan memberi tahu orang-orang untuk pergi ke sebuah tempat. Kamu memimpin dengan pergi ke tempat itu dan membuat contoh."

2. "Ketahuilah, setiap dari kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinanmu."

3. "Rencana yang baik adalah bentuk keputusan yang baik. Itu sebabnya perencanaan yang baik membantu untuk membantu impian yang sulit dipahami menjadi kenyataan. "

4. "Pemimpin tidak menciptakan pengikut, mereka menciptakan lebih banyak pemimpin."

5. "Kepemimpinan adalah kombinasi ampuh antara strategi dan karakter. Akan tetapi, jika kamu harus tanpa satu di antaranya, tanpalah strategi."

6. "Ikutilah seorang pemimpin ketika dia benar, tinggal bersamanya ketika dia masih benar, tetapi tinggalkan dia ketika dia salah. "

7. "Ketika kamu menerima peran kepemimpinan, kamu mengambil tanggung jawab ekstra untuk tindakanmu terhadap orang lain."

8. "Pemimpin yang sukses melihat peluang dalam setiap kesulitan, dalam setiap kesempatan."

9. "Kunci kepemimpinan yang sukses saat ini adalah pengaruh, bukan wewenang."

10. "Esensi dari kepemimpinan adalah bahwa kamu harus memiliki visi."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Pemimpin

11. "Seorang pemimpin yang baik harus terlebih dahulu mau dipimpin."

12. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator."

13. "Berhasil mengalahkan dirimu, menjadikanmu dewasa. Berhasil mengalahkan orang lain, menjadikanmu pemenang. Tapi, memberhasilkan orang lainlah yang menjadikanmu pemimpin."

14. "Pelajaran terpenting bagi calon pemimpin adalah kesanggupan menjadi rakyat. Barangsiapa sanggup menjadi rakyat yang baik, itulah pemimpin yang baik. Maksudnya, sikap mental seorang pemimpin haruslah sikap mental kerakyatan."

15. "Kalau rumah kebakaran, kamu harus belakangan menyelamatkan diri. Kalau musuh datang menyerang, kamu harus berdiri paling depan untuk menyongsongnya. Kalau panen melimpah, kamu harus belakangan makan. Itulah pemimpin."

16. "Di masa lalu, pemimpin adalah bos. Namun, kini, pemimpin harus menjadi partner bagi mereka yang dipimpin. Pemimpin tak lagi bisa memimpin hanya berdasarkan kekuasaan struktural belaka."

17. "Tak ada yang tiba-tiba bagi calon pemimpin bangsa, kecakapan bukan salinan genetika."

18. "Keberhasilan pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin."

19. "Beritahu kami agar tidak pernah lupa bahwa pemerintah adalah diri kita sendiri, bukan kekuatan asing di atas kita. Para pemimpin tertinggi demokrasi kita bukan Presiden dan senator dan anggota kongres dan pejabat pemerintah, tetapi para pemilih negeri ini."

20. "Jika pemimpin tidak harmonis, rakyat juga yang akan teriris."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Pemimpin

21. "Yang menjadi sumber dari permasalahan adalah pemimpin. Jika pemimpinnya benar, tentu bawahannya juga akan ikut benar."

22. "Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai. Kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya."

23. "Pemimpin yang enggan berbagi, sama saja ingin menang sendiri. Bila egoisme tak diakhiri, pasti ditutup dengan pecah kongsi."

24. "Seseorang yang ingin melakukan segalanya sendirian atau memonopoli pengakuan, tak akan menjadi pemimpin besar."

25. "Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, melewati jalan tersebut, dan menunjukkan jalan itu untuk orang lain."

26. "Tugas pemimpin negara ialah: membujuk, memimpin, berkorban, serta selalu mengajari rakyat. Tugasnya yang terpenting adalah mendidik."

27. "Pemimpin harus praktis dan realistis, namun harus berbicara bahasa visioner dan idealis."

28. "Jika tindakan-tindakanmu mengilhami orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, bekerja lebih, dan menjadi lebih baik, kamu adalah seorang pemimpin."

29. "Ciri seorang pemimpin yang baik akan tampak dari kematangan pribadi, buah karya, serta integrasi antara kata dengan perbuatannya."

30. "Bagaimanapun, masih baik dan masih beruntung pemimpin yang dilupakan oleh pengikut daripada seorang penipu yang jadi pemimpin, yang berhasil mendapat banyak pengikut."

 

Sumber: Titikdua, Jagokata

 

Yuk, baca artikel kata-kata mutiara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer