Sukses


9 Manfaat Kesegaran Teh Hijau bagi Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Teh hijau menjadi nama yang familier dan ngetren saat ini. Teh ini bisa diolah menjadi beraneka macam minuman yang digemari masyarakat, seperti matcha atau thai tea.

Teh hijau memiliki manfaat untuk kecantikan terutama bagi kulit dan rambut.

Teh hijau mengandung nutrisi yang sangat banyak, mencakup vitamin B, C, E serta kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, mangan, besi, dan selenium. Teh hijau mengandung asam amino dan senyawa pigmen, seperti klorofil dan karotenoid.

Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai senjata ampuh untuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penuaan dini.

Antioksidan pada teh hijau terdiri dari katekin dan polifenol yang bersifat antioksidan, antibakteri, antivirus, bahkan antikanker. Katekin juga bersifat antiradang yang efektif untuk memerangi berbagai masalah kulit.

Berikut Bola.com merangkum manfaat teh hijau, dikutip dari Alodokter dan Merdeka, Rabu (21/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan

1. Mengobati jerawat

Teh hijau mengandung bahan anti-septik, anti-inflamasi, sekaligus anti-bakteri. Ketiganya ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat, sekaligus menyembuhkannya lebih cepat.

Selain itu, kandungan dalam teh hijau efektif untuk mengurangi kelebihan sebum yang dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

Untuk mengambil manfaat dari teh hijau yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi teh hijau sebagai minuman. Namun, apabila Anda menginginkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengaplikasikannya langsung ke wajah sebagai masker.

2. Mengatasi rambut kusam

Teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut, sebab teh hijau mengandung polifenol, vitamin E, dan vitamin C, yang bisa menjadikan rambut berkilau.

Anda dapat menggunakan air seduhan teh hijau untuk bilasan terakhir setelah keramas.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan

3. Mengatasi kerontokan rambut

Senyawa dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), hormon yang berperan besar dalam menyebabkan rambut rontok. Komponen dalam teh hijau menyeimbangkan jumlah testosteron dalam darah agar tidak bereaksi dengan 5 - alpha reductase dan berubah menjadi DHT.

Hal ini juga membantu mencegah masalah rambut yang umum, seperti ketombe.

4. Mendinginkan kulit yang terbakar matahari

Kompres dingin terbuat dari kantong teh bekas pakai akan menghilangkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terpapar sinar matahari. Anti-inflamasi dalam teh hijau akan bekerja untuk mendinginkan sekaligus mencegah kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari.

4 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan

5. Mengurangi mata bengkak dan kantong mata

Kalau yang satu ini, Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Teh hijau dengan kandungan kafein di dalamnya dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan lingkaran gelap di sekitar mata.

Anda cukup menempelkan sekantong teh celup di area kantong mata secara rutin.

6. Tabir surya alami

Selain mengatasi kulit yang terbakar matahari, teh hijau bertindak sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Hal ini akan mencegah radikal bebas menyerang sel-sel kulit, yang aman juga berfungsi sebagai bahan anti-penuaan.

Itulah mengapa, jangan ragu untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur dengan cara yang benar.

Anda bisa membuat teh hijau tabir surya di rumah dengan merebus dua cangkir air dengan setengah cangkir daun teh hijau selama 5-10 menit dengan api sedang. Gunakan seduhan ini untuk membilas wajah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan

7. Mencerahkan wajah

Teh hijau dikenal menjadi minuman yang khas di Asia karena senyawa anti-oksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Di sisi lain, vitamin C dapat berfungsi untuk mencerahkan wajah.

Gunakan teh hijau sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat menambahkan air jeruk lemon atau madu untuk mendapatkan kulit wajah tampak bersinar dan tidak kusam.

8. Menyegarkan napas

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gigi dan napas tak sedap. Tiru kebiasaan orang-orang tua di Jepang yang sering berkumur dengan teh.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut dengan larutan teh hijau (1 kantong teh dalam 1 cangkir air). Berkumur dengan teh seperti ini juga akan membantu mengatasi peradangan dalam gusi atau sariawan dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda.

9. Menguatkan kuku

Tak hanya bawang putih dan garam, teh hijau ampuh untuk memperkuat kuku. Teh hijau mengandung nutrisi yang dapat membuat kuku Anda kuat dan sehat, serta dapat menghilangkan warna kuku yang kusam.

Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku dalam larutan teh hijau kental, sekali seminggu.

 

Sumber: Alodokter, Merdeka (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 8/11/2019)

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer