Sukses


30 Kata-kata Keren Santri, Sumber Inspirasi dan Motivasi

Bola.com, Jakarta - Santri adalah orang yang belajar ilmu agama di pondok pesantren. Kehidupan seorang santri di pondok pesantren menarik untuk dibahas. Tak hanya menuntut ilmu, sebagian besar santri juga diajari bagaimana cara menjalani hidup.

Mungkin sebagian orang menganggap anak santri hanya tinggal hanya di pondok sehingga kurang dalam pergaulan. Namun, jangan salah. Anak-anak santri tidak kalah gaul dibanding dengan anak-anak yang lainnya.

Di sisi lain, padatnya kegiatan dan relasi yang besar, membuat para santri sering berdiskusi atau bertukar pikiran.

Tak heran, mereka bisa merumuskan kata-kata keren. Kata-kata ini menjadi cerminan apa yang para santri pikirkan dan rasakan.

Walau kamu bukan santri, kata-kata keren ala santri ini bisa memberimu pembelajaran. Dengan memaknai berbagai kata-kata tersebut, kamu pun bisa mengarahkan jalan kehidupan menjadi lebih baik.

Kamu juga bisa menjadikan kata-kata keren santr itu sebagai status di media sosial dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 setiap 22 Oktober. 

Berikut kumpulan kata-kata keren santri, yang bisa kamu jadikan sebagai sumber motivasi, inspirasi, dan perenungan dalam menjalani kehidupan, dinukil dari PosKata dan Titikdua, Kamis (22/10/2020).

2 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Santri

1. "Lantunan Al-qur'an yang menggetarkan jiwa setiap saat di pesantren mengikis sedikit demi sedikit kemaksiatan dan kejahiliyahan yang dulu mencekam daerah sekitarnya." - Dian Nafi, Gus

2. "Di pesantren, gue belajar bahwa keberagamaan adalah sikap. Ia bukan hanya sebatas pikiran, tanpa perbuatan nyata. Bukan sekadar omong kosong tanpa realisasi. Keyakinan harus diterjemahkan ke dalam sebuah aktivitas. Keimanan harus membumi bukan melangit. Menjadi perbuatan-perbuatan baik." - Nailal Fahmi, Di Bawah Bendera Sarung

3. "Makanya, di pesantren kita diajarkan adab, bukan hanya ilmu. Kita harus tahu diri, kalau tidak tahu harus mengatakan tidak tahu." - Adian Husaini, Kemi: Cinta Kebebasan yang Tersesat

4. "Segerakan salat agar kau kembali bersemangat."

5. "Aku tak pernah memiliki kebijakan, aku hanya melakukan yang terbaik setiap kali dan setiap hari."

6. "Aku harap cinta kita seperti wakaf lazim, terhenti sempurna di akhir hayat."

3 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Santri

7. "Kami santri, tidak tahu apa itu individualis karena kami diajarkan bersama dan agamis."

8. "Orang yang niat belajar, apa pun akan jadi pelajaran. Tapi, orang yang tidak niat belajar, sedang belajar pun tidak akan jadi pelajaran."

9. "Ketika beban terasa berat, ingatlah kepada Sang Pemberi Rahmat. Segerakan salat agar kau kembali bersemangat."

10. "Kehilangan sandal di masjid hanyalah persoalan kecil. Persoalan yang lebih serius adalah di saat sandal kita tidak pernah berada di masjid."

11. "Jika cinta itu ilmu hadis, maka kualitas dan kekuatan cinta kita adalah hadis sahih yang sudah teruji dan terverifikasi oleh berbagai tempaan dan ujian."

12. "Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina, yaitu orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia, dan imam yang adil."

4 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Santri

13. "Bila ingin mendapat sesuatu, belajarlah dengan memberi, bila ingin kebahagiaan, berikanlah kebahagiaan itu kepada orang lain."

14. "Jika kita boleh memilih lima hal di dunia ini, maka pilihlah agama, harta, akhlak mulia, rasa malu, dan pemurah."

15. "Ambil dari dunia sesuatu yang bisa jadi bekal untuk akhirat nanti dan jangan mengambil dari dunia sesuatu yang bisa menghalangi Anda di akhirat nanti."

16. "Pesantren mengajarkanku tentang bagaimana untuk bersabar, bersabar menunggu giliran mandi karena penuh banget."

17. "Lulusan pesantren tidak cuma bisa jadi guru mengaji ataupun kyai! Tapi, juga bisa menjadi kalangan berdasi dan pengusaha yang mandiri."

18. "Awas santri saleh! Aku sudah tobat, jadi jangan diajak untuk maksiat."

5 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Santri

19. "Selama zaidun masih berdiri, kami akan terus mengaji."

20. "Hidup adalah perjuangan. Perjuangan adalah perang, perang melawan kebodohan."

21. "Allah tidak pernah lalai dengan semangatmu, usahamu, harapanmu, dan doa-doamu."

22. "Kami mungkin hanya golongan santri, namun cinta pada negeri suci tidak ternoda, hubbul waton minal iman."

23. "Sahabat yang hebat itu dia yang tahu kapan saatnya bercanda dan kapan saatnya serius."

24. "Jangan resah andai ada yang membencimu karena masih ramai yang mencintaimu di dunia. Tetapi, resahlah andai Allah SWT membencimu karena tiada lagi yang mencintaimu di akhirat."

6 dari 6 halaman

Kata-kata Keren Santri

25. "Sekecil apa pun peranmu dalam berdakwah, besar dampaknya bagi ummah."

26. "Bila ingin mendapat sesuatu, belajarlah dengan memberi. Bila ingin kebahagiaan, berikanlah kebahagiaan itu kepada orang lain."

27. "Ketika kita belajar memberi, kita belajar ketulusan dan ketika kita gagal, kita belajar kesabaran."

28. "Jangan hanya melihat wajahnya karena itu bisa menipu dan jangan hanya melihat hartanya karena itu bisa habis."

29. "Memaafkan tidak akan membuat kita hina, meminta maaf tidak meruntuhkan harga diri. Saling memaafkan membuat kita mulia."

30. "Kumandang azan itu pilihan, pilih salat atau disalati."

 

Sumber: PosKata, Titikdua

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata keren lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer