Sukses


Cara Membersihkan Sepatu agar Aman dari COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat seseorang menjadi lebih peduli dengan kesehatan dan lingkungan. Virus corona kali pertama menyebar dari Wuhan, China, Desember 2019 dan telah meluas ke seluruh dunia.

Masyarakat diminta untuk melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, masyarakat dituntut untuk mulai peduli dengan benda yang sering dipakai atau yang berada di lingkungan sekitar.

Mengutip Times of India, studi dari National Institutes of Health, Amerika Serikat, virus corona COVID-19 bisa tumbuh subur di atas kardus selama 24 jam, sedangkan pada baja dan plastik, virus dapat hidup hingga tiga hari.

Beberapa penelitian mengklaim virus corona juga dapat menempel di sepatu selama maksimal lima hari. Lantaran sebagian besar sepatu terbuat dari kulit, karet dan plastik, sepatu dapat menjadi pembawa virus.

Kebersihan sepatu menjadi penting karena kerap bersentuhan dengan kotoran dan kuman. Virus dan bakteri dapat berkembang biak di sepatu dan mungkin terbawa ke rumah.

Berikut tata cara pembersihan sepatu agar terhindar dari serangan virus corona penyebab COVID-19.

2 dari 2 halaman

Cara Mencuci Sepatu agar Terhindar dari Virus Corona

  • Lepaskan sepatu Anda sebelum memasuki rumah.
  • Cuci sepatu yang dipakai ke tempat-tempat umum dengan air dan sabun.
  • Sepatu yang bisa dicuci dengan mesin, juga bisa dibersihkan di mesin cuci.
  • Kulit dan bahan lain yang tidak bisa dicuci dengan air harus dibersihkan dengan benar menggunakan disinfektan.
  • Tempatkan sepasang sandal atau sepatu yang bersih di luar ambang pintu Anda dan ganti sebelum masuk ke rumah Anda.

 

Sumber: Times of India

Video Populer

Foto Populer