Sukses


9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang sehat adalah keinginan semua orang. Namun, banyak gangguan pada kulit wajah yang bisa dialami, termasuk jerawat.

Jerawat adalah satu di antara masalah kulit yang sering terjadi. Memiliki masalah seperti ini dapat mengganggu penampilan sehari-hari, yang dirasakan tidak hanya kaum wanita melainkan juga pria.

Dilansir dari Halodoc, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, jerawat adalah masalah kulit yang muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati atau sebum yang berlebih.

Umumnya jerawat yang muncul menyebabkan peradangan pada kulit, bintik gelap, dan terkadang menyebabkan rasa panas atau nyeri ketika disentuh.

Masalah ini bisa sangat menjengkelkan dan membuat Anda tidak nyaman.

Sebenarnya, cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan secara alami tanpa mengeluarkan biaya besar untuk ke pusat kecantikan.

Saat ini sudah ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah untuk diikuti. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di sekitar Anda.

Berikut Bola.com merangkum cara menghilangkan jerawat secara alami, dikutip dari Halodoc dan SehatQ, Senin (26/10/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Madu

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker madu. Madu merupakan bahan alami yang digunakan sebagai makanan dan pengobatan sejak dahulu kala.

Madu telah banyak diteliti dan terbukti memiliki banyak khasiat, termasuk dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis. Panaskan selama 30 detik dan diamkan sebentar.

Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Putih telur

Selai membantu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit, putih telur dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup membuat masker dari putih telur.

Aplikasikan masker putih telur ke area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak lama memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan campuran.

Lidah buaya cocok digunakan dalam menghilangkan jerawat. Menurut dokter kulit Fayne L. Frey, MD, FAAD menyatakan, 60 pasien jerawat yang juga menggunakan tretinoin (resep obat antijerawat) bernasib lebih baik ketika mereka juga menggunakan 50 persen gel lidah buaya selama delapan minggu.

Menurut ahli kulit, lidah buaya memiliki bahan aktif di dalamnya, yang terbukti secara klinis untuk meningkatkan penampilan kulit pada pasien.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

4. Tomat

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Perlu diketahui, tomat kaya vitamin A, vitamin CA, dan karoten yang merupakan antioksidan.

Kandungan tersebut akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat, yang seringkali sulit untuk dihilangkan.

5. Baking soda

Tak hanya digunakan sebagai bahan pembuat kue, baking soda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Manfaat ini karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbone, yang berfungsi mengelupas kulit mati saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup buat ramuan masker baking soda dengan mencampurkan dua sdm soda kue dan air bersih hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan ke kulit wajah secara merata.

Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bilas.

6. Kentang

Selain enak dibuat camilan, umbi-umbian ini bisa menghilangkan jerawatan dan bekasnya. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mineral pada kentang, yang mampu menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

7. Mentimun

Mentimun mengandung air yang tinggi dan memberikan efek dingin pada kulit wajah ketika diaplikasikan. Di samping itu, mentimun juga kaya vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Semua kandungan yang ada dalam ini mentimun sangat efektif untuk membasmi jerawat membandel. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengiris tipis mentimun, lalu letakkan pada wajah.

Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak. Mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

9. Kulit jeruk

Kulit jeruk berguna untuk meredakan jerawat dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya baik untuk regenerasi sel kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, parut kulit jeruk, lalu haluskan dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

 

Sumber: Halodoc, SehatQ

 

Dapatkan kumpulan artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer