Sukses


Penanganan Lansia dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona COVID-19 masih belum sirna dari muka bumi ini. Sebagian besar pasien yang riskan terkena virus ini adalah para lansia, terlebih yang memiliki riwayat penyakit tertentu, perokok, serta kaum pria.

Lansia rentan terpapar karena mengalami penurunan produksi hormon pada tubuh dan menurunnya fungsi organ-organ tubuh.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan para lansia yang telah memiliki penyakit tertentu, seperti kanker paru-paru dan diabetes, lebih rentan tertular karena kekebalan tubuh yang mereka miliki terus menurun.

Sama halnya yang lain, lansia berpotensi menghadapi tantangan dalam melewati masa sulit pandemi COVID-19.

Lansia juga merasa kehilangan kehidupan normal, akibat perubahan yang mendadak. Mereka tak bisa lagi sekadar bertatap muka dengan teman-teman, yang mungkin selama ini jadi satu di antara cara mereka mengisi waktu.

Terbatasnya aktivitas akibat karantina mandiri juga berpotensi membuat para lansia merasakan gangguan kesehatan mental, seperti kesepian.

Di sisi lain, lantaran perbedaan generasi, terkadang kaum lansia sulit untuk bisa mencerna beberapa imbauan yang diberikan pemerintah terkait upaya menjaga diri agar tidak terpapar virus corona.

Itulah mengapa kehadiran generasi yang lebih muda sangat diharapkan untuk bisa memberikan pemahaman kepada para lansia, orangtua maupun kakek dan nenek kita, seputar situasi yang terjadi saat ini.

Berikut Bola.com merangkum penanganan lansia dalam menghadapi pandemi virus corona COVID-19, dikutip dari Daily Caring.

2 dari 2 halaman

Penanganan Lansia dalam Hadapi Pandemi COVID-19

1. Awasi dan obati masalah tidur.

2. Memberikan hobi baru.

3. Jaga agar tetap aktif secara fisik.

4. Pastikan dalam keadaan sehat.

5. Tunjukan bahwa Anda mencintai mereka.

6. Mengawasi konsumsi obat mereka.

7. Memberikan perawat pribadi.

 

Sumber: Daily Caring

Video Populer

Foto Populer