Sukses


5 Pilihan Lokasi Liburan yang Aman Selama Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Anjuran untuk berdiam diri selama pandemi COVID-19 secara tidak langsung memengaruhi mental manusia. Namun, belakangan pemerintah mulai melonggarkan aturan tersebut seiring mulai dibukanya beberapa objek wisata.

Libur Panjang Cuti Bersama 28-30 Oktober 2020 bisa menjadi momentum yang tepat untuk sejenak melupakan aktivitas dan melakukan liburan. Pemerintah memang tidak melarang dan juga tidak menganjurkan masyarakat untuk melakukan liburan pada masa pandemi COVID-19.

Namun, ini menjadi momen yang tepat untuk menerapkan gaya liburan pada masa new normal. Masyarakat bisa berlibur tempat wisata yang daerahnya tidak terlalu jauh, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini harus dilakukan agar liburan yang Anda lakukan tak berakhir dengan musibah. Beberapa persiapan harus dilakukan demi kelancaran liburan seperti durasi, tempat, dan uang tunai.

Selain itu, jika memungkinkan Anda lebih baik menggunakan transportasi pribadi untuk mencapai lokasi liburan yang tidak terlalu jauh. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

Berikut adalah beberapa pilihan lokasi liburan yang bisa dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Lokasinya tak ramai dan relatif aman dari pandemi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Lokasi Wisata

Pantai

Berlibur di pantai relatif aman selama pandemi COVID-19 karena lokasi yang luas bisa memungkinkan Anda tidak harus berkerumun. Pilihlah lokasi pantai yang masih jarang terjamah oleh masyarakat awan.

Supaya mempersingkat waktu, pergilah ke pantai yang lokasinya tak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Untuk Anda yang berdomisili di Jabodetabek, pilihan pantai di utara Jakarta hingga pantai selatan di Sukabumi bisa menjadi alternatif.

Gunung

Berwisata di gunung cenderung aman dilakukan selama pandemi COVID-19. Anda bisa menikmani keindahan alam tanpa harus khawatir terpapar COVID-19 karena lokasi yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Namun, Anda tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang baik dengan mendirikan tenda yang memperhatikan jarak. Buat Anda yang bermukim di Jabodetabek, Gunung Gede Pangrango bisa menjadi pilihan karena sudah dibuka dan lokasinya tak terlalu jauh.

Curug atau Air Terjun

Lokasi curug atau air terjun biasanya terletak di alam. Sehingga Anda tidak perlu khawatir harus berkerumun dengan orang karena tempat semacam itu biasanya sangat luas.

Anda bisa menikmati keindahan air terjun sembari menyegarkan pikiran. Hal seperti ini tentu saja bisa membuat perasaan bahagia dan tenang sehingga menambah imun tubuh.

Kebun Binatang

Kebun binatang juga bisa menjadi pilihan wisata yang tepat selama pandemi COVID-19. Anda bisa melakukan kegiatan wisata sembari bercengkrama dengan hewan-hewan.

Kebun binatang biasanya memiliki tempat yang luas sehingga Anda tidak perlu berkerumun dengan orang lain. Meski begitu, Anda juga tetap harus menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Tempat Bersejarah

Berwisata ke tempat persejarah seperti musem dan candi masih relatif aman. Biasanya tempat wisata seperti ini kurang dilirik oleh masyarakat awam.

Hal itu bisa bermanfaat sehinga mencegah adanya kerumunan. Sembari berwisata, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah tempat tersebut.

Video Populer

Foto Populer