Sukses


7 Manfaat Mengejutkan Buah Bit bagi Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Buah bit merupakan bagian keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae sehingga bit masih satu keluarga dengan sayuran berakar, seperti lobak. Namun, dibandingkan "saudara-saudaranya", buah bit cenderung kurang familer bagi masyarakat Indonesia.

Bit dulu hanya sering diambil akarnya saja sebagai bahan pengobatan, namun seiring berjalannya waktu daging buah, batang, dan daun dari tanaman bit juga diambil untuk dimanfaatkan.

Banyak cara mengolah buat bit. Daging buahnya bisa dikusus, direbus, dan digoreng. Juga bisa dibuat menjadi jus dan salad. Warna ungu pekat dagingnya dimanfaatkan untuk pewarna makanan.

Bit mengandung banyak nutrisi yang baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti protein, serat, vitamin C, kalium, dan folat. 

Beberapa manfaat dari buah bit bagi kesehatan, di antaranya membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan hati dan kulit, mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi otak, hingga menyehatkan pencernaan.

Bit juga bisa bermanfaat bagi kecantikan, terutama setelah diolah dalam bentuk jus. Anda tertarik mendapatkan manfaat kecantikan dari bit?

Berikut ini penjelasan perihal manfaat buah bit bagi kecantikan, disadur dari Merdeka, Senin (26/10/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Bit bagi Kecantikan

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Minum jus bit secara teratur bermanfaat untuk pencegahan dan penyembuhan radang kulit, seperti jerawat dan bisul. Sifat anti-inflamasi dalam buah bit akan meringankan peradangan jerawat dari dalam.

2. Mempercantik kulit

Kulit yang kusam dan berjerawat bisa disebabkan karena darah yang kotor. Minum jus bit secara teratur dapat memurnikan darah dari dalam, membersihkan racun serta kelebihan air dari tubuh, memperbarui sel kulit yang rusak, dan memberikan nutrisi sehingga kulit akan tampil bercahaya dan sehat.

3. Mencegah penuaan dini

Memiliki antioksidan yang kuat, jus bit juga bisa melindungi kulit dari penuaan dini. Lycopene yang ditemukan dalam jus bit dapat mempertahankan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari yang keras.

Minum jus bit akan membantu menetralisir efek radikal bebas sehingga Anda bisa awet muda lebih lama.

4. Menjadikan kulit wajah bersinar

Anda juga dapat menambahkan jus bit ke dalam campuran masker yang biasa Anda pakai untuk memberikan nutrisi ekstra pada masker.

Kandungan dalam buah bit akan menghapus noda dan bintik-bintik gelap jika digunakan secara teratur selama satu bulan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Bit bagi Kecantikan

5. Memelihara kesehatan kulit kepala

Semua nutrisi dalam bit berperan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, kesehatan kulit terjaga.

Air perasan bit yang dicampur dengan cuka bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe dan pengelupasan. Kedua bahan tersebut akan membersihkan sel-sel mati yang berlebihan di kulit kepala dan meredakan gatal karena ketombe.

6. Menyuburkan rambut

Karotenoid dalam bit dapat meningkatkan ketebalan rambut dan memberikan kilau sehat pada batang rambut. Campur jus bit dengan parutan jahe dan pijat kulit kepala Anda dengan campuran ini. Itu akan mencegah rambut rontok dan kebotakan serta menjadikan rambut berkilau.

7. Pewarna alami

Anda yang ingin mewarnai rambut, tetapi memiliki kulit sensitif, rawan alergi terhadap bahan kimia dalam pewarna rambut, bisa memanfaatkan bit untuk mendapatkan warna rambut kemerahan alami.

Campurkan jus bit dengan henna sebagai pewarna rambut alami. Lantaran bebas kimia, pewarna rambut ini tidak akan membuat kulit iritasi dan menjaga rambut tetap sehat.

 

Sumber asli: Stylecraze

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 25/9/2014), (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 28/9/2014)

Video Populer

Foto Populer