Sukses


Tips Aman Berolahraga selama Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - COVID-19 merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan dan pernapasan tubuh. Itulah mengapa, beberapa orang yang memiliki imunitas rendah, lebih mudah terjangkit virus ini.

Olahraga merupakan satu di antara cara agar daya tahan tubuh meningkat. Maka dari itu, selama menjalani karantina mandiri, olahraga menjadi agenda yang penting.

Kita bisa mengambil contoh para atlet yang terpapar COVID-19. Ketika mereka menjalani karantina mandiri, fisik mereka tetap dilatih dengan frekuensi yang tepat agar daya tahan tubuh menjadi meningkat dan bugar.

Maka, sering kali kita mendapat informasi, para atlet sepak bola dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina mandiri selama beberapa minggu atau bahkan beberapa hari.

Berikut tips berolahraga di tengah pandemi COVID-19 menurut Tamara Hew-Butler, asisten profesor kedokteran di Wayne State University, dilansir dari Science Alert.

2 dari 2 halaman

Tips Aman Berolahraga selama Pandemi COVID-19

  1. Lakukan aktivitas fisik sedang selama 20-45 menit, tiga kali seminggu.
  2. Usahakan melakukan latihan kekuatan atau fitnes selama masa isolasi diri.
  3. Hindari kontak fisik selama berolahraga, misalnya memainkan olahraga tim, karena ini bisa membuat Anda terpapar cairan mukosa atau kontak langsung dengan orang yang mungkin terinfeksi.
  4. Cuci dan desinfeksi peralatan olahraga Anda setelah digunakan.
  5. Berkomunikasi dengan rekan satu tim melalui media sosial daripada bertemu langsung.
  6. Makan dan tidur cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Tetap optimistis pandemi COVID-19 akan berlalu.

 

Sumber: Science Alert

Video Populer

Foto Populer