Sukses


30 Kata-kata Bijak tentang Kebaikan, Bahan Perenungan dan Sumber Inspirasi

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang kebaikan dapat kamu jadikan sebagai bahan perenungan bahwa hidup di dunia ini kita harus selalu menebar kebaikan, demi kehidupan yang lebih baik.

Melalui kata-kata bijak tersebut kamu akan memahami bahwa kebaikan adalah suatu hal yang harus dilakukan dalam berhubungan dengan sesama manusia.

Dalam hidup di dunia ini, sebagai makhluk sosial kita tidak dapat hidup sendirian. Kita membutuhkan bantuan orang dan sebaliknya.

Berbagi kebaikan tidak harus selalu dengan kelimpahan materi atau uang, melainkan juga dalam bentuk lainnya, seperti canda dan tawa kepada mereka yang sedang bersedih serta perhatian bagi yang sedang kesusahan.

Kebaikan yang kamu lakukan juga merupakan wujud kasih sayangmu terhadap orang di sekitarmu, terutama bagi keluarga, kerabat, teman, dan sahabat.

Ada banyak hal yang dapat kamu jadikan sebagai dorongan agar selalu berbuat kebaikan terhadap sesama, satu di antaranya dengan membaca dan meresapi kata-kata bijak tentang kebikan.

Berikut 30 kata-kata bijak tentang kebaikan, yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk berbuat baik, seperti dikutip dari Jagokata, Selasa (27/10/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Kebaikan

1. "Jangan biarkan setiap orang yang datang padamu, pergi tanpa merasa lebih baik dan lebih bahagia. Jadilah ungkapan hidup dari kebaikan Tuhan. Kebaikan dalam wajahmu, kebaikan dalam matamu, kebaikan dalam senyummu."

2. "Kebaikan satu-satunya adalah pengetahuan dan kejahatan satu-satunya adalah kebodohan."

3. "Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian kamu dapat."

4. "Janganlah kehilangan rasa percaya diri, hanya karena komentar jiwa-jiwa kecil yang iri dengan kebaikan hidupmu."

5. "Jauhilah dengki karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

6. "Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup."

7. "Apa pun kata-kata yang kita ucapkan, kata-kata tersebut harus dipilih dengan hati-hati karena orang lain akan mendengar kata-kata tersebut dan terpengaruh oleh kata tersebut demi kebaikan atau keburukan."

8. "Wangi bunga menyebar hanya mengikuti arah angin. Tapi, kebaikan seseorang menyebar ke semua arah."

9. "Tunjukkan kegelapan dan aku bisa melihat cahaya. Tunjukkan semua keburukanmu dan aku masih bisa melihat kebaikan yang tersisa."

10. "Agama saya sangat sederhana. Agama saya adalah kebaikan."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Kebaikan

11. "Kejujuran adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan kita untuk bersyukur pada hidup kita sendiri dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang."

12. "Seseorang yang benar-benar tidak berdosa, mengorbankan diri demi kebaikan orang lain, termasuk musuh-musuhnya, dan menjadi tawanan dunia. Itulah cinta sempurna."

13. "Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya - hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang."

14. "Nggak ada istilah bohong untuk kebaikan, karena sebuah kebohongan adalah pembelokan dari kebenaran. Saat kebenaran belok, itu bukanlah sebuah kebaikan lagi."

15. "Biasakanlah untuk jujur karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan."

16. "Derajat kebaikan seorang hamba yang paling tinggi adalah yang hatinya dapat terpuaskan oleh Tuannya Yang Maha Benar sehingga dia tidak membutuhkan perantara antara dirinya dengan Tuannya itu."

17. "Kebaikan itu layaknya para petapa yang selalu muncul dalam kelompok. Sebuah prinsip yang baik tidak pernah sendirian di hati."

18. "Saya tidak menyukai kekerasan karena ketika kekerasan digunakan untuk melakukan kebaikan, kebaikan itu hanyalah sementara, kejahatan yang dilakukannya permanen."

19. "Ada dua hal yang harus kamu lupakan: Kebaikan yang kamu lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepadamu."

20. "Jika engkau menginginkan kebaikan, segeralah laksanakan sebelum engkau mampu. Tetapi, jika engkau menginginkan kejelekan, segeralah hardik jiwamu karena telah menginginkannya."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Kebaikan

21. "Dosa kita lebih mudah untuk diingat dari pada kebaikan kita."

22. "Hendaklah kita tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun, meski hanya menemui saudara kita dengan wajah yang berseri."

23. "Pembenaran berarti pengenyahan kejahatan manusia dan pelimpahan kebaikan Allah."

24. "Tidak ada kebaikan yang bisa kita dapatkan dari sebuah perpecahan, maka kunci menghindari perpecahan adalah mensyukuri perbedaan."

25. "Jadikanlah kebaikan sebagai panggilan jiwamu agar Tuhan selalu memanggilmu saat ada kebaikan yang harus dilakukan."

26. "Kebaikan adalah bahasa di mana yang tuli bisa mendengar dan yang buta bisa melihat."

27. "Tunjukkan dan lakukan kebaikan sekarang juga, dan jangan tunda atau diabaikan karena waktu tidak akan sama lagi."

28. "Ada kebaikan dalam pekerjaan dan ada kebaikan dalam istirahat. Gunakan keduanya dan jangan abaikan keduanya."

29. "Kebaikan buat masyarakat itu bergantung kepada watak masyarakat dan didikan masing-masing orang."

30. "Tidak ada kesederhanaan yang sama dengan sebuah pikiran yang seimbang, dan tidak ada kebahagiaan yang sama dengan kepuasan, tidak ada penyakit layaknya ketamakan, dan tidak ada kebaikan yang sama dengan kasih sayang."

 

Sumber: Jagokata

 

Yuk, baca artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer