Sukses


9 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dan Mudah Didapat

Bola.com, Jakarta - Dilansir dari laman Hellosehat, warna alami gigi manusia putih cenderung kekuningan. Hal tersebut disebabkan karena lapisan gigi (enamel) berwarna putih kebiruan dan lapisan dentin yang ada di bawahnya berwarna kuning.

Memiliki gigi putih dan bersih menjadi dambaan semua orang. Memiliki barisan gigi putih bersih tentu dapat menunjang penampilan serta senyum Anda.

Tak sedikit orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan gigi putih. Bahkan, ada pula yang mengeluarkan biaya mahal ke dokter untuk melakukan pemutihan gigi.

Punya gigi kuning membuat Anda merasa tidak nyaman. Gigi bisa berubah warna karena berbagai alasan. Mulai makanan dan minuman, perubahan warna dentin, hingga kebiasaan merokok, perubahan warna gigi terkadang bisa cukup mengganggu.

Namun, tidak perlu cemas. Banyak cara untuk mendapatkan gigi yang putih.

Memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami tanpa biaya mahal. Bahan-bahan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan area mulut, termasuk memutihkan gigi.

Berikut beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang dapat dilakukan, dilansir dari Hellosehat dan Gooddoctor, Senin (2/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi

1.  Baking soda dan jus lemon

Cara pertama yang bisa Anda terapkan, yakni dengan menggunakan ramuan campuran baking soda dan jus lemon. Baking soda memiliki tekstur sedikit kasar yang dapat mengikis noda menempel di gigi.

Di samping itu, baking soda bersifat basa yang bisa menetralkan asam di mulut akibat residu makanan dan bakteri. Jus lemon ditambahkan berfungsi sebagai agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih.

2. Minyak kelapa

Bahan alami kedua yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi adalah minyak kelapa. Cukup berkumur menggunakan minyak kelapa dipercaya banyak orang dapat memutihkan gigi.

Walau memiliki rasa yang kurang enak, minyak kelapa terbukti efektif mengembalikan warna gigi Anda. Hal ini didukung karena minyak kelapa memiliki kandungan lauric acid di dalamnya.

Kandungan ini berperan sebagai pembasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Minyak kelapa juga akan menjaga kesehatan gusi dan bau mulut tetap segar.

3. Daun sirih

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pemutih alami adalah daun sirih. Daun sirih sudah lama dipercaya sebagai bahan untuk membersihkan gigi.

Berbagai macam kandungan yang ada dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup menggosokkan 1-2 helai daun sirih segar ke bagian gigi secara merata.

Anda juga bisa merebusnya kemudian digunakan sebagai obat kumur.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi

4. Cuka apel

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui cuka apel bisa digunakan sebagai bahan alami pemutih gigi. Berbagai macam kandungan di dalamnya dipercaya baik untuk mengembalikan warna gigi Anda.

Anda cukup menggosokkan satu sendok teh cuka apel pada gigi Anda secara merata.

5. Stroberi

Tak hanya memiliki rasa yang manis, stroberi yang memiliki rasa sedikit asam ini dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya dengan menggosok-gosokkan bagian luar buah ini ke area gigi Anda.

Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda serta kotoran yang menempel pada gigi Anda.

6. Nanas

Nanas dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami. Kandungan bromelain yang ada di dalamnya efektif menghilangkan noda yang ada di gigi Anda.

Namun, perlu Anda ketahui penggunaan nanas sebagai bahan alami memutihkan gigi masih perlu penelitian lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi

7. Kulit pisang

Mungkin kebanyakan orang akan membuang begitu saja kulit pisang dan hanya mengonsumsi dagingnya saja. Padahal, kulit pisang memiliki manfaat yang tak terduga.

Kulit pisang bisa digunakan sebagai bahan alami pemutih gigi. Kulit pisang memiliki kandungan antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Tak hanya itu, kulit pisang juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang membantu memutihkan gigi.

8. Kulit jeruk

Selain kulit pisang, Anda juga bisa memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk secara alami. Kandungan vitamin C yang ada di dalam kulit jeruk membantu menjaga gigi dari bakteri jahat.

9. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit dipercaya bisa memutihkan kulit secara alami. Untuk mendapatkan manfaat ini, kunyit bisa diolah menjadi minyak kunyit.

Memiliki kandungan vitamin C, selenium, dan magnesium, kunyit mampu membantu mencerahkan gigi dan menjaga kesehatan mulut serta gigi.

Kandungan antiinflamasi pada kunyit juga bisa membantu meredakan, mencegah masalah pada area mulut, dan membantu menghilangkan plak pada gigi.

 

Sumber: Hellosehat, Gooddoctor

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer