Sukses


Didukung Sumber Daya Mumpuni, Bali Punya Potensi Jadi Wisata Medis

Bola.com, Jakarta - Siapa tak tahu Bali. Image destinasi wisata leisure yang menawarkan keindahan alam atau wisata budaya yang kuat begitu lekat dengan Bali selama ini. Namun tahukah Anda. Ternyata, ada diversifikasi wisata lain yang jarang diketahui oleh turis domestik, yakni wisata medis.

Putu Deddy Suhartawan, General Manager Indonesia Medical Tourism Board (IMTB) Bali Nusra, mengatakan Bali berpotensi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata medis karena didukung sumber daya yang mumpuni.

Sebanyak 280 rumah sakit di Bali sudah terakreditasi paripurna, sementara 30 rumah sakit sudah terakreditasi internasional. "Dan ada satu rumah sakit yang sudah disertifikasi ACHS, Australian Council Health Service. Satu-satunya di Indonesia," kata Putu Deddy Suhartawan mengutip Liputan6.com, Selasa (3/11/2020).

Menurut Deddy, Bali sejak peristiwa Bom Bali I dan II hingga sebelum pandemi Covid-19, terus membenahi diri, khususnya dalam aspek layanan kesehatan. Maka, tak heran bila banyak warga asing yang bersedia mencoba layanan medis sembari berlibur di Pulau Dewata. 

Jenis layanan kesehatan yang diakses wisatawan Bali beragam, tetapi yang utama adalah layanan kosmetik, baik untuk bedah plastik, face implant, face lift, liposuction, hingga yang bersifat non-invasif seperti suntik botox, filler, dan thread lift. Jumlahnya bisa mencapai 60 pasien per bulan dengan pendapatan mencapai Rp1,2 miliar.

"Tapi saat itu, masing-masing rumah sakit bergerak sendiri, secara sporadis. Yang akan kita lakukan sekarang adalah untuk koordinasikan, kolaborasikan, karena rumah sakit memang memiliki fasilitas layak dijual, biasa dengan pasien asing juga. Dikombinasikan dengan hotel," kata Deddy.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Target Turis Domestik

Tahun lalu, Australia, Tiongkok, dan India merupakan tiga teratas pelanggan wisata medis di Bali. Tetapi, pandemi tak memungkinkan wisatawan asing mengunjungi pulau tersebut sehingga IMTB pun menggeser sasaran ke wisatawan domestik.

"Apalagi kalau sekarang dipromosikan atau digaungkan untuk domestik. Potensinya ada. Mereka yang sering ke keluar negeri untuk mengecek kesehatannya, mau enggak mau kan nggak bisa ke luar," kata Deddy.

Rencananya, IMDB akan mempertemukan antara buyer dan seller wisata medis Bali di Jakarta. Pertemuan offline tersebut bakal digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Masing-masing calon peserta diwajibkan melampirkan hasil rapid test sebelum acara berlangsung untuk keamanan jalannya acara.

Video Populer

Foto Populer