Sukses


8 Manfaat Kopi untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Saat ini, kopi merupakan olahan minuman yang digemari banyak orang dan sedang menjadi tren bisnis. Kopi memiliki aroma yang khas dan banyak diolah menjadi aneka makanan, minuman, hingga aksesoris.

Mungkin bagi sebagian pencinta kopi telah mengetahui berbagai manfaatnya. Yang paling familier tentu manfaat kopi dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat membuat mata terjaga. Selain diminum, ada manfaat kopi lainnya yang berasal dari ampas sisa olahan.

Beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dalam berbagai bentuk produk kecantikan, seperti krim, masker hingga losion.

Kopi bisa manjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Dilansir dari Healthline, kopi merupakan sumber antioksidan. Kandungan antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Kopi juga mengandung nutrisi seperti vitamin B 2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (tiamin), vitamian B3 (niasin), folat, mangan, kalium, magnesium, dan fosfor.

Lalu apa saja manfaat lain dari kopi untuk kecantikan? Berikut manfaat kopi untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui, dikutip dari Healthline dan Medicalnewstoday, Rabu (11/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

1. Mengatasi mata panda

Masalah ini ditandai dengan kantong mata membesar dan adanya lingkaran hitam mengelilingi area mata. Mata panda kerap membuat seseorang kurang percaya diri.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup memanfaatkan kopi sebagai masker. Kopi diketahui memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan kafein yang ada di dalamnya dapat merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah. Ketika aliran darah lancar, kulit akan kencang dengan sendirinya.

Tak hanya itu, kandungan asam klorogenik juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata.

Anda cukup oleskan masker kopi di sekitar kantong mata. Tetapi, pastikan masker kopi tidak masuk ke mata.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi sangat berguna untuk membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Caranya, Anda bisa mengoleskan masker kopi ke seluruh badan sebelum mandi, kemudian tunggu hingga mengering, kemudian bilas sambil mandi.

3. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat

Manfaat kopi selanjutnya adalah mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat. Kondisi ini kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Seperti yang kita ketahui, jerawat terbentuk dari sel kulit mati dan wajah yang berminyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah kita sehingga mudah terjangkit bakteri.

Ketika jerawat muncul, Anda akan berusaha untuk menghilangkan dan mengatasinya dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan masker kopi untuk mengatasi masalah kulit ini. 

Kandungan antiinflamasi pada kopi mampu mengatasi masalah dari bakteri, termasuk jerawat ini sekaligus pembersih kulit wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

4. Agen antiaging

Kopi yang diolah menjadi masker wajah dapat melawan tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksidan yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Masker kopi juga dapat meregenerasi kulit karena mampu mengelupas dan mengangkat sel kulit mati. Penggunaan masker kopi dapat meningkatkan kadar kolagen dan mencegah penuaan dini.

Hal ini berarti, masker kopi memiliki manfaat untuk membuat kulit terlihat awet muda. Caranya, Anda hanya perlu menggosok kulit dengan masker atau scrub kopi tiga kali dalam satu minggu.

5. Menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut

Selain memiliki khasiat untuk kulit, kopi juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan rambut. Menerapkan masker kopi ke rambut bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala.

Cobalah membilas rambut dengan air kopi atau menggosok masker kopi ke kulit kepala sebelum keramas. Cara ini juga dapat membantu menggosok sel kulit mati dari kulit kepala.

6. Mengurangi peradangan

Manfaat selanjutnya dari kopi untuk kecantikan, Anda dapat mencampurkan kopi dengan garam laut sebagai masker. Hal ini dapat mengurangi peradangan karena kopi memiliki kandungan antiinflamasi, seperti kafein, asam klorogenat, serta melanoidin.

Ramuan ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan kekeringan pada kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

7. Menenangkan kulit

Mengonsumsi kopi dapat memberikan efek stimulan yang membuat kita terjaga. Hal ini juga dapat diaplikasikan pada kulit Anda.

Kopi dapat membantu menenangkan kulit. Mengaplikasikan scrub kopi dengan pijatan pelan, dapat memberikan efek kulit wajah menjadi lebih rileks.

8. Mengurangi selulit

Tak hanya dapat diaplikasikan di wajah, kopi dapat digunakan ke bagian tubuh lainnya. Kopi memiliki manfaat untuk membantu mengurang tampilan selulit pada kulit.

Anda cukup mengoleskan masker kopi pada kulit untuk mengatasi masalah selulit. Hal ini didukung kandungan eksfoliasi dalam kopi yang dapat menghaluskan kulit dan merangsang aliran darah.

 

Sumber: Healthline, Medicalnewstoday

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer