Sukses


Menpora Gelorakan Semangat Berolahraga Melalui Senam Sundul Langit

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat terobosan untuk menggelorakan semangat berolahraga masyarakat Indonesia. Kementerian yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, itu memperkenalkan sebuah gerakan yang diberi nama Senam Sundul Langit.

Kegiatan senam ini dikreasikan dengan gerakan-gerakan yang terdapat dalam unsur sepak bola. Contohnya adalah juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kiper, hingga selebrasi gol.

Zainudin Amali berharap Senam Sundul Langit bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Apalagi senam ini bermanfaat untuk kesehatan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi COVID-19.

"Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepak bola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet muda sepakbola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi," kata Zainudin Amali dalam rilis yang diterima Bola.com, Sabtu (14/11/2020).

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, menyebut tujuan Senam Sundul Langit untuk mengajak generasi muda berolahraga. Adaptasi gerakan sepak bola dianggap bisa menarik minat dari para pemuda Indonesia.

"Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepak bola yaitu karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kami harap anak muda melakukan senam secara rutin," ujar Isnanta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Promosi Piala Dunia U-20 2021

Usaha Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk kembali menggelorakan sepak bola di masyarakat tak terlepas dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Pemerintah tentunya ingin semua elemen bisa memberikan dukungan penuh kepada Timnas Indonesia yang akan berlaga dalam ajang tersebut.

Senam Sundul Langit diharapkan bisa mentransfer semangat kepada para pemain demi memetik prestasi tertinggi.

Selain itu, sebagai cabang olahraga paling diminati di Indonesia, sepak bola dianggap akan bisa dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Itulah kenapa gerakan-gerakan dasar sepabola diadaptasi dalam Senam Sundul Langit ini. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang digelar pada Mei-Juni 2021.

Video Populer

Foto Populer