Sukses


10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Cepat dan Mudah

Bola.com, Jakarta - Hidung tersumbat membuat kita tak bisa bernapas dengan nyaman. Orang mengalami gangguan tersebut lantas mencari cara mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat sering terjadi saat seseorang sedang pilek, flu, sinusitis, atau mengalami alergi (rinitis). Bernapas jadi sulit, bahkan sampai mengganggu waktu tidur.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat flu atau pereda hidung tersumbat. Padahal, masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk mengatasinya, tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.

Selain tidak menimbulkan efek samping berbahaya di kemudian hari, memanfaatkan bahan-bahan alami juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Anda bisa menemukan bahan-bahan alami tersebut di sekitar tempat tinggal Anda dengan harga yang relatif lebih murah.

Berikut cara mengatasi hidung tersumbat secara cepat, dikutip dari Klikdokter dan Merdeka, Rabu (18/11/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Kompres dengan handuk hangat

Anda bisa mengompres hidung dengan kompres hangat. Cara ini bisa membantu mencairkan lendir yang menyumbat lubang hidung.

Anda bisa menggunakan handuk kecil atau waslap yang dicelupkan ke dalam sebaskom air hangat, peras, kemudian letakkan di hidung dan dahi. Lakukan metode ini beberapa kali dalam sehari agar lendir mencair dan bisa dengan mudah dikeluarkan.

2. Pijat hidung

Terlihat sederhana, tetapi cara ini efektif melegakan dan merileksasi hidung yang tersumbat. Pemijatan beberapa bagian hidung dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi sekaligus membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di hidung.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memijat hidung dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

3. Hirup uap rebusan herbal

Cara selanjutnya adalah menghirup uap panas dari rebusan herbal yang memiliki aroma khas, seperti thyme dan mint.

Pertama, sediakan mangkuk. Masukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin (atau tiga kantong teh pepermin) ke mangkuk. Kemudian, seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung Anda terasa lebih baik.

Thyme bersifat antibakteri, sedangkan mint merupakan dekongestan alami yang dapat melegakan saluran pernapasan, dan kombinasi keduanya ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat.

Jika thyme tak tersedia, Anda bisa mengganti bahan tersebut dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

4. Konsumsi sup hangat

Saat menyantap sup hangat, umumnya posisi kepala cenderung condong ke depan agar dekat dengan mangkuk sup. Nah, banyak peneliti yang percaya hal ini bisa membuat lendir mudah keluar. Uap yang keluar dari sup pun bisa membantu melancarkannya.

Sup hangat juga dapat memberikan efek sugesti emosi yang positif sehingga tubuh lebih rileks, pikiran lebih tenang.

Jika konsumsi sup tak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan secangkir teh hangat yang dicampurkan madu, atau campuran air jahe dan madu.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengencerkan lendir kental yang menempel di belakang tenggorokan. Selain itu, bila hidung tersumbat juga disertai dengan gejala nyeri tenggorokan atau batuk, larutan garam dapat membantu menghilangkan kuman dan membantu meredakan gejala tersebut.

6. Jahe

Jahe terkenal memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh, sementara madu dan lemonnya akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tak terlalu pedas.

Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

7. Cokelat Panas

Cokelat panas ampuh melegakan hidung tersumbat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki dan sifat hangat yang merileksasi.

8. Semprotan saline

Larutan saline yang disemprotkan pada hidung akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Semprotan saline dapat kamu beli di apotek terdekat.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

9. Cuka apel

Satu di antara khasiat dari cuka apel, yakni dapat melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh mengencerkan lendir. Hanya, porsinya harus diperhatikan. Jangan berlebihan dan jangan kurang.

10. Teh herbal

Selain cuka apel, ada pula teh herbal yang bisa dipakai sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

 

Sumber: Klikdokter, Merdeka.com (Reporter: Novi Fuji Astuti. Published: 28/10/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer