Sukses


5 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Beberapa kaum hawa pasti pernah mencari cara memerahkan bibir secara alami. Memiliki bibir lembut dan berwarna merah alami merupakan suatu dambaan.

Selain meningkatkan penampikan, bibir merah juga sebagai tanda tubuh sehat dan terawat. Bibir yang pecah-pecah tidak enak dilihat dan kerap menyebabkan pendarahan.

Begitu pentingnya bibir bagi penampilan kaum Hawa, bahkan membuat orang rela melakukan berbagai cara memerahkan bibir.

Orang-orang juga rela merogoh kocek dalam untuk perawatan bibir, bahkan teknologi terbaru menawarkan sulam bibir agar tampilan bibir selalu merah dan bentuknya juga indah.

Namun, bagi anda yang tak memiliki finansial berlebih jangan khawatir. Ada cara alami memerahkan bibir tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Berikut cara memerahkan bibir secara alami dikutip dari Klikdokter, Sabtu (21/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir secara Alami

1. Campuran madu dan gula

Anda bisa menggunakan skrub madu dan gula pada bibir Anda. Campuran dua bahan ini sangat lembut, sehingga sangat cocok untuk kulit lembut bibir Anda. Skrub gula terkenal efisien dalam pengelupasan kulit. Skrub ini akan mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut.

Gula kaya antioksidan yang melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari. Asam glikolat yang ada dalam gula juga dapat melindungi dari racun.

Sementara itu madu adalah penjaga kelembapan alami. Cairan yang dihasilkan lebah ini membantu menjaga bibir yang terkelupas tetap terhidrasi dan sehat. Enzim yang ada dalam madu juga membantu mencerahkan warna kulit bibir Anda.

Cara menggunakan dua bahan ini, pertama campurkan 1 sendok makan gula merah dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk kecil. Lalu oleskan pada bibir dan pijat ringan selama 1 menit. Pijatan tidak hanya membantu pengelupasan kulit, tapi meningkatkan sirkulasi darah di bibir, menjadikannya lebih sehat dan lebih ringan seiring waktu.

Biarkan skrub di bibir Anda selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan air biasa. Lakukan langkah ini 2 atau 3 kali dalam seminggu.

3 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir secara Alami

2. Biji delima dan susu

Delima (pomegranate) bekerja sangat baik dalam mencerahkan bibir berpigmen. Biji buah ini mengandung senyawa yang disebut punicalagin yang mencegah produksi melanin. Biji delima juga mencegah bibir Anda menjadi lebih gelap ketika terkena sinar matahari.

Cara mengaplikasikannya, ambil segenggam biji delima, lalu giling. Campur biji delima halus dengan krim susu. Oleskan campuran ini ke bibir Anda. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Ulangi setiap hari selama sekitar satu bulan. Anda bisa melihat bibir Anda menjadi lebih merah muda.

3. Raspberry, Lidah Buaya, dan Madu Organik

Buah beri mengandung mineral dan vitamin penting untuk menjaga bibir Anda sehat dan merona. Dan, raspberry dapat mengubah bibir yang gelap menjadi bibir merah muda kemerahan.

Seperti disebut sebelumnya, madu adalah pelembap alami yang dapat melembutkan bibir Anda dan membantu mengembalikan warna merah muda alami. Adapun lidah buaya adalah bahan yang menenangkan, yang membantu bibir pecah-pecah dan teriritasi.

Lidah buaya juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari. Campuran ketiganya ampuh mengusir bibir kusam.

Ambil porsi yang sama dari raspberry, gel lidah buaya, dan madu organik ke dalam mangkuk. Blender ketiganya seperti membuat pasta. Oleskan pasta ini ke bibir Anda dengan pijatan lembut. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum Anda mencucinya. Cuci dengan air dingin dan keringkan.

4 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir secara Alami

4. Lemon dan minyak almond

Lemon adalah agen super pencerah kulit. Buah berasa asam ini efektif digunakan untuk menghilangkan kerusakan akibat sinar matahari pada bibir sekaligus meringankannya secara alami.

Untuk mencegah bibir mengering, diperlukan pelembap yang baik seperti minyak almond. Minyak almond melembapkan bibir Anda dari dalam dan membantu meratakan warna kulitnya.

Cara memakainya, peras setengah lemon dengan 1 sendok makan minyak almond. Campurkan keduanya dengan sendok. Ambil sedikit campuran lemon dan minyak almond dan oleskan ke bibir Anda lalu beri pijatan ringan.

Untuk hasil terbaik, ulangi proses ini setiap malam selama 3 hingga 4 minggu untuk melihat perubahan yang signifikan.

5. Lemon dan gula

Seperti sudah disebutkan, lemon adalah zat pencerah alami dan gula membantu melepaskan sel kulit mati. Asam sitrat dalam jus lemon membantu meringankan warna gelap bibir, yang pada akhirnya membuat bibir Anda terlihat merah muda.

Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan bahwa lemon bersifat asam dan tidak semua kulit cocok dengan sifat tersebut. Terlebih lagi bila Anda mempunyai kulit ekstra sensitif. Jika Anda mengalami iritasi saat menggunakan lemon, segera hentikan penggunaannya.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer