Sukses


8 Cara Mengecilkan Betis Secara Alami, Aman dan Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Memiliki tubuh yang indah merupakan impian hampir semua orang di dunia. Berbicara mengenai tampilan fisik, bukan hanya kulit dan rambut yang sering dikeluhkan, ukuran betis bisa menjadi satu di antara masalah, terutama kaum hawa.

Ukuran betis yang besar merupakan satu di antara masalah yang dihadapi kebanyakan wanita. Betis yang berukuran besar terkadang juga kerap membuat sebagian orang merasa tidak nyaman, meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan.

Selain mengurangi tingkat kepercayaan diri, betis yang besar juga menyusahkan wanita dalam berpakaian. Terdapat banyak penyebab mengapa betis menjadi besar, satu di antaranya dikarenakan oleh timbunan lemak pada betis.

Betis besar yang berlemak biasanya cenderung akan bergelambir alias tidak kencang. Punya betis yang kecil dan ramping bukan hal yang mustahil.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mengecilkan betis secara alami. Penasaran?

Berikut rangkuman cara mengecilkan betis secara alami, dikutip dari Hellosehat dan Stylecraze, Sabtu (21/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Betis Secara Alami

1. Olahraga aerobik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan betis melalui olahraga aerobik. Dilansir American College of Sports Medicine, melakukan olahraga aerobik mampu membakar lemak subkutan yang menumpuk di betis dengan cepat.

Anda bisa memilih jenis olahraga aerobik apa pun yang Anda sukai, mulai dari jalan cepat, lari, berenang, atau bersepeda. Lakukan olahraga tersebut selama 30 menit secara rutin sebanyak 5 kali seminggu.

2. Peregangan otot kaki

Cara mengecilkan betis tidak melulu harus melakukan olahraga yang berat. Anda bisa juga mengecilkan betis Anda dengan peregangan sederhana.

Cukup lakukan peregangan yang terpusat pada kaki dapat mengencangkan otot-otot paha hingga bokong tanpa membuatnya jadi besar.

3. Perhatikan jenis makanan

Tak hanya melakukan aktivitas olahraga, mengolah asupan makanan juga perlu diperhatikan, khususnya membatasi asupan makanan yang mengandung lemak.

Ketika Anda membatasi asupan lemak, maka tubuh akan membakar sisa-sisa lemak di tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk juga lemak di betis. Semakin banyak lemak di betis yang terbakar, maka ukuran betis Anda pun akan semakin berkurang.

Maka itu, pilihlah makanan yang padat gizi, rendah lemak, dan rendah kalori. Anda bisa memperbanyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Betis Secara Alami

4. Ubah cara berjalan

Kebiasaan jalan yang keliru bisa membuat betis seseorang menjadi besar. Kebiasaan jalan terburu-buru juga membuat betis membesar, karena tumit tidak sepenuhnya menjadi tumpuan.

Cara jalan yang baik adalah pastikan tumit kaki menapak pada tanah sebelum melangkah.

5. Hindari sepatu hak tinggi

Sepatu yang memiliki hak tinggi merupakan satu di antara penyebab otot betis Anda terlihat besar. Tak hanya itu, mengenakan sepatu hak tinggi tanpa bantalan yang benar bisa membahayakan pinggang dan punggung bagian bawah.

6. Lakukan yoga atau pilates

Yoga atau pilates diyakini cara lain untuk mengecilkan betis Anda. Cara ini bisa membuat otot semakin lentur, sehingga kaki menjadi lebih jenjang, dan betis pun tampak kecil.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Betis Secara Alami

7. Makan sedikit tapi sering

Pola makan juga mempengaruhi usaha dalam mengecilkan betis. Mempunyai pola makan yang sehat memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita satu di antaranya dapat mengontrol berat badan.

Dengan mengurangi porsi makan dan mengatur pola makan dapat membantu mengontrol berat badan tubuh. Apabila berat badan kita berkurang, lemak di betis pun ikut berkurang.

8. Mengkonsumsi lebih banyak air putih

Tak hanya sebagai pelepas dahaga, mengonsumsi lebih banyak air putih juga diyakini mampu mengecilkan betis. Air putih diketahui dapat mencegah timbulnya ratusan kalori yang dapat menyebabkan area betis membesar.

Anda bisa minum air putih setiap harinya sesuai dengan takarannya, yaitu 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter per hari untuk pria.

 

Sumber: Hellosehat, Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer