Sukses


6 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Melindungi Diri Sendiri dan Orang Terdekat dari COVID-19

Bola.com, Jakarta - Virus corona yang menyebabkan COVID-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda hilang. Hal itu ditunjukan dengan jumlah pasien COVID-19 yang masih meningkat.

Beragam cara dilakukan agar tidak terinfeksi virus yang diduga berasal dari Wuhan, China, ini. Masyarakat diminta untuk membentengi diri sendiri dengan banyak cara, mulai meningkatkan imunitas hingga menjauhi kerumunan.

Hal itu dilakukan agar tidak terpapar virus corona penyebab COVID-19. Terlebih lagi, vaksin untuk COVID-19 dikabarkan baru akan masuk ke Indonesia sekitar Desember hingga awal tahun 2021.

Sambil menunggu vaksin, berbagai cara perlu dilakukan masyarakat Indonesia untuk membentengi diri sendiri dari penyakit COVID-19. Tak hanya diri sendiri, tetapi juga orang terdekat agar tidak terpapar virus SARS-CoV-2.

Apa saja hal yang perlu dilakukan untuk membentengi diri sendiri dan orang lain dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19?

Berikut ini rangkuman singkat, tips sederhana melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus penyebab COVID-19, seperti dikutip dari cdc.gov, Senin (23/11/2020).

2 dari 2 halaman

Tips Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain dari COVID-19

1. Sering mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun atau cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Hal tersebut sangat penting dilakukan, terutama setelah bepergian dari tempat umum.

2. Jaga jarak atau physical distancing

Physical distancing menjadi satu di antara imbauan pemerintah, mengacu instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk memerangi penyebaran virus Corona. Hal tersebut sangat penting terutama bagi orang-orang yang rentan terkena penyakit.

3. Tidak bepergian saat sakit

Upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi orang lain ialah tidak bepergian saat sakit alias tetap di rumah. Kecuali jika memerlukan perawatan medis dan perlu ke rumah sakit.

4. Jangan lupa tutup mulut saat batuk dan bersin

Jika sering mengalami batuk atau bersin, jangan lupa menutup hidung dan mulut. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa menutupnya dengan bagian siku atau menggunakan tisu.

Setelah itu, jangan lupa mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun atau cairan pencuci tangan dengan kadar alkohol minimal 60 persen.

5. Gunakan masker

Selalu gunakan masker, terutama ketika berada di tempat yang berisi kerumunan. Apabila Anda tidak menggunakan masker, paling tidak harus menjaga jarak dan menutup mulut serta hidung saat bersin atau batuk.

6. Jaga kebersihan

Terakhir, rajin-rajinlah membersihkan benda-benda yang sering Anda sentuh. Benda-benda tersebut, seperti handphone, meja, gagang pintu, sakelar lampu, keyboard, keran, hingga bak kamar mandi. Jangan lupa pula memakai sabun atau deterjen dan air bersih atau disinfektan.

 

Sumber: CDC

Video Populer

Foto Populer