Sukses


26 Kata-Kata Legendaris Diego Maradona, Sang Inspirator Sepak Bola Dunia

Bola.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Argentina pada Rabu malam WIB (25/11/2020). Legenda sepak bola dunia, yang dianggap sebagai satu di antara pemain terhebat sepanjang sejarah, Diego Maradona, berpulang selamanya.

Diego Maradona meninggal dunia akibat serangan jantung di kediamannya di Tigre, Argentina, dalam usia 60 tahun. Meski begitu, ada kabar yang menyebut mantan pemain Napoli itu meninggal akibat cardiac arrest atau henti jantung.

Dunia merespons dengan duka mendalam. Ucapan dukacita dan kesedihan dari semua kalangan membanjiri jagat dunia maya hingga kata 'RIP Maradona' dan 'Maradona' menjadi trending topic.

Dunia, khususnya planet sepak bola, pantas bersedih dan merasa kehilangan akan kepergian selamanya pemilik gol tangan Tuhan ini. Maradona tak hanya sekadar mantan pemain, dia adalah ikon, legenda, sumber inspirasi bagi generasi-generasi di bawahnya.

Meski hidupnya diwarnai dengan kontroversi, seperti penggunaan obat-obatan terlarang, kiprahnya di lapangan tak bisa ditepikan. 

Diego Maradona tutup usia dengan catatan karier mengilap. Sejak terjun di sepak bola profesional pada 1976, dia tampil dalam 589 laga, 90 caps bersama Timnas Argentina, dan mencatatkan 341 gol.

Prestasinya antara lain, dua kali juara Serie A, satu Piala Dunia, serta Piala UEFA, Copa del Rey, Coppa Italia masing-masing satu kali.

Setelah pensiun, Diego Maradona memilih karier sebagai pelatih, hinggaa tutup usia. Klub yang pernah dilatihnya antara lain Racing Club, Fujairah, dan Timnas Argentina.

Sebagai ikon sepak bola dunia, Diego Maradona meninggalkan warisan abadi pada generasi selanjutnya, termasuk kata-kata legendaris yang pernah diucapkannya.

Berikut kumpulan kata-kata legendaris Diego Maradona, sang inspirator sepak bola, dinukil dari Brainyquote, Kamis (26/11/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Legendaris Diego Maradona

1. "Saya hitam atau putih, saya tidak akan pernah menjadi abu-abu dalam hidup saya."

2. "Saat kamu menang, kamu tidak terbawa suasana. Tetapi jika kamu melangkah selangkah demi selangkah, dengan percaya diri, kamu bisa melangkah jauh."

3. "Saya Maradona, yang membuat gol, yang membuat kesalahan. Saya bisa mengambil semuanya, saya memiliki bahu yang cukup besar untuk bertarung dengan semua orang."

4. "Tidak akan ada perdebatan tentang siapa pesepak bola terbaik yang pernah ada di dunia - saya atau Pele. Semua orang akan mengatakannya itu 'saya'."

5. "Ibuku berpikir aku yang terbaik. Dan aku dibesarkan untuk selalu percaya apa yang ibuku katakan padaku."

6. "Pada akhirnya, ini tentang apakah Tuhan ingin kami berada di final, tapi saya tahu itulah yang Tuhan inginkan. Kali ini kami tidak membutuhkan 'Tangan Tuhan' karena itu adalah kehendak Tuhan."

7. "Ketika Tuhan memutuskan sudah waktunya, saya kira dia akan datang untuk kita."

8. "Jika saya bisa meminta maaf dan kembali dan mengubah sejarah, saya akan melakukannya. Tapi, gol itu tetaplah gol, Argentina menjadi juara dunia dan saya adalah pemain terbaik dunia."

9. "Ada ratusan Beckham yang bermain sepak bola di seluruh dunia."

10. "Jika kamu tidak ingin bermain sepak bola bersih, pergilah ke tribune."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Legendaris Diego Maradona

11. "Saya memberikan semua yang saya miliki. Sekarang saya ingin menikmati keluarga saya."

12. "Banyak hal tidak jelas atau bersih dalam dunia sepak bola saat ini dan banyak orang menyadari kenyataan ini."

13. "Saya akan memberikan hidup saya untuk menjadi pelatih tim nasional."

14. "Saya tidak putus asa, tetapi saya tahu bahwa suatu hari nanti saya akan menjadi pelatih lagi dari suatu tim."

15. "Saya memiliki 23 pemain top dan mereka semua siap untuk mengenakan jersey dan berlatih di lapangan dan itu membuat Anda bahagia dan kemudian Anda memiliki ketenangan pikiran."

16. "Sementara pelatih berhak untuk merayakan kemenangan tim, ada perilaku dan cara untuk melakukannya tanpa menjengkelkan lawan."

17. "Saya suka sepak bola Inggris, selalu begitu. Hanya saja orang-orang membicarakan Piala Dunia 1986 dan kemudian saya dipandang sebagai bad boy yang sebenarnya."

18. "Saat ini ada beberapa pemain Inggris yang menjadi bintang tim klubnya, tapi tidak untuk negaranya. Sulit untuk dijelaskan."

19. "Melihat bola, mengejarnya, membuatku menjadi orang paling bahagia di dunia."

20. "Anda bisa mengatakan banyak hal tentang saya, tetapi Anda tidak pernah bisa mengatakan saya tidak mengambil risiko."

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Legendaris Diego Maradona

21. "Tuhan membuatku bermain bagus. Itulah mengapa aku selalu membuat tanda silang saat berjalan ke lapangan. Aku merasa aku akan mengkhianatinya jika tidak melakukannya."

22. "Saya masih hidup dan saya ingin terus hidup."

23. "Untuk melihat negara saya kalah dalam pertandingan sepak bola, sangat sulit bagi seseorang yang telah mengenakan jersey itu."

24. "Beckham adalah pria yang baik dan saya yakin dia akan mencapai 100 penampilan untuk Inggris. Tapi, dia hanya pemain yang bagus, tidak lebih."

25. "Tentu saja di pertandingan pertama Anda lebih berhati-hati, mungkin lebih berhati-hati dari yang seharusnya."

26. "Semua orang yang mengkritik saya harus memakan kata-kata mereka."

 

Sumber: Brainyquote

Dapatkan artikel kata-kata atlet lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer