Sukses


Cara Membuat Oralit, Obat Mujarab saat Diare

Bola.com, Jakarta - Cara membuat oralit sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah diare. Pasalnya, diare membutuhkan penanganan yang cepat.

Diare merupakan satu di antara masalah buang air besar (BAB) yang terjadi secara terus-menerus atau sering dalam jangka waktu cukup lama.

Penyebab diare bisa beraneka ragam, mulai virus, bakteri, parasit hingga alergi. Biasanya, benda saing ini masuk ke tubuh melalui makanan dan pernah dihinggapi lalat.

Itulah mengapa, makanan yang telah dihinggapi lalat, sebaiknya dibuang untuk mencegah munculnya diare.

Diare juga bisa disebabkan oleh kuman yang menempel pada tangan yang kotor dan masuk ke tubuh saat sedang makan. Ada juga diare yang diakibatkan oleh alergiĀ terhadap beberapa makanan, seperti fruktosa dan laktoasa.

Orang yang menderita diare akan mengeluarkan banyak cairan dan tenaga. Maka dari itu, tubuh membutuhkan cairan agar terhindar dari masalah yang lebih buruk.

Satu di antara cara mengembalikan atau mengganti cairan tubuh yang hilang karena diare adalah meminum oralit. Oralit dalam bahasa Inggris disebut dengan 'oral rehydration salt' atau larutan gula gram.

Oralit berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare atau muntah-muntah. Menurut Kementerian Kesehatan RI, oralit adalah obat atau cairan terbaik untuk menyembuhkan penderita diare.

Klaim ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa memberi oralit sama efektifnya dengan memberi cairan intravena (infus) dalam merawat pasien yang sedang dehidrasi.

Berikut cara membuat oralit dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya, dikutip dari Liputan6, Selasa (1/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Oralit

Membersihkan Tangan Terlebih Dahulu

Cara membuat oralit pertama kali yang perlu diperhatikan adalah mencuci dengan benar tangan Anda. Cucilah tangan dengan cara yang tepat agar bisa bersih dengan sempurna.

Cuci tangan sesuai dengan standar WHO juga sangat disarankan. Hal ini bertujuan agar oralit yang dibuat terhindar dan kontaminasi kuman atau kotoran di tangan.

Masak Air

Setelah membersihkan tangan dengan baik hingga benar-benar bersih, cara membuat oralit selanjutnya adalah membuat air oralitnya. Pertama, yang perlu Anda siapkan adalah air sebanyak satu gelas atau berukuran 200 cc air.

Tuangkan 200 cc air ini ke dalam panci dan masak hingga matang. Bila Anda sudah memiliki air yang sudah masak atau matang, Anda bisa menyiapkan satu gelas air hangat dengan ukuran yang sama.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Oralit

Campurkan Garam Elektrolit

Bila sudah menyiapkan air hangat, selanjutnya campurkan gula dan garam ke dalam air hangat tersebut. Masukkan satu sendok teh gula pasir, yang kemudian ditambahkan dengan seperempat sendok teh garam.

Larutkan

Cara membuat oralit berikutnya adalah dengan melarutkan gula dan garam yang telah ditambahkan ke dalam satu gelas air hangat. Hal ini berguna agar campurannya merata dengan baik.

Aduk-aduk gula dan garam di dalam air dengan menggunakan sendok. Pastikan gula dan garam tercampur dengan rata atau menyatu dengan air secara sempurna, hingga tidak ada bagiannya yang terlihat.

Kalau gula dan garam sudah tidak tampak terlihat, berarti keduanya sudah larut dengan sempurna bersama dengan air hangat. Hal ini berarti, air tersebut sudah menjadi oralit atau larutan gulan dan garam. Setelah selesai dibuat, Anda bisa langsung mengonsumsinya.

4 dari 4 halaman

Cara dan Waktu yang Baik untuk Mengonsumsi Oralit

Cara Penggunaan Oralit yang Benar

- Gunakan air matang saat ingin membuatnya (tidak sedang mendidih). Aduk sampai larut dengan benar. Jangan menggunakan larutan oralit setelah lebih dari 24 jam. Buatlah larutan yang baru bila sudah melebih waktu 24 jam.

- Bila muntah, hentikan pemberian oralit untuk sementara waktu. Setelah 3-5 menit, berikan lagi oralit dengan sendok sedikit demi sedikit dan konsumsi sampai habis.

Waktu yang Baik untuk Mengonsumsi Oralit

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat oralit, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah mengetahui waktu yang baik untuk mengonsumsi oralit.

Untuk pemberiannya, Anda bisa memberikan oralit sesegera mungkin setelah buang air. Apabila diare diiringi dengan muntah-muntah, minumlah oralit 10 menit setelah muntah.

AndaĀ perlu mengonsumsi oralit secara berkala. Minumlah oralit setiap buang air dan setiap kali muntah. Hal ini perlu dilakukan karena cairan yang keluar akibat buang air dan muntah akan cepat tergantikan dengan minum oralit.

Oralit berhenti dikonsumsi bilaĀ Anda sudah benar-benar tidak mengalami diare atau buang air.

Ā 

Disadur dari:Ā Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 28/6/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer