Sukses


10 Cara Mengecilkan Lengan Besar Secara Efektif

Bola.com, Jakarta - Lengan besar dan bergelambir memang tidak enak dilihat. Beberapa orang lantas mencari cara mengecilkan lengan besar dengan cepat.

Meski tertutup oleh baju, lengan yang besar akan tetap terlihat. Lengan yang besar juga menjadi tanda seseorang memiliki berat badan yang besar pula.

Lengan yang besar bisa disebabkan banyak faktor. Tetapi, faktor yang dominan pada kasus lengan besar adalah obesitas.

Obesitas menyebabkan tubuh menyimpan lemak-lemak pada area-area tertentu, seperti lengan.

Cara mengecilkan lengan secara efektif adalah dengan berolahraga. Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan agar lemak pada lengan terbakar dan akhirnya mengecil.

Berikut cara mengecilkan lengan secara efektif, disadur dari Merdeka, Kamis (3/12/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Besar

1. Push-up sempurna

Push-up merupakan satu di antara gerakan olahraga yang umum. Baik perempuan maupun laki-laki dapat melakukannya. Push-up bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda cukup melakukan push-up secara rutin, dijamin lengan Anda akan makin mengecil dan terutama tidak bergelambir.

Berikut ini cara-cara melakukan push-up yang benar:

Push-up sempurna tentu saja merupakan jenis push-up yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Push-up ini membutuhkan tenaga yang besar karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Anda bisa melakukan push-up ini di atas matras. Untuk melakukan push-up ini mudah saja.

Letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan ujung jari kaki sebagai tumpuan. Buka kaki kira-kira selebar bahu saja untuk menjaga keseimbangan. Usahakan kaki, pinggang, dan kepala dalam keadaan lurus.

Langkah selanjutnya, tekuk lengan bawah dan lengan atas membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong ke atas perlahan. Turunkan lagi badan perlahan sambil membuang napas. Angkat badan sambil menari napas, lalu turunkan badan sambil membuang napas. Begitu seterusnya.

Sebagai awal bagi Anda yang jarang berolahraga, lakukan saja sekuat Anda agar tubuh tidak kaget. Lalu tingkatkan intesitasnya. Contoh: Hari ini Anda 20 kali push ups, besok ditambah menjadi 25 push-up, lusa ditambah lagi menjadi 30 push-up. Lakukan secara rutin, lengan Anda akan mengecil.

2. Push-up lutut

Beda dengan push-up sempurna, push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Posisikan tubuh Anda seperti melakukan push-up sempurna, namun dengan lutut sebagai tumpuannya.

Lutut memang kurang fleksibel, oleh karena itu Anda bisa mengalasi lutut dengan sesuatu yang empuk, seperti bantal.

Bag Anda yang kelelahan atau tidak mampu melakukan push-up sempurna, Anda bisa mencoba posisi ini. Caranya sama saja dengan push-up sempurna.

3 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Besar

3. Push-up dinding

Bagi Anda yang kesusahan melakukan push-up sempurna dan push-up lutut, Anda bisa mencoba varian push-up berikut ini. Tenaga yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada varian push up yang lainnya. Hal ini juga mudah dilakukan bagi Anda yang pemula, yang belum sanggup menopang berat badan jika mencoba gaya push-up sempurna.

Caranya sama saja, namun bedanya Anda bukan berbaring pada lantai melainkan menghadap dinding. Anda cukup berdiri lebih jauh dari jangkauan tangan Anda ketika menyentuh dinding dengan telapak tangan.

Tempelkan telapak tangan pada dinding. Kemudian, perlahan dekatkan wajah pada dinding dengan cara menekuk lengan. Awali dengan 10 kali push-up dinding, lalu tingkatkan intensitasnya.

4. Counter push up

Masih dengan varian push-up yang lain. Kali ini Anda tidak bertumpu pada dinding maupun lantai. Yang akan Anda lakukan adalah dengan menggunakan meja sebagai tumpuannya.

Caranya pun sama saja dengan melakukan push-up dinding. Namu,n demi keamanan, lakukan counter push-up pada meja yang tidak bisa bergeser atau bergerak.

4 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Besar

5. Lompat tali

Cara mengecilkan lengan berikutnya adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini ternyata terbukti efektif untuk mengecilkan lengan. Tidak hanya lengan, lompat tali juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha.

Lakukan lompat tali setiap pagi. Terus tingkatkan intensitasnya agar lengan makin cepat mengecil.

6. Weighted punch

Cara selanjutnya, yakni dengan melakukan weighted punch. Ada memerlukan dua buah barbel sebagai pemberat yang dipegang pada kedua tangan Anda. Kemudian Anda seakan melayangkan tinju ke udara secara bergantian tangan kanan dan kiri. Lakukan hingga lengan Anda terasa lelah.

5 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Besar

7. Bench Dips

Cara mengecilkan lengan selanjutnya adalah dengan cara bench dips. Anda membutuhkan meja atau tumpuan apa pun yang tidak bergerak atau bergeser, bisa meja atau kursi.

Yang perlu Anda lakukan adalah memegang ujung tumpuan dengan kedua tangan yang menghadap ke belakang. Posisikan tubuh Anda pada posisi duduk. Angkat pantat Anda, majukan beberapa sentimeter ke depan, lalu selonjorkan kaki.

Kemudian, luruskan tangan dan angkat tubuh pada posisi semula. Berikutnya, tekuk lengan Anda hingga membentuk 90 derajat. Tahan sampai hitungan kedelapan. Angkat kembali. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

8. Gerakan memutar tangan

Gerakan memutar tangan merupakan cara mengecilkan lengan yang sederhana dan mudah, namun sangat bermanfaat untuk mengecilkan lengan Anda.

Anda cukup merentangkan kedua tangan lalu putar kedua tangan bersamaan sebanyak 50 kali. Lakukan secara rutin, lengan Anda akan mengecil secara cepat.

6 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Besar

9. Gerakan menggunting

Cara mengecilkan lengan yang mudah selanjutnya adalah dengan menerapkan gerakan menggunting. Anda cukup merentangkan kedua tangan dan kaki, kemudian silangkan tangan dan kaki secara bersamaan.

10. Berenang

Olahraga ringan tanpa keringat selanjutnya adalah berenang. Berenang menjadi satu di antara cara mengecilkan lengan yang menyenangkan. Tidak hanya untuk mengecilkan lengan saja. Berenang akan melatih seluruh bagian tubuh Anda.

Berenanglah minimal dua kali dalam seminggu agar lebih cepat untuk mengecilkan lengan Anda.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Bethari Taya. Published: 7/11/2017)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer