Sukses


Pemerintah Optimistis Olahraga Nasional Berjalan Kembali Setelah Vaksinasi COVID-19

Bola.com, Solo - Kegiatan olahraga nasional mati suri semenjak adanya wabah virus corona yang merebak di Indonesia. Terhitung sejak bulan Maret lalu, seluruh agenda olahraga ditangguhkan.

Kini ada secercah harapan mulai awal tahun 2021, aktivitas olahraga Indonesia mulai normal kembali. Ini tak lepas dari upaya pemerintah menangkal wabah COVID-19 dengan vaksinasi dalam waktu dekat, mulai bulan Desember ini.

Pada 2021, bakal menjadi tahun olahraga bagi Indonesia. Mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON), kompetisi olahraga seperti sepak bola, basket, atau bola voli profesional juga bergulir lagi.

Hajatan besar lainnya adalah Piala Dunia U-20 pada bulan Mei nanti. Ini yang akan menjadi sorotan dunia. Gerakan vaksinasi yang dilakukan pemerintah, bakal semakin meyakinkan bahwa kegiatan olahraga kembali aman dilaksanakan.

"Kemarin pak Menpora (Zainudin Amali) mengirimkan surat kepada Presiden FIFA (Gianni Infantino), disebutkan bahwa mulai Desember vaksin di Indonesia sudah disebar," ujar Sekretaris Menpora, Gatot Dewa Broto saat dijumpai Bola.com di Solo, Jumat (4/12/2020).

"Meyakinkan bahwa Indonesia betul-betul siap, itu mulai Desember bagaimana dengan bulan-bulan selanjutnya. FIFA tidak pernah bertanya, hanya kita tahu diri semakin meyakinkan Indonesia aman. Data WHO, tingkat kesembuhan di atas rata-rata, tingkat yang terpapar di bawah dari angka kasus dunia," terangnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Nasib Shopee Liga 1

Vaksinasi bagi seluruh masyarakat termasuk semua atletnya, paling tidak dapat memperkuat pelaksanaan berbagai kegiatan olahraga di tanah air. Satu diantara yang sudah pasti digelar dalam waktu dekat adalah kompetisi basket profesional IBL 2021.

Kemenpora mengklaim telah mendapat surat resmi tentang jalannya kompetisi IBL yang dimulai pada 15 Januari 2021. Kabar yang juga membuat pelaku sepak bola bisa sedikit bernafas lega, lantaran PSSI dan PT LIB dalam wacananya akan melanjutkan kompetisi pada bulan Februari.

"PSSI mengumumkan ada kompetisi di bulan Februari, meski kami belum menerima laporan lebih lanjut. Tapi asumsi positif kami, vaksin sudah lebih banyak disebar. Indikator bulan Desember saja vaksin sudah dimulai apalagi di bulan Februari," bebernya.

"Semoga Liga 1 juga bisa digelar, karena IBL mulai 15 Januari sudah clear resmi dan surat sudah disampaikan ke pemerintah. Hal yang meyakinkan kepada publik diantaranya selain protokol kesehatan adalah vaksin," jelas Gatot Dewa Broto.

Video Populer

Foto Populer