Sukses


35 Kata-Kata Bijak tentang Mengalah, Ampuh Meredam Konflik

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang mengalah dapat kamu jadikan sebagai pembelajaran dalam menjalani hidup yang terkadang dipenuhi kejutan.

Dalam menjalani kehidupan ini ada kalanya kita menemui konflik. Hal tersebut sangat mungkin terjadi dalam hubungan pertemanan, hubungan asmara, bahkan hubungan keluarga.

Untuk menghindari konflik yang lebih intens dan berkepanjangan, sebagai orang yang arif, kamu bisa melakukan beberapa hal. Satu di antaranya, dengan mengalah.

Perlu diingat, mengalah bukan berarti kalah. Terkadang, sikap mengalah menjadi solusi untuk meredam dan mengakhiri sebuah konflik. Memang sulit untuk mengalah, apa lagi kita harus mengalahkan ego sendiri. 

Bagi kamu yang sedang belajar untuk memiliki sifat mengalah, kamu bisa menggunakan kata-kata bijak tentang mengalah yang kamu baca dan hayati sebagai motivasi dan sumber pembelajaran.

Berikut 35 kata-kata bijak tentang mengalah, seperti disadur dari Brilio, Kamis (24/12/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Mengalah

1. "Saat berdebat dengan orang yang merasa pintar dan benar, maka diam adalah pilihan terbaik untuk dilakukan."

2. "Diam bukan berarti mengalah, tapi mencoba untuk lebih dewasa dalam menerima."

3. "Aku mengalah. Aku mengalah karena aku percaya, kalau kamu memang untukku, sejauh apa pun kakimu membawamu lari, jalan yang kamu tempuh hanya akan membawamu kembali padaku." - Fiersa Besari

4. "Mengalah di awal tak jarang menjadi pintu (masuk) untuk menang di akhir."

5. "Mengalah boleh saja, tapi kamu juga perlu tahu kapan untuk memperjuangkan."

6. "Diam bukan berarti lemah, mengalah bukan berarti kalah, berserah bukan berarti menyerah. Semua ada waktunya."

7. "Jangan egois, tapi saling memahami. Jangan kepengen menang sendiri, tapi mulailah introspeksi diri."

8. "Jangan biarkan amarah menguasaimu karena akan merugikan dirimu sendiri. Bersabarlah, selalu ada kebaikan dalam diri manusia."

9. "Sabar dan selalu mengalah memang tidak mudah, tapi semua akan terasa mudah ketika kamu sudah menjalaninya."

10. "Ketika keduanya keras kepala, maka harus ada yang mengalah. Akan tetapi, mengalah itu tidak semudah yang dikatakan."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Mengalah

11. "Mengalah bukan berarti kalah karena seorang yang dapat melawan emosinya adalah pemenang yang sesungguhnya."

12. "Perselisihan akan reda jika salah satu pihak mau mengalah. Mengalah bukan berarti kalah karena mengalah demi kebaikan adalah kemenangan."

13. "Apabila amarahmu memuncak, bersabar adalah pilihan yang baik. Marah tidak akan menyelesaikan masalah, dan sekali lagi, mengalah bukan berarti kalah."

14. "Menahan diri bukanlah suatu kekalahan, tapi mengalah untuk menghargai diri sendiri dan meyakini adanya keadilan Tuhan."

15. "Menahan diri bukanlah suatu kekalahan, tapi mengalah demi kebaikan untuk menghargai diri sendiri."

16. "Orang yang paling bahagia adalah orang yang melupakan kejahatan orang lain terhadap dirinya dan melupakan kebaikan dirinya pada orang lain."

17. "Seorang kakak laki-laki akan dengan sukarela mengalah pada adik perempuannya, melindunginya, karena ia tahu, ia ada untuk sang adik sebagai semacam substitusi ketika ayah mereka tak hadir." - Ida R. Yulia

18. "Jadilah seperti air. Air selalu mengalah, tapi enggak pernah kalah." - Amalia

19. "Sebab dalam sebuah hubungan, mengalah bukan berarti kalah. Tapi, upaya untuk menguatkan diri dan berjuang demi kemenangan dan ketenangan hati."

20. "Orang bodoh seringkali beralasan sabar terhadap segala sesuatu yang sebenarnya dia mengalah dengan keadaan tanpa pernah berusaha."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Mengalah

21. "Belajarlah mengalah sampai tak seorangpun bisa mengalahkanmu. Belajarlah merendah sampai tak seorang pun yang bisa merendahkanmu." - Gobind Vashdev

22. "Kadang mengalah dan meminta maaf itu lebih baik daripada menjelaskan segalanya kepada orang yang tak mau mengerti."

23. "Mengalah menjadi solusi terbaik ketika kamu sudah lelah dan tak ingin menghabiskan energi serta waktu untuk berdebat."

24. "Kekuatan tidak datang dari kemampuan fisik, tetapi ia datang dari semangat yang tidak pernah mengalah."

25. "Aku mengalah karena aku tidak ingin orang yang aku sayang merasakan kekecewaan, aku peduli dengan perasaanmu dan aku harap kamu juga bisa begitu."

26. "Aku pernah mengalah di masa lalu. Dan, kini, aku bisa saja menyerah kembali agar ia dapat memilih lelaki yang terbaik baginya. Namun, bagaimana mungkin aku melakukannya, jika ternyata lelaki terbaik itu adalah diriku sendiri."

27. "Tiap hati punya batas menunggunya. Kalau sudah di ujung jenuh, aku akan mundur tanpa disuruh dan mengalah tanpa diperintah."

28. "Mengalah hari ini kadang hanyalah cara agar di kesempatan lain bisa mencapai hal yang lebih." - Boy Candra

29. "Terkadang, kamu harus mau untuk mengalah ketika ingin mengerti sifat seseorang."

30. "Siapa yang dapat menahan amarahnya, maka ia mampu mengalahkan musuhnya yang paling berbahaya."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak tentang Mengalah

31. "Betapa menyenangkannya untuk mengalah. Membiarkan siang dan malam berjalan, tidak lagi melihat, mendengar, atau merasakan berputarnya dunia." - Ursula Poznanski

32. "Yang penting itu saling mengalah. Kalau sudah lihat pasangan emosi, tahan diri buat nggak emosi." - Elsa Puspita

33. "Terkadang diam lebih bijak dalam menyikapi keadaan daripada bersikeras memaksa orang lain untuk sekadar memahami."

34. "Orang Jawa sujud berbakti kepada yang lebih tua, lebih berkuasa, satu jalan pada pengujung keluhuran. Orang harus berani mengalah."

35. "Senja tak pernah bohong. Dia akan hadir tepat waktu, meski kadang harus mengalah oleh congkaknya awan hitam."

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Dwiyana Pangesthi. Published: 26/10/2020)

 

Yuk, baca artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer