Sukses


5 Gejala yang Membedakan Sakit Punggung karena COVID-19 atau Bukan

Bola.com, Jakarta - Ada banyak gejala yang dapat mengarah ke kasus COVID-19. Gejala yang umum dirasakan pasien COVID-19 adalah batuk, demam, sesak napas, dan kehilangan indra penciuman/perasa.

Meski begitu, ada beberapa pasien COVID-19 yang mengeluh gejala yang tak biasa, seperti ruam merah dikulit dan sakit punggung. Gejala yang terakhir dialami oleh selebritas Hollywood, Ellen DeGeneres.

Sakit punggung adalah fenomena yang sangat umum. Tetapi, ada beberapa tanda yang dapat membantu Anda menentukan apakah yang Anda alami adalah gejala Virus COVID-19.

Berikut tanda-tanda tersebut, dilansir dari Liputan6, Selasa (29/12/2020)

2 dari 3 halaman

Gejala Sakit Punggung karena COVID-19 atau Bukan

1. Mengalami Gejala COVID-19 Umum Lainnya

Leann Poston, MD, seorang dokter berlisensi dan penasihat kesehatan untuk Invigor Medical mengatakan nyeri punggung bisa menjadi gejala sakit otot akibat virus Corona. Namun, sangat tidak mungkin gejala ini sendiri menjadi tanda bahwa Anda mengidap COVID.

Sebaliknya, Poston mengatakan seseorang yang terinfeksi juga harus mengalami kehilangan indra perasa dan penciuman, sesak napas, sakit kepala, demam, dan/atau batuk kering.

2. Mengalami nyeri otot lain di seluruh tubuh

Matthew Kohler, MD, spesialis manajemen nyeri dan salah seorang pendiri Ospina Medical mengatakan, meski nyeri otot adalah gejala COVID yang dilaporkan, ini tak mungkin muncul hanya di satu tempat, seperti punggung.

"Sepertinya sakit punggung yang terkait COVID akan muncul dengan rasa sakit yang lebih menyebar ke seluruh tubuh," jelas Kohler.

3. Terasa menyakitkan saat menarik napas atau batuk

"Jenis sakit punggung yang berbeda seringkali terasa berbeda," kata Poston.

Jika Anda mengalami sakit punggung saat batuk akibat COVID, kemungkinan besar akan terasa sakit dan tajam saat Anda menarik napas dalam-dalam atau batuk.

Rasa sakit punggungnya akan berbeda dari sakit punggung biasa yang dialami orang yang duduk terlalu lama atau berbaring dengan posisi yang salah.

3 dari 3 halaman

Gejala Sakit Punggung karena COVID-19 atau Bukan

4. Sakit Punggungnya Tidak Menjalar ke Kaki

Menurut Poston, jika yang Anda alami hanyalah sakit punggung, kemungkinan besar itu bukan karena COVID atau pneumonia. Nyeri punggung dapat timbul dari serangkaian penyebab yang tak terkait dengan virus, seperti ketegangan otot, ketegangan ligamen, radang sendi, dan trauma.

Henaku Yirenkyi, MD, seorang ahli bedah ortopedi tulang belakang dengan World Spine and Orthopaedics, mengatakan sakit punggung dari kondisi lain ini seringkali menyebabkan radiasi nyeri ke tubuh bawah. Namun, sakit punggung akibat COVID tidak akan menjalar ke kaki.

5. Mengalami Batuk Kering yang Menyakitkan

Satu-satunya gejala umum yang harus diwaspadai untuk menentukan apakah sakit punggung Anda akibat COVID adalah batuk kering. Menurut Poston, sakit punggung yang dialami saat terkena COVID biasanya akibat batuk.

"Batuk bisa menyebabkan nyeri tulang rusuk dan diagfragma, yang sering menjalar ke punggung," ucap Poston.

Video Populer

Foto Populer