Sukses


10 Manfaat Menakjubkan Kunyit bagi Kesehatan, Tak Hanya Jadi Bumbu Dapur

Bola.com, Jakarta - Kunyit sudah bukan barang asing untuk masyarakat di Indonesia. Tanaman yang masuk kategori rempah-rempah ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. 

Umumnya, kunyit dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selama ini kunyit juga telah digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu.

Kunyit memiliki rasa yang menimbulkan sensasi hangat, pahit, dan kerap digunakan sebagai bumbu kari, mustard, mentega juga keju. Kunyit mengandung beragam zat dan vitamin yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari Jovee, kunyit memiliki banyak kandungan bermanfaat, seperti arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri.

Kunyit dapat menambah daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Tidak heran, kunyit menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya Anda mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai.

Berikut beberapa manfaat yang mungkin bisa didapatkan dari kunyit, dikutip dari Healthline dan Klikdokter, Senin (4/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Kunyit bagi Kesehatan

1. Mengurangi gejala osteoarthritis

Manfaat kunyit yang pertama adalah untuk mengurangi gejala osteoartritis. Osteoarthritis adalah sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitas.

Kunyit diyakini dapat membantu mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin yang dapat mengurangi tanda-tanda peradangan sehingga mampu meringankan gejala osteoartritis.

2. Meredakan peradangan

Kandungan kurkumin di dalam kunyit mampu bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kandungan kurkumin ini adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten.

Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Menurut penelitian dari The AAPS Journal, kunyit memiliki khasiat menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan, mulai kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes.

Namun, sampai sejauh ini belum ada satu pun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-bukti khasiat antiradang kunyit pada manusia.

3. Mengobati maag

Bagi Anda yang suka mengalami nyeri maag, tidak perlu selalu langsung mengonsumsi obat. Cobalah mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin.

Kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Menurut jurnal Systematic Reviews, kunyit juga membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag, sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Kunyit bagi Kesehatan

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air kunyit bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi suplemen kurkumin selama 30 hari terbukti meningkatkan penurunan berat badan, membantu menurunkan hampir lima persen dari berat badannya dan mengurangi lemak tubuh hingga 8 persen.

Jadi, cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet.

5. Menurunkan risiko serangan jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan kunyit berguna bagi seseorang yang ingin memulai atau setelah operasi jantung. Konsumsi kunyit tiga hari sebelum operasi dan berlanjut selama lima hari setelah operasi dapat menurunkan risiko serangan jantung setelah operasi bypass.

6. Meredakan gejala IBS

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Jika peradangan tersebut membuat kontraksi usus terlalu sering mengejang, akibatnya adalah diare kronis.

Sebaliknya, jika peradangan membuat otot usus jadi jarang berkontraksi, akibatnya justru sembelit kronis.

Menurut sejumlah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018, mengonsumsi kunyit dapat mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Kunyit bagi Kesehatan

7. Obat alergi

Manfaat minum kunyit setiap hari dapat atasi alergi. Kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin di dalam kunyit berfungsi sebagai senyawa anti-alergi.

Senyawa tersebut mampu membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh. Sebab, kedua senyawa tersebut bekerja seperti antihistamin.

Antihistamin dapat menghambat aktivitas protein berlebihan yang menyebabkan radang dan dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berarti sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Kunyit bagi Kesehatan

9. Menghilangkan bekas jerawat

Masker wajah berbahan dasar kunyit bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya. Sifat antiradang yang dimiliki kurkumin pada kunyit dapat pula memperbaiki struktur pori-pori wajah.

Hal itu mampu membuat kulit lebih tenang sehingga jaringan parut ikut berkurang.

10. Menjaga kesehatan kulit

Selain untuk penyakit, kunyit juga berguna bagi kulit. Kunyit bisa ditambahkan ke masker wajah, serum, dan pembersih untuk mengurangi peradangan.

Sebuah studi mengungkapkan, kunyit dapat memperbaiki gejala penyakit kulit, seperti dermatitis atopik, psoriasis, gatal kronis, dan penuaan dini.

 

Sumber: Healthline, Klikdokter

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer