Sukses


Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Tim Bulutangkis Indonesia Tetap Berangkat Ikuti Turnamen di Thailand

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia tidak membatalkan partisipasi pada turnamen pembuka 2021 di Bangkok, Thailand, meskipun Kevin Sanjaya Sukamuljo positif terinfeksi Covid-19. Hanya pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang mundur, sedangkan para pemain lainnya tetap berangkat seperti rencana awal.

Hendra Setiawan dan kawan-kawan tetap semangat dan tetap berangkat mengikuti tiga kejuaraan di Thailand. Mereka terbang ke Bangkok pada Senin (4/1/2021) pukul 12.30 WIB, dengan menggunakan pesawat sewaan Garuda nomor penerbangan GA 8680. Skuad Merah-Putih berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, menuju Bangkok.

“Tim bulutangkis Indonesia tetap berangkat untuk mengikuti tiga kejuaraan di Bangkok, Thailand. Sepanjang mengikuti protokol kesehatan, semoga semuanya lancar. Kami melihat ajang ini sangat penting karena sebagai bagian dari persiapan menghadapi agenda terpenting 2021 ini, yaitu Olimpiade Tokyo,” sebut Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, melalui rilis dari PBSI yang diterima Bola.com

Menurut Rionny, kecuali Kevin, para pemain lain yang diproyeksikan tampil ke tiga turnamen tersebut semuanya dalam kondisi sehat.  Dalam tes usap kepada 40 orang pemain dan tim pendukung yang dilakukan di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu, 2 Januari 2021, seluruhnya menunjukkan hasil negatif dari Covid-19.

“Kami berangkat ke Thailand dengan penuh optimisme dan semangat tinggi. Meski tiga turnamen tersebut bukan sebagai ajang kualifikasi yang memperebutkan poin menuju Olimpiade Tokyo, kami tetap menganggap begitu penting kejuaraan ini,” tutur Rionny Mainaky di bandara.

Kevin sejak pertengahan Desember 2020 sudah dipisahkan dengan para pemain penghuni Pelatnas Cipayung. Kevin juga sudah tidak diikutsertakan pada tes usap terakhir di Pelatnas Cipayung, 2 Januari lalu. 

Menurut dokter Pelatnas PBSI, dr. Octaviani, swab test PCR terakhir yang dijalani Kevin dilakukan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tanggal 31 Desember 2020. Tiga hari sebelumnya, pada tanggal 28 Desember, Kevin sebenarnya juga sempat menjalani tes serupa di tempat yang sama. Hasilnya, Kevin positif terinfeksi yang disebabkan oleh virus SARS CoV-2 tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Naik Pesawat Sewaan

Tim Indonesia menuju Bangkok berkekuatan 40 orang. Mereka, terdiri dari pemain, pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, dan masseur.

Berbeda dengan tur-tur ke mancanegara sebelumnya, kali ini Pasukan Cipayung tidak memakai pesawat komersial biasa. Sebaliknya, menggunakan pesawat charter Garuda. Semua itu dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan pemain dari terinfeksi virus Covid-19.

“Kami menyewa pesawat semata-mata demi menjaga kesehatan dan keselamatan pemain. Kalau berangkat dengan pesawat komersial biasa, kami khawatir pemain bisa tertular virus dari penumpang umum yang lain,” sebut Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta.

Skuad Merah-Putih akan berlaga di tiga turnamen yang bakal berlangsung secara simultan di Impact Arena, Bangkok. Diawali dua turnamen berkategori BWF Super 1000, yaitu Yonex Thailand Terbuka yang berlangsung pada 12-17 Januari dan Toyota Thailand Terbuka (19-24 Januari). Selain itu, bagi delapan pemain atau pasangan terbaik akan melanjutkan bertarung di Final BWF World Tour 2020 (27-31 Januari).

 

Video Populer

Foto Populer