Sukses


PBSI Ungkap Arti Penting 3 Turnamen Bulutangkis di Thailand bagi Pemain Indonesia

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia sudah tiba di Thailand untuk mengikuti tiga turnamen bulutangkis secara beruntun yang menjadi pembuka 2021. PBSI menyatakan tiga turneman di Bangkok, Thailand itu sangat penting bagi para pemain Indonesia setelah pertandingan bulutangkis vakum lama akibat pandemi virus corona. 

Turnamen dibuka dengan Thailand Terbuka pada 12-17 Januari 2021, kemudian disambung Thailand Terbuka II pada 19-24 Januari. Setelah itu, bagi delapan pemain atau pasangan dengan peringkat terbaik akan melanjutkan bertarung di Final BWF World Tour 2020 (27-31 Januari).

Bagi para pemain Indonesia, ini menjadi turnamen pertama yang diikuti setelah lebih dari sembilan bulan. Terakhir, mereka berpartisipasi di All England pada Maret 2020. Berbagai turnamen BWF dan Olimpiade kemudian ditunda akibat pandemi virus corona. Piala Thomas dan Uber yang sedianya digelar di Denmark pada November juga ditunda hingga Oktober 2021. 

Jadi, apa target PBSI untuk tiga turnamen di Thailand ini? Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan meskipun tidak masuk kualifikasi Olimpiade turnamen di Thailand penting bagi para pemain Indonesia.  

"Ya memang semuanya baru dimulai lagi. Ini menjadi tantangan baru. Setelah ada pandemi Covid-19 ini, para pemain harus kembali beradaptasi lagi dengan atmosfer pertandingan. Ini tentu tidak mudah karena selama sembilan, pemain tidak pernah turun bertanding," kata Rionny, melalui rilis dari PBSI yang diterima Bola.com, Selasa (5/1/2021). 

"Jadi tiga turnamen di Thailand itu sangat penting karena juga sebagai bagian untuk menghadapi Olimpiade Tokyo nanti yang persaingannya jauh lebih sulit. Meskipun begitu, tetap ada nilai positifnya. Kami jadi tahu bagaimana cara untuk menghadapi kondisi pandemi ini. Antisipasinya seperti apa dan apa yang harus dipersiapkan."

"Kan, pandemi Covid-19 ini tidak ada yang tahu akan sampai kapan berakhir. Jadi banyak hal teknis dan nonteknis, serta pelajaran yang bisa di ambil dari pertandingan Thailand ini," imbuh Rionny Mainaky. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Fokus Latihan

Selama pandemi dan tidak ada turnamen, para pemain Indonesia di Pelatnas PBSI tetap berlatih. Namun, porsi latihan memang berbeda dibanding biasanya. 

"Selama sembilan bulan ini kami tidak kemana-mana. Menunya hanya latihan terus. Fokus para pemain memang hanya latihan saja," ujar Rionny. 

"Yang terpenting, para pemain bisa makan aman, tenaganya tetap kuat, dan imunitasnya juga bagus. Semua tahu, kondisi kita dengan pemain dari negara-negara lain juga sama," imbuh Rionny. 

Video Populer

Foto Populer