Sukses


6 Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan, Menjaga Kesehatan Jantung

Bola.com, Jakarta - Cranberry atau kranberi merupakan satu di antara buah dari keluarga beri yang memiliki warna merah dan berukuran kecil. Rasanya yang manis dan sedikit masam membuatnya sering dinikmati sebagai camilan oleh banyak orang.

Selain buahnya yang sering dinikmati begitu saja, jus cranberry juga menjadi olahan favorit berbagai kalangan karena rasanya yang enak dan tentunya segar.

Buah yang berasal dari Amerika Utara ini memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Cranberry yang dijadikan sebagai jus baik untuk dikonsumsi orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan karena kandungan gula dan kalorinya cukup rendah.

Selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, cranberry mengandung nutrisi dan mineral lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc, serta sodium.

Anda dapat mengonsumsi buah cranberry secara utuh jika ingin mendapatkan khasiatnya. Namun, jika kesulitan untuk mencari buahnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi jus cranberry yang alami alias tanpa bahan pengawet.

Berikut enam manfaat buah cranberry, yang dapat Anda jadikan sebagai penjaga kesehatan, seperti dilansir dari Sofieminine dan Stylecraze, Rabu (6/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Cranberry

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Cranberry mengandung flavanoid yang dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung.

Flavanoid yang terkandung dalam cranberry dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan atherosclerosis. Kondisi tersebut merupakan tersumbatnya arteri karena plak dan dapat menyebabkan kurangnya aliran darah kaya oksigen, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Mengatasi Masalah Infeksi Saluran Kemih

Saat Anda mengalami nyeri atau sakit saat buang air kecil, mungkin bisa saja Anda mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi ketika keberadaan mikroorganisme tertentu dalam saluran urine melebihi jumlah normal.

Jus yang dibuat dari cranberry mengandung proanthocyanidins, yang telah terbukti dapat membantu menghentikan bakteri dengan cara mengikat diri ke dinding kandung kemih.

Hal tersebut juga dapat menghentikan perkembangbiakan bakteri dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Cranberry dapat mengubah urine menjadi lebih asam, menciptakan lingkungan yang tidak cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Cranberry

3. Menyehatkan Pencernaan

Buah cranberry kaya akan kandungan serat. Kandungan tersebut dapat membantu fungsi pencernaan berjalan dengan normal dan memberikan efek baik untuk perut.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus mengonsumsi buah cranberry segar dalam keadaan utuh atau dapat membuatnya sebagai smoothie.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sering kali kita menghentikan konsumsi diet soda dan menggantikannya dengan jus kemasan untuk membantu usaha menurunkan berat badan.

Namun, perlu disadari, jus yang dikemas ulang mengandung banyak gula dan kalori yang dapat menaikkan berat badan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengganti jus kemasan menjadi jus cranberry.

Jus cranberry baik dimasukkan ke daftar minuman diet Anda karena cranberry mengandung sedikit gula serta kalori.

Anda dapat meminum jus cranberry untuk menemani waktu sarapan. Selain dapat membantu dalam program diet, cranberry juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Cranberry

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Cranberry mengandung proanthocyanidins yang memiliki sifat antioksidan cukup tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Hal tersebut karena sifat antioksidan dapat membantu Anda mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Cranberry yang Anda konsumsi membentuk lapisan yang dapat melindungi mulut.

6. Mencegah Infeksi

Berbagai senyawa menyehatkan yang terdapat di dalam cranberry terbukti ampuh melawan virus dan bakteri penyebab munculnya infeksi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan membuktikan cranberry menghambat pertumbuhan tujuh mikroba bakteri penyebab infeksi. Cranberry juga ampuh melawan berbagai jenis virus. Seperti diketahui, biasanya virus menjadi penyebab utama munculnya penyakit.

 

Sumber: Sofieminine, Stylecraze

 

Yuk, baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer